Insight

Manfaat Menggunakan Plastik Wrapping untuk Makanan

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai manfaat mengunakan plastik wrapping makanan. Anda bisa temukan temukan berbagai macam plastik wrapping makanan dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di sini.

Pada saat Anda berbelanja sayuran atau buah-buahan di supermaket, biasanya sayur dan buah itu akan dilapisi dengan plastik wrapping khusus untuk makanan. Plastik wrapping makanan adalah plastik yang kegunaannya adalah untuk membungkus makanan agar makanan aman dan higienis.

Plastik wrapping tersebut memang biasa dipakai untuk pengemasan suatu produk makanan, misalnya daging, sayur dan buah, supaya makanan tersebut tetap segar dan tahan lama. Bahkan dengan menggunakan plastik wrap tersebut makanan bisa tahan sampai satu minggu lamanya.

Plastik Wrapping Makanan untuk Membuat Sayur dan Buah Tahan Lama

Kebutuhan penyimpanan pada makanan seperti buah dan sayuran memang berbeda dengan jenis bahan makanan lainnya. Maka supaya makanan tersebut tetap segar, Anda harus melapisinya dengan plastik wrap agar makanan bisa disimpan dalam waktu lama tapi kondisinya masih baik.

Bahkan pemakaian plastik wrapping untuk makanan ini juga bisa mengurangi jumlah limbah makanan, yang biasanya harus terbuang karena kondisinya yang sudah basi atau membusuk. Sekitar 4,2 juta ton setiap tahunnya, limbah makanan bisa terbuang dengan percuma.

Sebagian besar limbah makanan tersebut berasal dari rumah tangga. Oleh sebab itu, gunakanlah plastik wrap khusus untuk melapisi makanan supaya tetap awet. Dalam membuang makanan sisa tersebut, juga ikut membuang air dan energi yang terkandung di dalamnya.

Kemudian nantinya akan menghasilkan gas metana yang menjadi jenis gas rumah kaca, yang lebih kuat dibanding dengan gas CO2. Menurut para ahli, dalam menghemat limbah makanan ini nantinya bisa memberi manfaat untuk lingkungan di sekitar kita.

Buah dan sayuran menjadi produk yang berada di urutan teratas dalam jenis bahan makanan yang paling sering dibuang, serta berasal dari lingkungan rumah tangga. Supaya tetap terjaga kesegarannya maka buah dan sayuran ini harus dijaga dan disimpan dengan baik.

Buah/sayuran yang baru dibeli pun sebaiknya langsung dihabiskan atau setidaknya berada di lingkungan yang lembab dan selalu segar. Apabila ada di lingkungan yang terlalu basah maka nantinya sayur dan buah itu berlendir, busuk, atau terpapar oleh mikroba. 

Maka keberadaan plastik wrapping ini akan sangat membantu agar kondisi buah dan sayur masih bisa layak konsumsi. Selain itu, banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dalam penggunaan plastik wrap tersebut misalnya lebih fleksibel, ringan, transparan dan harganya pun murah.

Baca Juga : 5 Jenis Mesin Pengemas Makanan Bisa Jadi Referensi

Plastik Wrapping untuk Pengemasan Produk

Plastik wrap untuk makanan ini berguna untuk mengemas produk makanan supaya produk makanan tersebut kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Plastik wrapping juga mampu menjaga aliran gas dan tingkat kelembapan buah dengan sayuran, dan menghambat proses pematangan makanan.

Plastik tersebut juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri atau kondensasi, seperti mentimun yang akan lebih tahan lama jika disajikan dalam bentuk kemasan plastik wrapping tersebut. Penggunaan plastik ini ternyata memang sangat penting, dalam mengemas produk makanan.

Terutama dalam bidang makanan jenis buah dan sayuran, walaupun banyak juga produk makanan lainnya yang dibungkus dengan menggunakan plastik wrap tersebut. Biasanya jika makanan yang tak dikemas dengan plastik wrap kondisinya mudah busuk bahkan tidak higienis.

Apalagi semenjak virus corona hadir di Indonesia sekarang ini, banyak orang yang lebih selektif dalam memilih produk makanan. Sehingga produk makanan yang dikemas dengan rapi menggunakan plastik wrap tersebut, akan lebih banyak dipilih karena lebih higienis.

