Insight

Cara Mudah dan Tepat Pasang Lantai Vinyl dan Jenisnya

cara pasang lantai vinyl

Kali ini tim News Indotrading akan membahas mengenai cara pasang lantai vinyl yang bisa Anda lakukan sendiri. Jika ingin mencari lantai vinyl dari supplier terpercaya, Anda bisa mencarinya disini.

Vinyl merupakan jenis lapisan pada lantai yang belakangan ini banyak diminati karena motifnya yang cantik menyerupai lantai-lantai yang sering ada di drama-drama korea kebanyakan. Vinyl sangat cocok terlebih untuk anda yang menyukai tipe gaya minimalis dalam hunian rumah anda.

Vinyl sendiri merupakan lapisan tiruan yang memiliki motif layaknya seperti ubin atau jenis lainnya. Vinyl biasanya terbuat dari bahan sintesis yang tahan lama.

Kelebihan vinyl dibandingkan jenis lapisan lainnya yang mendorong banyak orang menggunakan nya adalah harganya yang terjangkau, bahkan relative murah dengan kualitas yang bagus dan awet, adem dan banyak motif cantik yang menyerupai lantai aslinya.

Selain itu, kelebihan vinyl yang sudah banyak diketahui orang adalah cara pemasangan dan perawatannya yang mudah. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk bisa memasang dan merawat vinyl.

 3 Jenis – Jenis Lantai Vinyl yang Paling Populer

Berikut 3 jenis lantai vinyl yang bisa Anda pasang di rumah Anda :

1. Kayu Vinyl Plank

 

Jenis lapisan vinyl ini memiliki ukuran persegi panjang berukuran sekitar 10 cm x 90 cm atau 20 cm x 100 cm dengan bentuk menyerupai bentuk potongan kayu.

Vinyl Plank memiliki motif dan potongan seperti kayu asli, vinyl jenis ini sangat cocok untuk ruangan dengan konsep alam atau ethinc dan lebih mudah dalam pemasangannya dibandingkan jenis vinyl lain.

2. Vinyl Karpet Roll

Motif Vinyl jenis ini hampir sama dengan jenis vinyl sebelumnya hanya saja bentuk nya berbeda. Kalau kayu viny plank berbentuk dalam ptongan kayu yang sudah memiliki ukuran, vinyl karpet roll tidak dalam potongan melainkan dalam bentuk gukungan karpet dengan ukutan tertentu.

Vinyl jenis ini biasanya memiliki ukuran panjang 25cm dan lebar 2 cm dan sangat cocok untuk digunakan di ruangan rumah dengan ukuran besar.

3. Vinyl Tile

Jenis vinyl tile ini memiliki motif ataupun ukuran berbeda dari dua jenis vinyl sebelumnya. Jenis vinyl tile ini bermotif bitnik-bintik tidak beraturan, biasanya dengan tampilan tone warna netral seperti putih, gading, cream, dan lainnya.

Vinyl jenis ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari laisan lantai dengan ukuran yang sanagt mirip dengan lantai anda karena vinyl jenis ini dari segi ukuran adalah vinyl yang paling mirip dengan bentuk keramik, persegi.

Cara Pasang Lantai Vinyl Mudah dan Tepat

Tidak memerlukan tukang dan alat bangunan professional, pemasangan vinyl bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan hanya menggunakan alat sederhana yang pastinya Anda sudah punya dan mudah ditemukan.

Berikut tips cara pemasangan vinyl yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah :

Tahap persiapan :

1. Siapkan barang yang dibutuhkan

Meskipun mudah dan tidak memerlukan banyak alat professional bangunan, pemasangan vinyl tetap memerlukan alat bantu untuk proses pemasangannya.

