Insight

Cara Tepat Merawat Karpet Rumput Sintetis agar Awet

Meskipun dirasa minim perawatan, perawatan rumput sintetis juga perlu diperhatikan dengan tepat agar nilai guna dan estetika nya dapat bertahan lama. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara tepat merawat karpet rumput sintetis agar awet.

Baca Juga : Cara Mudah dan Tepat Pasang Lantai Vinyl dan Jenisnya

Anda bisa temukan berbagai pilihan rumput sintetis dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Karpet rumput sintetis

Memiliki kesan asri dari penggunaan rumput sintetis di rumah ataupun tempat kerja tanpa harus melakukan perawatan yang ribet merupakan keinginan banyak orang.

Tidak heran saat ini penggunaan karpet rumput sintetis banyak dijadikan alternative utama pemilihan karpet baik untuk area ruang rumah ataupun ruang kerja atau kantor.

Karpet rumput sintetis merupakan salah satu karpet alternative pilihan banyak orang.Tidak hanya dijadikan karpet alternatif untuk hunian rumah, karpet ini juga banyak dijadikan pilihan utama area perkantoran guna memberikan kesan asri dan nyaman pada lingkungan kerja.

 Awalnya, rumput sintetis digunakan hanya untuk keperluan karpet alternative lapangan olahraga sejak dikenalkan pertama kali pada tahun 1960-an di lapangan Astrodome, Texas, Amerika Serikat. Namun saat ini penggunaan karpet rumput sintetis banyak juga digunakan sebagai pilihan karpet interior maupun exterior.

Seperti namanya, karpet rumput sintetis memiliki bentuk menyerupai rumput asli pada umumnya. Hanya saja karpet ini merupakan bentuk imitasi atau buatan yang terbuat dari material serat sintetis yang umumnya terbuat dari material polypropylene, polyethylene, serta nilon.

Ketiga material tersebut sudah banyak dikenal sebagai material yang mudah perawatannya dibandingkan material rumput asli.

Kelebihan dan Kekurangan Serat Sintetis

Layaknya karpet lantai pada umumnya, rumput sintetis juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui agar bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memasang rumput sintetis.

Kelebihan Karpet Rumput Sintetis

1. Awet

Kelebihan pertama rumput sintetis yang jadi pertimbangan banyak orang adalah keawetanya. Karpet rumput sintetis sudah tidak mudah rusak di segala kondisi cuaca. Sebab karpet rumput ini terbuat dari bahan sintetis yang tidak mengalami korosi atau pelapukan lainnya. Jadi, karpet ini dapat digunakan untuk periode waktu yang lama. 

2. Murah dan Hemat

Pertimbangan selanjutnya adalah murah dan hemat. Karpet rumput sintetis merupakan karpet imitasi menyerupai rumput yang terbuat dari bahan sintetis tertentu sehingga harga nya tidak terlalu mahal dibandingkan karpet rumput asli.

Sebab jenis ini lebih mudah dibuat dibandingkan rumput asli yang memerlukan periode waktu lama untuk menghasilkan karpet rumput yang sesuai standar.  

Dalam perawatannya pun, tipe karpet tidak banyak mengeluarkan biaya. Terlebih pada penggunaan air. Tidak seperti rumput asli yang membutuhkan penyiraman secara berkelanjutan dan rutin.

3. Fleksible

Jika rumput asli harus mempertimbangakn tempat dan kesuburan tanah dalam pemasangannya, rumput sintetis tidak memerlukan pertimbangan tersebut.

Sebab, rumput sintetis bisa ditempatkan dimana saja tanpa pertimbangan khusus selain luas ruangan. Jadi penempatan rumput sintetis dirasa lebih fleksibel dan tidak memerlukan pertimbangan khusus. 

Kekurangan Rumput Sintetis

Meskipun banyak dijadikan pilihan pengganti rumput sintetis juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan agar bisa diatasi dengan cepat dan tepat. Kekurangan rumput sintetis tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidak Memproduksi Oksigen

Rumput sintetis tidak memproduksi oksigen. Meskipun karpet jenis ini dapat memberikan kesan asri dalam penggunaannya, karpet rumput sintetis tidak dapat memproduksi oksigen. Hal tersebut karena rumput sintetis tidak memiliki zat klorofil penghasil oksigen layaknya pada rumput asli.

2. Warna bisa Memudar

Kekurangan selanjutnya yang dapat dijadikan pertimbangan adalah warna rumput sintetis yang dapat memudar. Sebab rumput sintetis ini dibuat dari bahan kimia yang mengandung pewarna buatan sehingga warna tersebut bersifat sementara, beda halnya dengan warna pada rumput asli yang tidak memudar.