Kelebihan Plastik Wrapping Untuk Mengemas Makanan

Manfaat pemakaian plastik wrap ini sudah terbukti baik untuk makanan dan menjaga kualitas makanan, berikut ini keunggulan dari plastik wrapping yang perlu Anda ketahui:

1. Bisa Menjaga Kebersihan Makanan

 

Terserangnya Indonesia oleh virus corona yang membahayakan nyawa dan kesehatan, membuat masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya kesehatan melalui kebersihan makanan.

Pemakaian plastik wrapping pada makanan membuat banyak orang lebih memilih plastik ini dalam mengemas makanan. 

Permintaan produk tersebut juga semakin meningkat, karena dengan memakai plastik wrap maka makanan tak akan disentuh oleh tangan secara langsung sehingga makanan tetap dalam kondisi bersih.

2. Menjaga Umur Simpan Jenis Makanan

Ketika membungkus makanan dengan menggunakan plastik wrap, maka jenis makanan yang dikemas tersebut akan memiliki umur simpan yang jauh lebih lama dibanding makanan yang tidak dikemas dengan plastik tersebut.

Kualitas serta kesegaran buah dan sayuran pun akan selalu terjaga dengan baik. Jenis makanan seperti buah dan sayuran yang dikemas dengan plastik wrap, akan tahan dalam waktu 10 hari lamanya.

Selain itu, dengan menggunakan plastik wrap tersebut maka Anda akan ikut serta dalam mengurangi jumlah limbah makanan.

3. Menekan Biaya Pengeluaran

Untuk menekan biaya pengeluaran dalam mengemas makanan dan membuat kualitas makanan tetap terjaga dengan baik, maka mengemas makanan dengan plastik wrap jauh lebih efektif dan hemat dari segi biaya.

Dibandingkan dengan menggunakan strapping, heat shrink film ataupun corrugated. Harga peralatannya juga lebih murah dan terjangkau dibandingkan jika Anda menggunakan bahan lainnya, seperti shrink wrapping atau peralatan wrapping.

Tenaga kerja yang mengemas produk makanan yang dijual dengan memakai plastik wrap ini jumlahnya tidak perlu banyak, karena cara pengemasannya mudah sehingga bisa lebih cepat. 

4. Penggunaannya Menjadi Lebih Efisien

Apabila dilihat dari segi efisiensinya maka penggunaan plastik wrap ini juga terbilang lebih efisien. Keunggulannya memang dari tingkat keefisiensian plastik tersebut, ketika proses pengemasan makanan dilakukan.

Sama halnya dengan proses pemindahan barang yang akan menjadi lebih mudah, karena produk makanan masih bisa dilihat dari plastik yang transparan. Bukan hanya untuk membungkus makanan tapi plastik ini juga bisa digunakan untuk mengemas barang.

5. Mudah Didaur Ulang

Keunggulan lainnya dari plastik wrap ini adalah jenis atau bahan plastiknya yang lebih mudah didaur ulang. Hal itu juga akan menghemat biaya pengeluaran dalam kebutuhan pemakaian plastik untuk usaha/bisnis tertentu.

Baca Juga : Tips Memilih Kantong Plastik Ramah Lingkungan Sesuai Kebutuhan

6. Sebagai Penutup Gelas

Selain untuk melindungi produk makanan, plastik wrapping juga bisa digunakan untuk menutupi minuman atau gelas yang biasa digunakan untuk minuman agar kualitas isinya tetap terjaga dengan baik.

Jika sedang bepergian atau dalam keadaan darurat, Anda bisa menutup minuman di gelas menggunakan plastik wrapping tersebut. Café dan resto saat ini juga sering menggunakan plastik tersebut untuk jenis produk cairan/minuman apapun.

7. Untuk Merebus Telur

Cara lainnya yang bisa dilakukan dalam menggunakan plastik wrap ini adalah ketika merebus telur. Jika Anda ingin merebus telur setengah matang maka Anda juga bisa menggunakan plastik wrap tersebut.

Sebelum telur mulai direbus Anda bisa menaruh plastik wrap pada mulut cangkir, kemudian pecahkan telur tersebut. Ikat dengan plastik wrap dan lakukan dengan hati-hati jangan sampai telurnya terjatuh.

Kemudian rebus telur selama 5-8 menit saja, maka Anda bisa menikmati telur setengah matang dengan bentuk yang rapi dan sesuai.

Untuk memperoleh plastik wrapping makanan yang kualitasnya bagus dan beragam jenisnya, Anda bisa membelinya secara online di Indotrading dengan harga yang lebih hemat.

banner seller
To Top