Insight

Mengenal Ukuran Besi Hollow, Karakteristik Hingga Kelebihannya

Kali ini tim News Indotrading akan mengenalkan ukuran besi hollow yang perlu diketahui. Anda bisa temukan berbagai jenis besi hollow dengan kualitas dan harga terbaik dari supplier terpercaya di Indotrading

Besi hollow merupakan jenis besi yang banyak digunakan oleh para pekerja konstruksi saat ini. Selain menggunakan bahan kayu, kini banyak juga bangunan yang menggunakan bahan besi. Ukuran besi hollow yang digunakan pun beragam, tergantung pada kebutuhan besi itu sendiri.

Ukuran dari besi hollow yang biasa digunakan diantaranya yaitu 100×50, 50×50, 60×30 dan masih banyak lagi. Ukuran bisa disesuaikan dengan jenis barang yang akan dibuat dalam konstruksi bangunan tersebut.

Baca Juga : Ketahui Fungsi Mesin Potong Besi dan Komponennya

Pengertian Besi Hollow

Penggunaan besi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai penunjang suatu jenis bangunan tertentu. Besi juga merupakan jenis bahan yang lebih tahan lama dan lebih praktis digunakan untuk konstruksi bangunan.

Sedangkan untuk pemakaian bahan kayu biasanya lebih rentan mudah rusak karena mengalami keropos. Pembuatan pagar rumah juga biasanya akan menggunakan besi hollow karena proses pengerjaannya juga lebih mudah.

Besi hollow telah menjadi produk unggulan untuk bangunan apapun, karena memiliki sejumlah unggulan. Besi hollow merupakan jenis bahan bangunan yang berongga, dan mempunyai banyak kesesuaian apabila dipakai untuk jenis konstruksi tertentu.

Besi ini berbentuk penampang pipa yang panjang dengan rongga yang bentuknya segi empat, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai pipa kotak.

Karakteristik Besi Hollow dalam Bahan Konstruksi

Sesuai dengan namanya, material besi yang satu ini adalah batangan yang berongga yang memiliki penampang dengan bentuk segi empat. Besi hollow ini juga disebut sebagai alternatif rangka yang biasanya menjadi pengganti bahan kayu. 

Dalam bidang konstruksi bangunan, pemakaiannya juga sangat terkenal karena proses pemasangan lebih cepat dan mudah. Berikut karakteristik dan kelebihan dari besi hollow:

  • Kokoh dan pemasangannya lebih mudah.
  • Tak akan dimakan rayap.
  • Merupakan jenis peredam panas yang baik.
  • Tak mudah terkena korosi.
  • Strukturnya lebih unggul dan memiliki daya tahan yang kuat.
  • Mempunyai nilai estetika.
  • Tahan api.
  • Harganya lebih terjangkau.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Mesin Las Potong Besi Alumunium Terbaik

Jenis-jenis Besi Hollow yang Biasa Digunakan

Besi hollow juga memiliki jenisnya masing-masing, yang disesuaikan dengan penggunaannya. Ukuran besi hollow juga bisa disesuaikan dengan jenisnya tersebut. Berikut ini jenis besi hollow yang banyak digunakan:

1. Besi Hollow Gypsum

Ada sekitar 4 macam besi hollow yang dijual di pasaran, salah satunya yaitu besi hollow Gypsum. Bentuk besi ini adalah kotak dan dibuat dari besi berlapis galvanis, meni sampai stainless steel yang memiliki tingkat ketebalan sekitar 0,3-0,4 mm.

Rangka besi hollow jenis gypsum ini banyak digunakan untuk pembangunan gedung atau plafon rumah. Bobot besi hollow jauh lebih kokoh tetapi lebih ringan, sehingga sangat banyak peminatnya.

Untuk penggunaan bagian luar besi bisa dibuat dengan cat berwarna merah atau hijau.

2. Besi Hollow Galvalume

Jenis besi lainnya yang juga bisa digunakan pada besi hollow ini adalah besi Galvalume. Bahkan jenis besi yang satu ini lebih bagus, dengan kandungan komposisi 1,5% lapisan silicon, unsur coating alumunium sebanyak 55%, dan unsur besi sebesar 43%.

Material besi Galvalume ini juga dikenal dengan nama Zinc-Aluminium dalam bidang konstruksi bangunan. Bahannya tak akan mudah berkarat walaupun sering terkena sinar matahari secara langsung, atau terkena hujan.

