Insight

Peluang Bisnis Rumput Sintetis dan Tips Perawatannya

Peluang bisnis rumput sintetis, Indotrading NewsMembahas soal rumput sintetis, bisnis tempat futsal atau jasa sewa lapangan futsal menjadi salah satu yang banyak dikaitkan. Alasannya sederhana, lapangan futsal ini membutuhkan rumput sintetis untuk mendukung permainan sepak bola. Tentunya, hal ini menjadi peluang bisnis rumput sintetis yang cukup prospektif. Mengingat setiap tahun, banyak jasa sewa lapangan futsal yang bermunculan. Bahkan, tidak hanya di perkotaan, tempat futsal sudah ada di desa-desa atau pinggiran kota. 

Sungguh suatu potensi besar bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis rumput sintetis. Sebab, para pebisnis futsal lebih memilih rumput sintetis dibandingkan rumput asli. Selain itu, banyak juga hunian modern yang menggunakan rumput sintetis sebagai pelengkap desain eksterior rumah. Berikut ini, bahasan mengenai peluang bisnis rumput sintetis dan tips perawatannya. 

Apa Itu Rumput Sintetis?

Rumput sintetis merupakan alas bagi permukaan yang terbuat dari serat sintetis dan memiliki tampilan seperti rumput alami. Memang, rumput sintetis paling banyak digunakan pada bidang olahraga sebagai alternatif rumput alami. Rumput sintetis dinilai lebih praktis dibandingkan rumput alami yang yang dipengaruhi media tanah, cuaca, atau musim. 

Pemanfaatan rumput sintetis tidak hanya untuk bidang olahraga saja, tetapi berkembangnya bidang desain dan arsitektur telah memadukan unsur rumput sintetis di dalamnya. Rumput sintetis juga semakin luas penggunaannya, misalnya untuk halaman hunian residensial atau keperluan komersial.

Mengapa Menggunakan Rumput Sintetis

Banyak alasan bagi Anda untuk mengambil peluang bisnis rumput sintetis. Saat ini masyarakat yang super sibuk memerlukan hal-hal yang praktis. Dalam perawatan, rumput sintetis dinilai lebih mudah dibandingkan dengan perawatan rumput alami. 

Rumput sintetis tidak perlu saluran irigasi dan tidak perlu dipangkas secara rutin layaknya rumput alami. Selain itu, rumput sintetis tidak memerlukan sinar matahari, sehingga lebih tahan lama ketika digunakan di dalam ruangan. 

Rumput sintetis memiliki usia yang terbatas sehingga lebih tahan lama dalam pemanfaatannya dibandingkan dengan rumput alami.

Persiapan Usaha Rumput Sintetis

Peluang bisnis rumput sintetis sekarang ini sudah mulai banyak digemari karena digadang-gadang akan memberikan omset yang menjanjikan dalam waktu yang relatif tidak lama. Ketika Anda tertarik untuk memulai usaha rumput sintetis, Anda bisa memulainya sebagai seorang reseller dari pabrik yang memproduksinya. Produsen rumput sintetis saat ini cukup beragam, dari produksi lokal sampai dengan importir yang mendatangkan langsung dari luar negeri seperti Korea, China, dan Italia.

Setiap brand rumput sintetis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada kualitas rumput sintetis yang biasa saja dan ada juga yang sudah memiliki sertifikasi atau berstandar internasional. Kalau rumput sintetis untuk lapangan sepakbola, standar tersebut diberikan langsung dari FIFA. 

Jika Anda sudah mantap dengan bisnis rumput sintetis, Anda bisa segera mencari supplier yang bersedia memasoknya. Anda bisa memilih supplier terpercaya dari Indotrading. Berbagai jenis rumput sintetis dengan ragam kualitas dan standar bisa Anda dapatkan melalui para supplier terpercaya.

Tips Perawatan Rumput Sintetis

Menjalankan usaha rumput sintetis bukan sekedar kemampuan dalam memasarkan dan meraih omset. Perlu juga bagi Anda untuk mengerti cara perawatan rumput sintetis. Anda juga harus bersedia memberikan wawasan tersebut kepada klien atau customer Anda nantinya. Lebih detailnya, berikut ini tips perawatan rumput sintetis.

  • Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner) untuk menyedot debu, pasir, bulu, dan partikel-partikel kecil lainnya.
  • Pakai spons dan deterjen untuk membersihkan noda membandel seperti kecap, tumpahan makanan, atau tinta spidol dengan cara mencelupkan spons ke dalam campuran air deterjen, peras, kemudian gosokkan secara perlahan di bagian yang ktoro. 
  • Bersihkan kotoran yang menempel seperti permen karet dengan pisau.
  • Untuk membuang bau dari kotoran dari hewan peliharan, Gunakan air dan cuka.
  • Gunakan sisir dengan gigi yang renggang atau sisir khusus rumput sintetis untuk menjaga agar bentuknya tetap indah.
  • Periksa bagina Rubber granules (lapisan dari karet yang menjadi tempat melekatnya helaian rumput sintetis) secara rutin (2 – 4 minggu sekali) agar rumput tetap tertata rapi.

Anda Tertarik Berbisnis Rumput Sintetis?

Selain tips perawatan tersebut, perlu bagi Anda mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan atau harus dihindari. Misalnya, sangat tidak dianjurkan merokok di atas rumput sintetis karena debu rokok akan merusak serat-seratnya. Anda juga tidak dianjurkan untuk meletakkan rumput sintetis pada ruangan yang bersuhu cukup tinggi atau sengaja menjemurnya setelah membersihkannya. Untuk menjaga agar serat-seratnya tetap tahan lama, sebaiknya jauhkan benda tajam dan benda berat dari rumput sintetis. Anda juga harus menghindari penggunaan mesin blower rumput karena bisa merusak rumput sintetis dan merusak mesin blower rumput sendiri.

Rumput sintetis tetap harus dirawat secara rutin. Jika Anda lalai dalam perawatannya, maka bisa menjadi sarang penyakit dan pastinya akan sangat merugikan diri Anda. Apalagi, rumput sintetis tidak bisa menghasilkan oksigen layaknya rumput alami. Artinya, tanpa melakukan perawatan yang baik, maka kualitas udara di dalam ruangan tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, tanpa perawatan yang benar, maka warna rumput sintetis akan cepat pudar. 

Bisnis rumput sintetis merupakan peluang usaha yang perlu Anda coba saat ini. Untuk mendapatkan rumput sintetis tak perlu ribet, kunjungi platform supplier terbaik di Indonesia, Indotrading. Cuma di Indotrading Anda bisa menemukan tempat jual rumput sintetis berkualitas harga terbaik. Selamat berbisnis rumput sintetis!

To Top