Insight

Inspirasi Model Teralis Jendela Terbaru dan Detail Lengkapnya

Banyak digunakan sebagai aksesoris bangunan yang juga difungsikan sebagai alat pengaman, teralis jendela menjadi salah satu bahan konstruksi yang banyak diminati. Kali ini Tim News Indotrading akan memberikan Anda inspirasi model teralis jendela terbaru.

Baca Juga : 20 Daftar Bahan – bahan Bangunan Rumah yang Pasti Ada

Anda dapat temukan berbagai model teralis jendela dengan kualitas terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indotrading.

Informasi Teralis Jendela

Teralis Jendela merupakan bahan bangunan rumah yang sering dijadikan sebagai aksesoris ataupun penjagaan pada jendela. Teralis jendela umumnya terbuat dari bahan dasar besi. Bentuknya menyerupai ukuran pagar brc dan juga pagar-pagar yang terbuat dari besi hollow yang kuat dan memiliki pola rangkaian tertentu.

Meskipun begitu, ada juga teralis jendela yang terbuat dari kayu. Namun keamanan teralis jendela dari kayu tidak terlalu diunggulkan.

Teralis jendela memiliki berbagai macam tipe. Dari banyaknya tipe teralis jendela yang ada di pasaran, tipe teralis jendela minimalis merupakan salah satu tipe atau jenis teralis jendela yang paling sering dicari dan diminati dibandingkan tipe teralis jendela lainnya.

Keuntungan Menggunakan Teralis Jendela

Tidak hanya digunakan sebagai aksesoris dan pengaman bangunan. Pemasangan teralis jendela juga memiliki fungsi dan keuntungan lainnya.

Berbagai keuntungan bisa Anda dapatkan dari menggunakan teralis jendela pada konstruksi bangunan Anda diantaranya :

1. Mempercantik interior bangunan

Memasang teralis pada area jendela rumah atau konstruksi anda dapat mempercantik desain interior Anda. Terlebih, rangkaian atau model teralis jendela yang telah disesuaikan dengan ukuran jendela Anda dipercaya dapat menambah kesan elegan dan mewah pada rumah ataupun konstruksi bangunan.

2. Pengaman rumah

Tidak diragukan, salah satu keuntungan dan tujuan memasang teralis jendela pada dekorasi rumah atau konstruksi bangunan adalah dijadikan sebagai pengaman rumah.

Jendela menjadi salah satu bagian rumah yang rawan dibobol maling dan dijadikan jalan pencurian, memasang teralis kuat pada jendela menjadi salah satu solusi untuk menghambat jalan pencuri. Sebab, rangkaian teralis jendela memiliki sifat yang kokoh dan sulit untuk dilepaskan.

3. Pertukaran udara

Teralis jendela juga dapat menjadi sarana pertukaran udara pada rumah ataupun ruangan Anda. Pasalnya, teralis jendela memiliki rongga dari rangkaian model teralis itu sendiri yang mejadi jalur sirkulasi udara.

4. Pelindung kaca jendela

Pemasangan model teralis jendela yang terbuat dari besi dan dirangkai dapat juga berfungsi sebagai pembatas bermain anak-anak yang juga melindungi kaca dari jangkauan bermain anak-anak. Dengan menggunakan teralis, kaca jendela lebih aman dan tidak rawan pecah.

Tips Memilih Teralis Jendela

Pemilihan model teralis jendela menjadi penting untuk diperhatikan agar pemasangan teralis lebih terasa ciamik dan tidak membuat area rumah ataupun konstruksi bangunan Anda terlihat seperti kurungan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantara nya adalah :

1. Ukuran dan model teralis

Paling utama dalam pemilihan teralis jendela adalah menyesuaikan ukuran serta model teralis jendela dengan tema keseluruhan desain interior ruangan serta ukuran kusen jendela yang Anda miliki.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena umumnya teralis jendela dijual terpisah dengan kusen atau rangka jendela itu sendiri. Sehingga, mengukur rangka jendela dan menyesuaikannya pada teralis yang hendak dipilih adalah satu hal yang wajib dilakukan.

2. Utamakan keamanan

Dalam pemilihan teralis, faktor lain yang menjadi bahan pertimbangan adalah keamanan. Keamanan teralis dapat dilihat diantaranya dari bahan dasar pembuat teralis serta jarak antar jeruji pada teralis, serta fitur keamanan lainnya.

Meskipun mudah mengalami perubahan warna atau bahkan korosi, teralis yang terbuat dari bahan dasar besi akan jauh lebih aman dibandingkan teralis yang terbuat dari bahan kayu. Pasalnya, bahan besi lebih kuat dibandingkan kayu yang tidak dapat dengan mudah dilewati atau dibobol pencuri.

Adapun jarak aman yang ideal antar jeruji teralis jendela adalah 20 cm. Lebih dari itu, nilai keamanan pada teralis jendela dirasa berkurang karena memiliki jarak yang renggang yang dapat dilalui pencuri. Meskipun memerlukan usaha lebih untuk melaluinya.

