Insight

20 Daftar Bahan – bahan Bangunan Rumah yang Pasti Ada

Bahan bangunan rumah merupakan salah satu unsur penting saat Anda menyiapkan hunian. Jenis dan kualitas bahan bangunan akan sangat berpengaruh pada kualitas hunian Anda, karena itu, menyiapkan bahan bangunan dengan baik merupakan satu langkah tepat dalam tahapan membangun hunian.

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai 20 bahan bangunan rumah yang harus ada dalam tahap membangun hunian.

Anda bisa temukan bahan-bahan bangunan dengan kualitas terbaik dari supplier terpercaya di sini!

Merencanakan dengan matang bahan bangunan yang akan digunakan dalam membangun hunian merupakan tahapan penting. Selain dapat memperhitungkan kualitas hunian, Anda juga bisa memperhitungkan budget yang ideal untuk rumah Anda.

20 Bahan Bangunan Rumah Penting

Ada beberapa bahan bangunan yang penting dan harus ada dalam proses pembangunan. Berikut tim News Indotrading merangkumnya kedalam 20 bahan-bahan bangunan penting yang harus ada saat membangun, baik untuk hunian rumah, kantor ataupun pabrik.

1. Batu Bata

Siapa yang tidak tau batu bata. Anda pasti sudah sangat tau bentuk dan fungsi batu bata dalam tahapan membangun hunian. Batu bata pada umumnya berwarna merah kecokelatan dengan bentuk persegi panjang. Harganya lumayan mahal jika dibandingkan batu batako. Begitupun dengan kualitas yang diberikan. Batu bata biasanya digunakan untuk membentuk dinding.

2. Batu Batako

Memiliki nilai guna yang sama dengan batu bata, batu batako juga digunakan untuk membentuk dinding rumah atau hunian. Warna nya putih dengan bentuk nya yang mirip dengan batu bata, persegi panjang. Meskipun begitu, kualitas daya tahan pemakaian batu batako lebih rendah dibandingkan kualitas batu bata. Harga pasaran batu batako pun jauh lebih murah dibandingkan harga batu bata biasa.

3. Pasir

Pasir juga merupakan salah satu bahan utama dalam proses pembangunan. Pasir banyak digunakan untuk membuat adonan bersama semen. Pasir yang banyak digunakan biasanya adalah pasir merah atau pasir jebrod, pasir elod, pasir beton, pasir pasang, pasir sungai, pasir urug, pasir mundu, pasir plester dan masih banyak lagi. Baiknya, pasir yang digunakan dalam membangun adalah pasir yang memiliki sedikit tanah liat. Tujuannya adalah untuk lebih merekatkan adonan agar lebih kuat.

4. Semen

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan semen dalam proses membangun hunian. Semen juga merupakan salah satu bahan yang penting dalam pembangunan yang biasanya digunakan sebagai perekat batu bersama dengan pasir.

5. Genteng

Bahan bangunan yang satu ini juga penting. Genteng digunakan sebagai penutup atap rumah. Umumnya genteng dibuat dari tanah liat, berwarna merah kecokelatan seperti batu bata ataupun berwarna cokelat. Saat ini, tidak hanya tanah liat genting saja sebagai bahan material penutup atap. Ada banyak bahan alternative penutup lainnya yang juga sudah banyak ditemukan dipasaran. Asbes yang terbuat dari plastik ataupun seng (besi) juga banyak digunakan.

Baca Juga : 5 Alasan Harus Pilih Genting Keramik untuk Atap Rumah

6. Kayu

Kayu digunakan sebagai bahan pondasi kerangka bangunan. Biasanya kayu yang digunakan untuk kerangka bangunan adalah dengan daya tahan yang kuat. Kayu juga bisa digunakan sebagai bahan dasar kusen pintu ataupun jendela. Bahkan, ada beberapa kayu yang digunakan sebagai lantai. Tentunya dengan jenis kayu yang berbeda. Biasanya yang banyak dijadikan lantai rumah adalah kayu dengan bentuk rata dan halus.

7. Bambu

Bambu juga sering ditemukan dalam proses pembangunan. Sama seperti kayu, bambu juga sering digunakan sebagai kerangka bangunan dan pembuatan dinding.

