Insight

Begini Cara Pasang Bata Hebel yang Benar dan Mudah

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai bata hebel dan cara pasang bata hebel yang mudah. Anda dapat menemukan berbagai bata hebel dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading.

Tentang Bata Hebel

Hebel merupakan salah satu bahan bangunan yang saat ini sedang banyak diincar. Penggunaan bata hebel ini banyak dicari karena dianggap dapat menggantikan peran bata merah dan batako sebagai pondasi bangunan. Namun masih banyak sekali orang yang belum mengetahui cara pasang bata hebel yang benar.

Padahal cara pemasangan bata merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan agar bangunan berdiri kokoh dan tahan lama. Meskipun bata hebel ini terkenal lebih kuat daripada bata merah biasa, namun jika cara pemasangannya salah maka akan berakibat fatal bagi bangunan. Oleh karena itu, simak cara pemasangannya berikut ini.

Baca Juga : Cara Memakai Mesin Cetak Batako yang Mudah dan Aman

Cara Pasang Bata Hebel yang Benar dan Mudah

Jika Anda mengetahui cara pemasangan bata hebel yang benar, maka Anda akan menghasilkan bangunan yang kuat dan kokoh. Pemasangan bata hebel yang benar juga akan membuat Anda menghemat biaya perekat.

Anda bisa menggunakan tenaga ahli untuk memasang bata hebel Anda untuk hasil yang sempurna. Namun jika Anda ingin memasang bata hebel sendiri, maka berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda praktekkan: 

1. Siapkan Semua Alat yang Diperlukan

Pertama-tama tentunya Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki semua alat yang dibutuhkan. Siapkan sloof, pondasi, semen, dan juga benang. Anda juga dapat menyiapkan alat-alat tambahan seperti pisau aduk dan ember untuk memudahkan proses pemasangan.

Semen yang digunakan juga bukan sembarang semen. Pastikan Anda memilih semen instan atau mortar untuk merekatkan bata hebel. Semen jenis ini memang dibuat khusus untuk menjadi bahan perekat bata.

Untuk hasil yang lebih rapih, siapkan waterpass untuk mengukur apakah bata yang nantinya akan dipasang sudah rata dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Perhatikan Cara Pasang yang Benar

Memasang bata hebel sebenarnya bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Anda hanya harus memastikan jika Anda menggunakan teknik yang tepat untuk menghasilkan hasil yang rapih dan kuat.

Gunakan semen instan atau mortar di dasar. Oleskan semen dengan ketebalan yang cukup, sekitar 10-20 milimeter saja. Jika sudah, maka Anda tinggal meletakkan bata hebel di atasnya sesuai dengan panduan benang yang sudah dipasang.

Untuk hasil yang lebih kokoh dan kuat, Anda dapat menggunakan palu karet untuk memukul bata agar benar-benar merekat dengan semen. Setelah itu gunakan waterpass untuk melihat apakah bata hebel sudah rata dengan kemiringan tanah apa belum.

Jika sudah terpasang dengan benar, maka Anda tinggal mengoleskan semen perekat di sisi-sisi lain dari bata dan rekatkan bata lain ke semen tersebut. Pastikan untuk tidak mengoleskan terlalu banyak atau terlalu sedikit semen.

Teknik dan cara yang mudah ini tinggal Anda ulangi sampai pondasi bangunan Anda terbentuk sesuai dengan hasil yang Anda harapkan.

3. Potong Bata Dengan Benar

Dalam proses pemasangan, pastinya akan ada bata yang harus Anda potong agar ukurannya pas dengan pondasi yang sedang Anda buat. Pemotongan bata hebel harus dilakukan dengan benar untuk menjaga bata agar tetap kuat dan tidak rapuh.

Jika ingin memotong bata, pertama-tama ukur dahulu ukuran yang Anda inginkan. Beri tanda dengan pena atau spidol di bata untuk menandai bagian yang ingin Anda potong. Pastikan Anda juga sudah memperhitungkan jarak yang diperlukan untuk semen perekat.