3. Besi Hollow Galvanise

Model atau jenis besi hollow Galvanis jauh lebih baik dibandingkan besi hollow Galvalume. Terdapat kandungan zinc coating sebesar 97% di dalam besi hollow tersebut. Bagian permukaannya mudah terkena korosi jika ada gesekan dengan bahan material lainnya.

Maka pemakaian besi hollow Galvanis lebih baik diapliasikan pada pager rumah atau pada canopi. Pastikan Anda sudah melapisinya dengan coating aluminium sebesar 1% sebelum mulai menggunakan besi ini.

4. Hollow Hitam

Jenis besi hollow berikutnya yang paling banyak digunakan saat ini adalah besi hollow hitam. Disebut dengan besi hollow hitam karena memang dibuat dari bahan baja yang berwarna hitam. 

Bahan besi hollow hitam ini juga sangat tebal dan juga kuat, jika dipakai untuk bahan konstruksi. Namun material hollow hitam ini biasanya memiliki ukuran yang sudah distandarisasi sehingga tak banya ukuran hollow hitam yang bebas Anda pilih.

Jenis besi hollow hitam ini juga lebih banyak digunakan untuk membuat pagar.

Fungsi dan Kegunaan Besi Hollow

Banyak sekali fungsi dan kegunaan pada besi hollow ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Railing dan Rangka Plafon

Kebanyakan orang yang memilih jenis besi hollow ini adalah untuk dibuat railing atau rangka plafon. Biasanya hal itu disebabkan oleh jenis penampangnya yang cocok jika diaplikasikan pada kedua jenis rangka tersebut.

Baca juga : Jenis jenis Rangka Atap Baja Ringan

2. Pagar

Tren membuat pagar dari bahan kayu memang lebih estetik, tetapi saat ini lebih banyak orang yang membuat pagar dari bahan besi hollow. 

Jika dilihat dari segi kenyamanan dan keawetannya, banyak orang yang lebih memilih besi hollow untuk membuat pagar dibandingkan memakai bahan kayu. Apalagi pembuatan pagar memang lebih cocok dan pas jika memakai bahan hollow.

3. Furniture Industrial

Warna besi hollos yang hitam keabuan cocok sekali diterapkan pada furnitur yang mengusung konsep industrial. Konsep tersebut sedang tren saat ini dan banyak digunakan oleh sebagian orang di wilayah perkotaan.

Produk besi industrial ini akan menghasilkan warna yang elegan dan menarik untuk dilihat. Produk besi hollow dengan konsep furnitue industrial juga biasanya dipadukan dengan besi siku, supaya hasilnya menjadi lebih memuaskan.

Kelebihan Besi Hollow

Keunggulan dan juga kelebihan dari besi hollow ini diantaranya yaitu:

1. Memiliki Kualitas yang Jauh Lebih Baik

Lapisan yang terdapat di dalam besi hollow ini mampu memperoleh hasil yang memuaskan bagi pengguna. 

Tak banyak jenis besi yang bisa tahan dari serangan rayap atau api, tetapi jenis besi hollow lebih kuat dalam menahan serangan api/rayap karena jenis bahannya lebih solid.

2. Pemasangannya Lebih Cepat dan Mudah

Kelebihan lain dari besi hollow adalah memiliki proses pemasangan yang lebih cepat dan mudah, sehingga proses pembangunan tidak akan menghabiskan waktu yang lebih lama. Tekstur pada besi ini memang mudah dibentuk sehingga prosesnya tidak memakan waktu.

3. Perawatannya Awet

Pada dasarnya besi hollow sudah dilapisi dengan lapisan terbaik seperti misalnya zat coating, sehingga dari segi cara merawatnya tidak akan terlalu sulit. Selain itu besi hollow tidak rentan terkena rayap atau api dan tak akan mudah berkarat.

4. Tak Mudah Mengalami Korosi

Kebanyakan masalah yang terjadi pada konstruksi bangunan berbahan besi adalah mudah mengalami korosi. Jika terkena korosi besi akan menjadi lebih mudah rusak dan juga tampilannya tidak menarik.

Jika Anda menggunakan jenis besi hollow Galvalum maka besi tersebut tak akan mudah terkena korosi, karena terdapat kandungan lapisan silicon dengan aluminium di dalamnya.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

Bagi Anda yang ingin menggunakan besi hollow untuk bangunan di rumah Anda, maka beli bahan besi di tempat yang tepat seperti di Indotrading.

Banyak sekali jenis besi hollow dengan kualitas dan harga terbaik yang bisa Anda beli dari supplier terpercaya di Indonesia!

banner seller
To Top