Insight

Cara Menggunakan Steam Cleaner dan Ketahui Pengertiannya

cara menggunakan steam cleaner

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan steam cleaner dan cara menggunakan steam cleaner yang benar, terutama bagi Anda yang bergerak di bidang jasa laundry atau penatu. Alat pembersih uap ini biasa digunakan untuk membersihkan karpet atau pakaian yang membutuhkan perlakuan khusus.

Tidak hanya untuk keperluan usaha saja, steam cleaner juga banyak digunakan untuk kepentingan rumah tangga. Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai steam cleaner dan bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Apa Itu Steam Cleaner?

cara menggunakan steam cleaner 1

thespruce.com / Ulyana Verbytska

Kebersihan alat-alat rumah tangga memang menjadi hal yang penting dan harus selalu diperhatikan demi kesehatan dan kenyamanan anggota keluarga. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari kuman penyakit, kotoran, atau debu yang menempel pada perabotan rumah tangga.

Untuk mengatasi permasalahan Anda, maka pada tahun 1927 silam diciptakanlah steam cleaner oleh Frank W. Ofeldt. Mesin ini berguna untuk membersihkan seluruh permukaan benda dengan memanfaatkan uap air.

Pada umumnya, steam cleaner ini sering digunakan untuk membersih karpet dari debu dan kotoran yang menempel di permukaannya. Selain karpet, mesin pembersih uap ini juga bisa digunakan untuk membersihkan gorden, jas, keramik, bahkan perhiasan.

Cara membersihkan pakaian atau perabotan rumah tangga menggunakan steam cleaner ini dinilai efektif membunuh kuman penyakit karena menggunakan air bertekanan dan suhu yang tinggi, meskipun tidak menggunakan bahan kimia apapun.

Bagaimana Cara Menggunakan Steam Cleaner?

Cara kerja dari alat ini juga cukup sederhana dan mudah, Panas dari uap yang dihasilkan mesin ini dapat membantu menyingkirkan debu yang menempel di permukaan benda. Uap air ini juga efektif membunuh kuman penyebab penyakit dan bahan berbahaya lainnya.

Untuk penggunaan steam cleaner pada pakaian juga akan memberikan hasil yang lebih rapi, tidak kusut, dan bebas kerutan. Selain itu, mesin ini juga dinilai efektif menghilangkan bau, membasmi jamur, dan membunuh bakteri seperti salmonella, listeria, dan e-coli.

Dengan menggunakan steam cleaner, Anda juga tidak perlu susah payah membersihkan perabotan rumah tangga yang berukuran besar dan berat. Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan alat steam cleaner, berikut ini langkah-langkahnya.

Baca Juga: Pakaian Selalu Rapi! Berikut 10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik

  1. Harus Menyentuh Permukaan Pakaian

cara menggunakan steam cleaner 2

thespurce.com

Untuk menghilangkan kerutan-kerutan yang ada di permukaan baju, Anda bisa mengarahkan plat steamer ke dekat permukaan pakaian. Namun, apabila Anda takut pakaian akan terbakar atau terkena noda air, Anda bisa melakukan pengecekan bahan material apa yang digunakan untuk pelat steamer.

Apabila Anda sudah mengetahui pelat apa yang digunakan pada steamer, Anda bisa mendekatkan langsung ke perbaotan rumah tangga atau pakaian yang ingin Anda bersihkan menggunakan uap air.

  1. Gunakan Gagang Steamer Non-Kain

cara menggunakan steam cleaner 3

thespurce.com

Agar hasil yang diperoleh memuaskan dan rapi, Anda bisa menggunakan gagang steamer non-kain dan merentangkan pakaian atau perabotan rumah tangga lainnya seperti selimut atau karpet sembari diuapi.

  1. Uapi Secara Horizontal

cara menggunakan steam cleaner 4

thespurce.com

Untuk menyamarkan atau menghilangkan kerutan pada kerah atau manset, Anda bisa menggunakan steam cleaner secara horizontal. Cara penguapan horizontal ini akan membuat permukaan yang melapisinya dapat menopang pakaian Anda dengan tepat.

  1. Pastikan Selang Steamer Selalu Lurus

cara menggunakan steam cleaner 5

thisisguts.com

Agar hasil penguapan menggunakan steam cleaner ini bisa maksimal, pastikan bahwa selang tidak bengkok. Apabila selang dalam keadaan yang tidak lurus, maka lekukan tersebut dapat memblokir atau menutup jalur uap air.

Baca juga : Hunian Bebas Debu, Berikut 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik

  1. Posisikan Tubuh Anda Dengan Benar

cara menggunakan steam cleaner 6

www.mirror.co.uk

Hal yang sering terjadi ketika Anda sedang melakukan pembersihan atau penguapan menggunakan mesin steam cleaner ini adalah posisi membungkuk. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pastikan untuk melakukannya dengan posisi berdiri tegak.

Apabila Anda menggunakan steam cleaner pakaian yang bisa berdiri, Anda bisa menyesuaikan ketinggian gantungan pakaian sehingga Anda bisa lebih nyaman. Posisi yang benar dan tepat saat melakukan penguapan dapat menghindarkan Anda dari pegal atau sakit punggung.

Namun, jika alat steam cleaner yang Anda gunakan adalah steamer genggam, cobalah cari posisi yang nyaman. Carilah tempat yang memiliki tinggi yang wajar untuk menggantungkan pakaian atau benda yang ingin dibersihkan.

  1. Pilih Alat Steam Cleaner Sesuai Kebutuhan dan Selera Anda

cara menggunakan steam cleaner 7

thespurce.com

Penggunaan mesin steam cleaner untuk keperluan rumah tangga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Anda sangat disarankan untuk memilih mesin steam cleaner yang menurut Anda nyaman.

Misalnya, bagi Anda yang suka menguapi pakaian secara horizontal, maka sangat disarankan untuk menggunakan steamer genggam. Sementara itu, apabila Anda lebih nyaman melakukan penguapan dengan posisi berdiri, Anda lebih disarankan untuk menggunakan stand steam cleaner.

  1. Kenali Jenis Kain Pakaian

cara menggunakan steam cleaner 8

Untuk beberapa jenis kain memerlukan perlakuan khusus agar tidak rusak saat diuapi menggunakan steam cleaner. Apabila Anda akan membersihkan pakaian tebal seperti jaket atau mantel, maka disarankan untuk menggunakan aksesori sikat untuk menghilangkan kerutan yang ada pada pakaian.

Penggunaan aksesori sikat pada pakaian yang berbahan kain tebal dapat membantu membuka serat kain dan kotoran yang menempel bisa lebih mudah untuk dibersihkan. Dengan begitu, uap yang dihasilkan dari mesin steam cleaner dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

Untuk mengatasi kerutan pada pakaian yang memiliki aksen lipit, rimpel, bordir, sablon, dan lain sebagainya, Anda bisa menguapinya dengan cara yang sama seperti model pakaian lainnya. Anda cukup menekan plat pada mesin steam cleaner, kemudian arahkan pada pakaian yang ingin diuapi.

Dari penjelasan di atas, Anda pasti sudah mengerti bagaimana cara menggunakan steam cleaner yang benar, kan? Bagi Anda yang sedang membutuhkan steam cleaner kualitas terbaik dengan harga yang ramah di kantong, Anda bisa mendapatkannya di Indotrading dengan klik link disini. Percayakan semua kebutuhan bisnis Anda dengan Indotrading yang merupakan B2B marketplace no 1 di Indonesia.

To Top