Potong bata hebel dengan menggunakan gergaji bata ringan. Gergaji ini memang sudah khusus dibuat untuk urusan memotong bata hebel seperti ini. Potong bata sesuai dengan ukuran yang tadi sudah ditandai.

Usahakan untuk menjaga keutuhan bata agar tidak rapuh. Bata yang dipotong secara tidak benar nantinya akan mempengaruhi kekuatan dari pondasi bangunan Anda. Anda tentunya tidak ingin jika bangunan Anda rapuh karena hal sepele, bukan?

Baca Juga : 10 Jenis Papan Kayu Terbaik untuk Bangunan dan Furniture 2021

Kelebihan Bata Hebel untuk Pondasi Rumah

Setelah memahami pembahasan mengenai bagaimana cara pasang bata hebel yang benar, Anda juga perlu mengetahui kelebihan-kelebihan bata hebel jika dibandingkan dengan bahan pondasi rumah lainnya. 

Mengetahui kelebihan-kelebihan bata hebel akan membuat anda lebih mengenali karakteristik dan penggunaan dari bata hebel ini. Berikut adalah rangkuman beberapa kelebihan bata hebel jika dibandingkan dengan bahan pondasi rumah lainnya:

1. Ringan

Bukan rahasia umum lagi jika bobot bata hebel jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan bata merah atau jenis-jenis bata lainnya. Dengan menggunakan bata hebel sebagai bahan bangunan Anda, maka Anda dapat mengurangi beban struktur dari bangunan Anda.

Bata hebel ini memiliki banyak rongga udara yang ada di dalamnya. Hal inilah yang membuat bobot bata menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan bata-bata lainnya yang padat dan sangat berat.

Bobotnya yang ringan juga menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih bata jenis ini.

2. Kuat dan Tahan Lama

Anda pastinya ingin agar bangunan Anda berdiri kokoh dan tahan lama, bukan? Bata hebel ini cocok sekali digunakan karena sifatnya yang kuat. Meskipun ringan dan memiliki banyak rongga udara, namun jenis bata ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Hal ini dikarenakan bahan pembuat bata hebel yang terbuat dari campuran beton. Beton merupakan salah satu material terkuat untuk pondasi bangunan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan ketahanan bangunan Anda jika menggunakan bata hebel sebagai bahan pondasinya.

3. Pemasangan yang Lebih Cepat

Jika Anda lihat, Anda tentunya akan menyadari bahwa ukuran bata hebel jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis bata lainnya, terutama bata merah. Ukuran bata yang lebih besar tentunya akan menghemat waktu yang digunakan untuk proses pemasangan.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, bobot yang ringan ini juga akan membuat bata lebih mudah diangkat dan dipindahkan. Sehingga tidak diperlukan waktu dan tenaga yang banyak untuk membangun rumah atau bangunan menggunakan bata hebel.

4. Biaya yang Murah

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan jenis bata lain, siapa sangka bahwa biaya yang Anda keluarkan jika menggunakan bata hebel akan jauh lebih murah. Selain biaya pembelian bata yang lebih murah, biaya untuk pemasangannya juga akan jauh lebih hemat.

Ukuran bata yang besar dan ringan membuat Anda tidak perlu menyediakan banyak bahan perekat dan juga tenaga pekerja. Hal ini tentunya akan membuat proyek bangunan Anda memakan biaya yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan bata jenis lain.

Bata hebel dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin membangun pondasi rumah dengan biaya yang hemat dan hasil yang menakjubkan.

Pemasangan bata hebel dapat dilakukan oleh ahli maupun Anda sendiri. Memilih bata hebel yang berkualitas juga akan sangat mempengaruhi hasil dari pondasi bangunan Anda.

Baca Juga : 10 Tips Membuka Bisnis Toko Bangunan Saat Pandemi

Anda dapat temukan bata hebel dan juga keperluan konstruksi lain yang berkualitas dengan harga terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indonesia di Indotrading!

To Top