Insight

Tips Memilih Kantong Plastik Ramah Lingkungan Sesuai Kebutuhan

Kantong plastik merupakan alat yang paling efektif untuk mengemas berbagai macam benda sehingga mudah dibawa ke berbagai tempat. Kebutuhan kresek atau kantong plastik sangat luas, baik untuk kebutuhan rumah tangga, perdagangan, hingga industri.

Bahkan, bahan plastik juga berkembang sebagai bahan perabotan rumah tangga. Seperti gelas, piring, lemari pakaian, kursi, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sayangnya plastik juga berdampak besar terhadap lingkungan. Hal ini karena plastik pada umumnya tidak dapat diuraikan oleh tanah. 

Konsumsi berlebihan terhadap bahan-bahan dari plastik bisa mengakibatkan jumlah sampah plastik yang sangat besar. Plastik bukan terbuat dari senyawa biologi sehingga memiliki sifat yang sulit terdegradasi. Menurut penelitian, plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun agar dapat terurai dengan sempurna.

Dengan demikian, sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara hanya dengan kurun waktu yang sangat singkat. Maka itu, mulai dikembangkan kantong plastik yang lebih ramah lingkungan sebagai alternatif solusi. 

Plastik Ramah Lingkungan Menjadi Solusi

Sadar atau tidak, penggunaan kantong plastik ternyata telah menyebabkan tercemarnya tanah, air, dan udara bahkan mengganggu makhluk hidup di bawah tanah. Sampah dari plastik menimbulkan racun-racun yang masuk ke dalam tanah sehingga akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah. Bahkan, meskipun plastik tersebut bisa terurai dan dimakan oleh makhluk hidup di bawah tanah, masih berisiko menyimpan racun yang berantai sesuai urutan rantai makanan.

Sampah dari kantong plastik akan mengganggu jalur air yang meresap ke dalam tanah sehingga secara perlahan akan mengurangi tingkat kesuburan tanah. Jika sampah plastik terbuang ke laut, maka hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, penyu laut, dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut sebagai makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat dicerna dengan sempurna. Pembuangan sampah plastik sembarangan di sungai-sungai juga akan mengakibatkan pendangkalan terhadap sungai dan penyumbatan aliran sungai yang bisa menyebabkan banjir.

Salah satu upaya menanggulangi masalah sampah plastik bisa dilakukan dengan pembakaran. Tetapi proses pembakaran tidak cukup untuk mengurai partikel-partikel plastik dengan sempurna sehingga akan menjadi dioksin di udara. Bila manusia menghirup dioksin tersebut, maka manusia akan rentan terhadap berbagai penyakit pernapasan, kanker, gangguan sistem saraf, hepatitis, pembengkakan hati, dan gejala depresi. Manusia saat ini sudah dipastikan tidak bisa 100% berpisah dengan plastik. Namun, setiap orang pasti mengharapkan solusi agar bisa menggunakan plastik tanpa harus merusak lingkungan. 

Maka dari itu, dihadirkan plastik ramah lingkungan sebagai pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus merusak lingkungan. Kantong plastik jenis ini diproduksi dengan teknologi oxo biodegradable dan dapat terurai dengan mudah di alam.

Umumnya, jenis kantong ini akan terurai hanya dalam kurun waktu dua hingga lima tahun saja. Jadi, plastik ramah lingkungan ini solusi terbaik agar masyarakat tetap bisa menggunakan plastik dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Keunggulan Plastik Ramah Lingkungan

Keunggulan dari kantong plastik ramah lingkungan adalah penguraiannya yang tidak memakan waktu lama. Selain itu, plastik ramah lingkungan juga dapat digunakan sebagai kompos, karena umumnya terbuat dari bahan organik. Kadar karbondioksida yang dihasilkan ketika kantong jenis ini dibakar juga tidak setinggi pembakaran kantong plastik biasa.