  • Siapkan alat pemotong vinyl; gunting atau kater tajam agar bisa memotong viny dengan halus dan tidak menyisakan tekstur kasar pada pinggiran vinyl, dan juga palu untuk meratakan lem pada vinyl jenis plank.
  • Siapkan lem untuk pemasangan vinyl. Biasanya lem yang digunakan adalah lem khusus vinyl yang sudah ada dalam satu paket saat pembelian vinyl ataupun Anda bisa menggunakan lem khusus karpet
  • Siapkan kain perca atau kain lap untuk meratakan lem pada tahap pemasangan vinyl sekaligus berguna untuk membersihkan vinyl setelah dipasang.
  • Vinyl yang sudah disesuaikan dengan ukuran ruangan yang ingin dipasangkan vinyl

2. Ukur ruangan

Tahap ini merupakan tahapan awal yang penting untuk diperhatikan sebelum memasang vinyl menjadi lapisan lantai Anda. Pastikan ukuran ruangan yang anda akan pasangkan vinyl sudah akurat sebelum anda melakukan pemesanan atau pembelian vinyl karena akan berpengaruh pada budget yang dibutuhkan dan tampilan vinyl keseluruhan saat dipasang.

Sangat disarankan untuk anda membeli vinyl dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran ruangan Anda untuk menghindari kesalahan pada pemasangan.

3. Bersihkan dan netralisirkan ruangan

Setelah mengukur ruangan, pastikan ruangan yang hendak dipasang vinyl kosong dan sudah dibersihkan. Keluarkan semua furniture atau barang yang ada di dalam ruangan tersebut.

Kemudian bersihkan dengan sapu dan pel ruangan tersebut. Hal ini berujuan untuk lebih memudahkan tahap pemasangan lem vinyl ke lantai. Lantai yang bersih akan lebih mempererat lem vinyl menempel pada lantaiy

Tahap Pemasangan Lantai Vinyl

Setelah mengukur dan membersihkan ruangan hingga menjadi ruangan kosong, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah :

1. Melepas pintu ruangan

Anda disarankan untuk melepas pintu ruangan sebelum memasang vinyl agar lebih leluasa dalam tahap pemasangan dan tidak ada bagian ruangan yang terhalangi sehingga bisa dipasangkan vinyl seluruhnya. Tahap ini bisa anda lewatkan jika pintu ruangan dirasa tidak mengganggu proses pemasangan vinyl

2. Menyesuaikan ukuran vinyl dengan lantai

Selanjutnya pasang vinyl dengan menyesuaikan bentuk lantai anda. Anda dapat memotong vinyl jika terlalu besar dari pada ukuran lantai anda ataupun menyambungkannya jika ukuran vinly lebih kecil daripada lantai anda.

3. Susun dan pasang vinyl dengan posisi terbalik.

Tahap selanjutnya adalah susun semua vinyl yang sudah disesuaikan dengan lantai anda secara terbalik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam proses pengeleman vinyl pada lantai

4. Melapisi compound pada sela keramik (Nat)

Tahap ini dilakukan sebelum lantai dilapisi lem. Tujuannya adalah untuk meratakan bentuk lantai agar vinyl bisa terpasang optimal

5. Lapisi lantai dengan lem dan pasang Vinyl

Tunagkan lem pada lantai yang sudah dilapisi compound dan ratakan lem secara menyeluruh. Setelah itu langsung pasangkan vinyl yang juga sudah dilapisi lem sebelumnya.

Pada tahap ini juga Anda meratakan lem pengerat vinyl dengan lantai menggunakan kain perca atau kain lap dengan cara ditekan-tekan atau sedikt memukul-mukul vinyl jika vinyl yang digunakan adalah jenis vinyl plank.

6. Tahap finishing dan penyempurnaan

Pada tahap ini, Anda harus melakukan pengecekan terhadap vinyl yang sudah dipasang. Apakah sudah terpasang kuat atau masih ada yang lepas. Tekan – tekan vinyl menggunakan kain lap ataupun palu seperti pada tahap pemasangan vinyl sebelumnya untuk lebih mengeratkan atau injak pelan vinly agar lem terpasang erat.

Itulah tahapan mudah cara pasang lantai vinyl yang Anda bisa lakukan sendiri. Harga terjangkau dengan kualitas bagus, cantik dan tahan lama, serta dengan cara pemasangan mudah dan bisa dilakukan sendiri menjadikan vinyl sebagai salah satu lapisan lantai yang belakangan ini banyak diminati dan digunakan.

banner seller
To Top