8. Paku

Paku biasanya digunakan untuk mengeratkan atau menyambungkan bahan bangunan satu dengan bahan bangunan lainnya. Paku biasanya terbuat dari jenis logam yang kuat walaupun bentuknya tidak terlalu besar.

9. Batu Kali

Batu kali merupakan batu yang harus ada dalam membangun. Bentuknya tidak beraturan dan banyak berukuran besar. Sifatnya yang kuat, batu kali banyak digunakan sebagai batu fondasi sebuah hunian.

10. Baja

Biasanya digunaka sebagai kerangka fondasi rumah ataupun kerangka pembuat dinding, membuat baja menjadi salah satu bahan bangunan rumah yang penting.  Baja juga banyak digunakan sebagai konstruksi penutup atap. Biasanya jenis baja ringan yang digunakan sebagai penutup atap.

11. Cat

Cat merupakan bahan bangunan yang berfungsi sebagai pelapis dinding. Tidak hanya itu, cat juga memiliki nilai keindahan sebagai bahan mempercantik tampilan rumah. Pemilihan warna cat biasanya mencerminkan diri pemilik hunian tersebut, oleh karena itu pilih lah cat yang sesuai dengan keinginan serta desain rumah Anda.

Baca juga : 8 Rekomendasi Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik Wajib Dibeli

12. Keramik

Keramik berfungsi sebagai bahan material pelapis lantai, dinding. Biasanya bentuk keramik adalah persegi ataupun persegi panjang dengan ukuran luas yang variatif dan dapat disesuaikan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Alat Potong Keramik Terbaik yang Tajam

13. Kaca

Kaca adalah salah satu bahan bangunan yang juga penting keberadaannya. Kaca umumnya digunakan sebagai jendela hunian ataupun bangunan. Kaca juga digunakan sebagai jalur masuk cahaya alami kedalam rumah.

14. Pipa

Dalam proses membangun, pipa digunakan sebagai penghubung saluran, baik saluran air ataupun saluran listrik dan sejenisnya. Pipa yang paling banyak digunakan dalam mebangun hunian rumah adalah Pipa PVC.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

15. Keran Air

Dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, air merupkan bagian penting. Begitupun dengan keran air. Keberadaanya dalam hunian. Keran air digunakan sebagai pembuka dan penutup saluran air.

16. Pintu

Salah satu elemen penting dalam suatu bangunan, pintu juga merupakan bahan bangunan rumah yang harus ada. Pitu menjadi akses jalur masuk dan keluar. Bahan material pintu umumnya adalah kayu. Meskipun begitu, pintu juga banyak dibuat dengan material lain seperti kaca, fiberglass, alumunium dan lainnya.

Baca juga : 12 Jenis Pintu PVC yang Wajib Diketahui dan Kelebihannya 2021

17. Kabel Listrik

 

Saat ini penggunaan listrik sudah menjadi kebutuhan dasar dalam kehidupan. Dalam tahapan pembangunan, kabel lilstrik juga harus masuk kedalam daftar bahan bangunan penting. Kabel listrik ini berfungsi sebagai saluran listrik untuk seluruh ruangan dalam suatu hunian.

18. Gamping

Gamping merupakan salah satu jenis batuan sedimen. Bahan bangunan ini biasanya digunakan sebagai penghemat semen dalam membuat adonan.

19. Besi Beton

Selain baja dan kayu, besi beton juga merupakan bahan bangunan yang bisa dipilih dan digunakan sebagai kerangka konstruksi bangunan. Kerangka besi beton biasanya akan diisikan dengan adonan semen da pasir. Ukuran standar dari besi beton umumnya 10-12 m, dengan jenis permukaan yang polos ataupun bertekstur.

20. Triplek

Triplek juga masuk kedalam daftar bahan bangunan penting. Biasanya digunakan sebagai penutup langit-langit ataupun plafon rumah. Banyak juga yang menjadikan triplek sebagai dinding imitasi satu hunian.

Baca Juga : Maksimalkan Interior Ruangan dengan Biaya Murah, Berikut Tips Memilih dan Merawat Material Tripleks

Itulah 20 bahan bangunan penting yang harus masuk daftar bahan bangunan rumah yang harus disiapkan saat hendak membangun. Persiapan yang matang, tentunya akan mempengaruhi kualitas dan daya tahan hunian Anda.

Temukan bahan bangunan dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di sini!

banner seller
To Top