Jika ditinjau dari proses produksi, bahan-bahan yang dipilih adalah bahan langsung dari alam sehingga tidak mudah untuk mencarinya. Berbeda dengan bahan kantong plastik biasa yang pastinya harus menyediakan bahan dari proses kimiawi. Dari segi kualitas, meskipun tidak memiliki kekuatan layaknya kantong plastik biasa, kantong plastik ramah lingkungan cenderung memiliki tekstur yang halus, tipis, dan lebih lentur. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Gelas Plastik dan Tips Memilih untuk Kebutuhan Bisnis

Beberapa Pilihan Produk Kantong Plastik Ramah Lingkungan

Saat ini, sudah ada banyak produk kantong plastik ramah lingkungan yang inovatif dibuat oleh perusahaan swasta maupun pemerintah di berbagai negara. Namun, di antaranya yang paling populer adalah sebagai berikut: 

  • Kantong plastik terbuat dari bahan dasar singkong.
  • Kantong plastik terbuat dari bahan dasar tepung tapioka.
  • Plastik berbahan dasar rumput laut sebagai alternatif untuk kantong plastik kemasan makanan siap saji.
  • Kantong plastik terbuat dari tanaman-tanaman kecil dengan tekstur yang lebih padat.
  • Plastik berbahan kayu
  • Terbuat dari bahan jamur
  • Plastik dari bahan cangkang arthropoda. 

Perbedaan mendasar dari kantong plastik ramah lingkungan dengan kantong kemasan plastik biasa pada umumnya adalah komposisi material bahan pembuatnya. Karena dibuat dari bahan alami sehingga lebih mudah diurai oleh tanah dalam kurun waktu 1-2 tahun. Sangat jauh berbeda dengan plastik pada umumnya yang butuh waktu hingga ratusan tahun agar terurai oleh tanah.

Tips Memilih Kantong Plastik Ramah Lingkungan

Adanya kantong plastik memang sangat memudahkan berbagai macam keperluan. Misalnya untuk yang bisnis sembako, bisnis gelas plastik, bisnis frozen food, hingga bisnis retail skala besar. Namun, ketika Anda membutuhkan kantong plastik untuk kebutuhan usaha Anda, maka ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum beli kantong plastik ramah lingkungan. Berikut ini, tips memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Ketahui Kekuatan Plastik

Plastik ramah lingkungan terbuat dari bahan-bahan yang memiliki sifat berbeda dengan plastik biasa. Jadi, dalam memilihnya Anda harus memperhatikan daya atau kekuatan plastik saat digunakan untuk mengemas barang. Secara umum, plastik ramah lingkungan tidak sekuat plastik biasa, sehingga jika diberi beban yang sedikit berat atau melampaui batas, plastik akan mudah rusak.

Maka dari itu, sangat perlu bagi Anda untuk mempertimbangkan plastik ramah lingkungan yang sesuai dengan ukuran barang yang akan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Sebelum Anda memutuskan untuk beli kantong plastik ramah lingkungan, ketahui terlebih dahulu kapasitas barang yang bisa ditampung sehingga tidak jebol atau sobek karena kelebihan beban. 

2. Desain Sesuai Produk

Tips selanjutnya sebelum Anda beli kantong plastik ramah lingkungan adalah disesuaikan dengan produk yang Anda jual. Saat ini, banyak supplier atau agen kantong plastik ramah lingkungan yang menjual khusus untuk berbagai jenis barang. Misalnya kantong plastik khusus untuk makanan, bumbu masakan, dan lain sebagainya. Ketika Anda ingin membelinya, pastikan sesuai dengan kebutuhan produk yang Anda jual agar plastik bisa memberikan manfaat yang maksimal.

3. Memilih Ukuran Tepat

Pertimbangan sebelum beli kantong plastik ramah lingkungan adalah ukuran yang tepat. Anda bisa memilih ukuran layaknya plastik biasa, namun pastikan ukuran tersebut cocok untuk produk yang ingin yang Anda jual. Memilih ukuran plastik ramah harus disesuaikan dengan bobot atau berat barang yang akan dimasukkan. Misalnya, kantong plastik dengan ukuran panjang 32 cm dan lebar 17 cm bisa menampung barang dengan berat maksimal 500 gram dan tidak melebihi volume plastik.