3. Tidak Tahan Air

Rumput sintetis juga tidak bisa menahan air dengan baik. Hal ini disebabkan karena rumput sintetis tidak memiliki rongga pori penetrasi yang baik layaknya rumput asli. Terlebih, rumput sintetis juga tidak memiliki saluran air khusus.

Untuk itu, biasanya rumput sintetis diletakan pada area dalam ruangan atau indoor. Sekalipun diletakan di ruangan semi outdoor ataupun outdoor, biasanya karpet ini diletakan dekat dengan jalur saluran air. 

Baca Juga : Cara Menggunakan Steam Cleaner dan Ketahui Pengertiannya

Cara Tepat Merawat Karpet Rumput Sintetis

Sudah banyak dikenal akan cara perawatannya yang tidak ribet, mudah dan terjangkau, Karpet rumput sintetis tetap membutuhkan perawatan berkala. Tujuannya adalah tidak lain agar nilai guna dan estetika dari karpet alternatif ini bertahan lama. Juga, agar kebersihan dan kehigienisan karpet ini tetap terjaga dan tidak menimbulkan penyakit.

Berikut cara tepat merawat karpet sintetis yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan Vacum Cleaner

Cara mudah dan praktis untuk dilakukan dalam proses perawatan jenis ini adalah dengan menggunakan penyedot debu atau lebih dikenal dengan sebutan vacuum cleaner. Vacuum cleaner akan membersihkan debu dan kotoran kecil dan halus yang menempel pada rumput. 

Cara menggunakannya sama seperti menggunakan vacuum cleaner pada media lainnya seperti lantai, ataupun karpet. Anda hanya perlu meletakan vacuum cleaner pada media karpet rumput, menghidupkan vacuum cleaner, kemudian vacuum cleaner akan bekerja secara otomatis menyedot debu dan kotoran halus. 

2. Semprot dengan Deterjen atau desinfektan dan Air

Untuk tingkat kebersihan yang lebih optimal, Anda bisa gunakan deterjen ataupun desinfektan pada karpet rumput. Tujuannya adalah untuk membunuh berbagai serangga yang menempel dan tidak terlihat, sehingga karpet lebih terjamin kehigienisannya.

Cara melakukannya juga tidak sulit. Setelah membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan deterjen ataupun desinfektan pada karpet, lalu dibilas dengan semprotan air. Debit atau volume cairan dan semprotan tersebut tidak terlalu banyak layaknya menyiram tanaman aski pada umumnya.

3. Semprot Cairan Cuka

Selain menggunakan deterjen, Anda juga bisa menyemprotkan cairan cuka pada karpet. Biasanya cairan cuka ini digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan bau dari kotoran hewan peliharaan yang menempel.

Cara penggunaannya pun sama seperti menyemprotkan deterjen ataupun disinfektan, namun karena cairan cuka juga memiliki aroma cukup menyengat kuat, setelah cairan cuka disemprotkan Anda bisa bilas dengan air lalu semprotkan pewangi. 

Sebelum menyemprotkan cairan cuka, pastikan kotoran yang menempel pada karpet terangkat. Gunakan pisau untuk mengangkat kotoran yang sudah menempel dan mengering pada karpet.

4. Sisir Rumput Secara Teratur

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyisir rumput secara teratur. Layaknya menyapu lantai, menyisir rumput pada karpet buatan ini juga perlu dilakukan secara terjadwal dan teratur meskipun rumput sintetis tidak akan bertambah panjang. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan merekatkan kembali serat karpet yang berantakan. 

5. Periksa Rubber Granules pada Rumput

Selanjutnya, dalam perawatan karpet ini, Anda perlu memeriksa rubber granules pada rumput. Rubber granules merupakan bagian pada rumput sintetis yang terbuat dari karet yang memiliki fungsi menahan kehausan pada rumput. J

ika rubber granules menipis, maka nilai guna karpet berkurang, hal tersebut bisa dilihat dari ketebalan karpet rumput sintetis ini. Anda bisa menambahkan rubber granules jika ketersediaan rubber granules sudah menipis agar bisa tetap digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara tepat merawat karpet rumput sintetis agar awet. Perlu diingat, meskipun tidak menghabiskan biaya yang banyak dan terbilang mudah dilakukan, namun perawatan karpet ini tidak bisa dikesampingkan agar tetap bisa digunakan.

Baca Juga : 6 Inspirasi Desain Rooftop Keren Gaya Minimalis Hingga Tropis

Di Indotrading, Anda bisa menembukan berbagai pilihan jenis karpet rumput sintetis dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indonesia!

banner seller
To Top