Fitur keamanan lainnya pada model teralis jendela yang perlu diperhatikan seperti tempat baut teralis. Pilihlah teralis yang memiliki model desain tempat baut tersembunyi.

Hal ini dilakukan guna menghindari pembobolan baut teralis oleh pencuri yang akan sangat mudah dilakukan bila akses baut teralis tersebut terpampang jelas dan tidak tersembunyi.

3. Hindari model desain teralis yang tampak seperti kurungan penjara.

Meskipun mengedepankan sisi keamanan, pemasangan teralis jendela juga perlu memperhatikan model nya. Hindari pemilihan model teralis jendela yang tampak sangat sederhana dengan ukuran yang terlalu besar dan tidak memiliki jarak antar jeruji.

Sebab, pemilihan teralis jendela yang seperti itu akan membawa tampilan teralis menjadi seperti kurungan penjara dan mengubah kesan menarik dan mewah teralis menjadi menakutkan.

Baca Juga : Macam – macam Ukuran Glass Block dan Harganya Terbaru 2021

Model Teralis Jendela Terbaru

Model teralis jendela terbaru saat ini lebih banyak menampilkan kesan sederhana dengan tampilan minimalis. Meskipun begitu, model teralis lainnya juga tidak jarang diminati.

Berikut diantara model teralis jendela yang dapat Anda jadikan referensi untuk rumah ataupun konstruksi bangunan Anda :

Tipe Minimalis

Biasanya model teralis tipe ini memiliki desain yang sederhana tanpa menampilkan detail dan warna tertentu pada tampilan teralis. Juga sesuai namanya minimalis, model teralis tipe minimalis memiliki ukuran dari kecil ke sedang yang banyak digunakan untuk rumah atau konstruksi dengan desain minimalis.

Model teralis tipe minimalis diantaranya :

1. Teralis kombinasi garis vertikal dan horizontal

Membawa kesan minimalis dari tampilan warna dasar hitam dan model nya yang tidak detail. Tipe teralis ini dicirikan dengan kombinasi garis vertikal dan horizontal nya yang tegas.

2. Teralis kecil dengan lekuk artistik

Tipe teralis kecil yang memiliki lekukan artistic ini biasanya banyak digunakan di rumah-rumah bergaya vintage dengan ukuran kusen atau rangka jendela yang kecil.

3. Teralis jendela dengan desain kotak

Model teralis jendela dengan desain kotak paling banyak dan mudah ditemukan. Desainnya yang sederhana namun tidak mengurangi fungsi keamanannya menjadikan teralis ini banyak diminati.

4. Teralis minimalis tipis

Bentuk lainnya adalah teralis minimali tipis. Teralis model ini lebih menyerupai model pagar – pagar brc yang memiliki ukuran jeruji tipis namun kuat.

5. Teralis minimalis Eropa

Teralis minimalis Eropa umumnya berwarna dasar hitam ataupun coklat, dan putih. Bentuknya pun sederhana dengan ciri garis horizontal ataupun vertikal yang tegas.

Tipe teralis detail dan besar

Model teralis tipe ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan desain teralis yang lebih detail dan kompleks.

Desain dan warna yang dibawa pada tipe teralis model ini juga lebih beragam. Warna emas dan warna-warna mencolok lainnya menjadi ciri model teralis dengan tipe ini.

Tipe ini juga biasanya digunakan pada kontruski bangunan ataupun rumah yang membawa tema ramai dan menampilkan kesan mewah.

Referensi model teralis dengan tipe detail dan besar diantaranya :

1. Teralis besi ulir motif daun dan detail melengkung

Teralis jenis ini memiliki motif dengan tingkat kedetailan yang tinggi. Umumnya teralis model ini digunakan pada gedung-gedung atau rumah mewah yang bernuansa elegan tidak jarang vintage.

2. Teralis besi ulir tinggi

Sesuai namanya, teralis besi ulir tinggi terbuat dari jenis besi ulir yang ukurannya tinggi. Teralis jenis ini umumnya dipasang pada rangka atau kusen jendela horizontal memanjang yang tidak terlalu lebar.

3. Teralis Jendela model Zig zag

Teralis model zigzag adalah teralis dengan detail unik selanjutnya. Modelnya yang zig zag biasanya didampingi dengan garis horizontal yang tegas dan ukiran di pinggir-pinggirnya.

4. Teralis jendela dengan detail motif banyak

Terbayang dari namanya, jenis teralis ini memiliki lebih dari dua motif pada model teralisnya. Umumnya model teralis tipe ini juga membawa warna yang mencolok seperti emas, hijau, merah dan sejenisnya.

Demikianlah pembahasan mengenai inspirasi model teralis terbaru. Semoga model-model tersebut dapat Anda jadikan referensi dalam pemilihan model teralis jendela untuk rumah ataupun konstruksi Anda.

Baca Juga : Jenis – jenis Baja Ringan Paling Lengkap dan Kelebihannya

Anda dapat temukan berbagai jenis model teralis dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading.

To Top