Jika barang yang ingin dimuat dalam kantong plastik memiliki berat 1 kg, maka setidaknya Anda memilih kantong plastik dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 30 cm. Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu spesifikasi produk kantong plastik ramah lingkungan yang ingin Anda beli supaya ukuran kantong plastik yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

4. Membandingkan Harga

Setiap bisnis pasti menginginkan keuntungan yang maksimal dengan menghambat anggaran-anggaran yang ada. Termasuk anggaran untuk kantong plastik. Sebaiknya, Anda membandingkan terlebih dahulu harga produk dari setiap supplier atau produsen kantong plastik ramah lingkungan.

Dengan cara demikian, maka Anda akan mendapatkan produk dengan harga yang relatif murah namun kualitas terbaik. Biasanya, beberapa produsen mematok harga yang lebih miring kalau Anda membeli secara grosir atau partai besar. Namun, ada baiknya untuk tetap membandingkan harga-harga yang ditawarkan oleh produsen kantong plastik ramah lingkungan lainnya.

5. Dapatkan dari Tangan Pertama

Untuk mendapatkan kantong plastik ramah lingkungan dengan kualitas terbaik dan harga bersahabat, Anda bisa beli membeli secara langsung dari tangan pertama, yaitu agen, supplier atau produsen terpercaya. Produsen plastik ramah lingkungan tentunya menjual produk dalam partai besar, sehingga cocok untuk kebutuhan bisnis Anda. Dengan membeli produk dalam partai besar, maka Anda akan mendapatkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan membeli secara eceran. 

Dimana Mendapatkan Kantong Plastik dari Supplier Terpercaya? 

Untuk mendapatkan produk kantong plastik ramah lingkungan dengan kualitas terbaik dan langsung dari tangan pertama saat ini sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan platform supplier, distributor, atau produsen terbaik di Indonesia, yaitu Indotrading.

Melalui platform Indotrading, Anda akan mendapatkan produsen plastik ramah lingkungan yang terpercaya dengan kualitas produk yang terbaik. Platform Indotrading mempertemukan Anda sebagai pembeli dengan supplier yang menyediakan produk dalam partai besar dengan harga paling kompetitif. Jadi, untuk kebutuhan kantong plastik, pastikan Anda hanya membeli langsung dari supplier yang terdaftar dan terverifikasi oleh Indotrading.

Salah satu supplier ecoplas atau kantong plastik ramah lingkungan di Indotrading adalah PT.Marvelo Titan Indopak. Dikutip dari laman Indotrading, kantong plastik ecoplas berbeda dengan kantong plastik biasa pada umumnya. Sebab, kantong plastik ecoplas dibuat dari sari pati singkong.

Sehingga, mampu terurai lebih cepat oleh tanah yaitu 6-12 bulan saja. Jadi, lebih bersahabat bagi lingkungan. Sebagai pabrik pembuatan plastik kemasan yang ramah lingkungan, PT Marvelo Titan Indopak siap membantu bisnis Anda dengan produk kemasan plastik yang berkualitas dan eco-friendly. 

Selain kantong plastik ramah lingkungan, Indotrading juga menyediakan supplier dan agen-agen kebutuhan plastik lainnya. Misalnya, gelas plastik untuk bisnis minuman, desain kemasan produk berbahan plastik, berbagai peralatan plastik untuk usaha makanan, hingga mesin pengemas makanan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Terpal Tenda Sesuai Bahan dan Kebutuhan

Pembelian partai besar melalui platform Indotrading terjamin keamanan transaksi dan layanan prima. Jadi, jangang pikir lama, percayakan kebutuhan kantong plastik untuk usaha Anda hanya di Indotrading. Cek beraneka macam pilihan supplier kantong plastik, desain kemasan, mesin pengemas makanan, dan lainnya di link ini.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top