Tips Bisnis

9 Tips Bisnis Frozen Food Bagi Pemula dan Strateginya

bisnis frozen food

Frozen food merupakan jenis makanan yang harus diawetkan dalam lemari es, sehingga dapat dikonsumsi selama berhari-hari. Jenis makanan ini semakin banyak digemari. Akan sangat tepat bagi Anda untuk membuka bisnis frozen food. Ada banyak sekali jenis forzen food atau makanan beku.

Frozen food tidak hanya bisa dijual secara offline. Anda juga bisa menjualnya secara online, sehingga Anda tidak harus memiliki kedai resmi untuk membuka warung frozen food. Seiring banyaknya peminat frozen food, semakin banyak peluang Anda dapat untung yang besar.

Tips Membuka Bisnis Frozen Food Pemula

Meskipun terlihat sepele atau mudah, namun berbisnis frozen food harus dilakukan dengan baik dan benar sehingga bisnis ini tidak akan gulung tikar di tengah jalan. Bagi Anda yang masih pemula, coba perhatikan beberapa tips jitu membuka bisnis ini yang sudah diulas oleh tim News Indotrading. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Tentukan Jenis Frozen Food

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, ada banyak sekali jenis frozen food. Sebagai pemula, sebaiknya jangan menjual semua jenis forzen food. Hal ini karena Anda belum tahu betul apa minat orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Cobalah menjual satu atau dua jenis frozen food dulu. Jika kemungkinan sudah banyak peminatnya, maka Anda bisa jadikan jenis itu sebagai menu tetap. Setelah itu Anda bisa mulai menambah koleksi frozen food untuk dijual juga.

Sebaliknya, jika menjual satu jenis saja tidak memberikan untung maka setidaknya Anda tidak mengalami kerugian yang besar.

Untuk membeli produk frozen food berbagai jenis, Anda bisa mendapatkannya hanya di Indotrading. Terdapat supplier frozen food yang terpercaya dengan produk yang berkualitas. Silakan membelinya disini.

  1. Tentukan Modal Awal

Agar semakin mudah menghitung keuntungan yang didapat, Anda harus pandai melakukan perhitungan modal awal yang dibutuhkan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, jangan menghabiskan modal awal hanya untuk membeli semua jenis frozen food.

Gunakan sebagian modal awal untuk membeli satu atau dua jenis saja. Catat dan lakukan cek secara berkala terkait pemasukan yang didapat. Sehingga Anda pun jadi mudah mengetahui kembalinya modal dalam kurun waktu berapa hari.

  1. Persiapkan Peralatan

Alat utama yang dibutuhkan untuk bisnis frozen food ini, tak lain adalah kotak pendingin. Kotak ini akan digunakan untuk menyimpan semua frozen food yang akan dijual. Dalam hal ini, sangat penting untuk Anda membeli kotak pendingin dengan kualitas tinggi.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan dalam beberapa waktu pakai. Jika Anda membeli kotak pendingin dengan kualitas rendahan, tentu Anda harus keluar uang lagi untuk memperbaikinya.

Untuk itu, sebaiknya membeli kualitas terbaik untuk kotak pendinginnya. Harganya mungkin akan sedikit lebih mahal. Namun hal itu jauh lebih baik agar tidak keluar uang dua kali.

  1. Buat Brand

Brand adalah hal terpenting yang harus Anda pikirkan. Dengan memiliki brand sendiri, maka Anda nantinya juga bisa mendaftarkan bisnis Anda ke pihak terkait. Anda pun jadi lebih bebas jika ingin mengedarkan produk dari bisnis Anda.

Buatlah nama brand yang sekiranya mudah diingat banyak orang. Buatlah nama yang menarik juga untuk produk Anda tersebut. Nama brand mungkin akan dikalahkan dengan kualitas rasa dari produk Anda. Namun tidak ada salahnya menyiapkan nama terbaik untuk bisnis Anda.

  1. Berikan Pengemasan Terbaik

Meskipun diawetkan di kotak pendingin, Anda tetap harus memikirkan jenis pengemasan yang akan dipakai. Semakin bagus dan aman pengemasan, akan semakin puas pelanggan yang membeli ke toko Anda.

Pastikan memilih plastik pengemas yang tidak berpori. Plastik tak berpori akan menjaga membuat makanan lebih awet untuk disimpan. Bakteri juga tidak akan gampang masuk. Selain memikirkan pengemasan plastik, pikirkan juga label produk.

Desain semenarik mungkin label yang akan dipasang pada bagian depan pengemasan frozen foodnya. Tidak hanya itu, penting bagi Anda untuk memasang keterangan kadaluarsa pada pengemasan. Sehingga pelanggan jadi tahu masa berlakunya.

  1. Jalin Mitra Online

Saat ini ada banyak sekali media online yang bisa dijadikan mitra kerja dengan sistem bagi hasil. Salah satu contohnya adalah gobiz. Dari aplikasi ini, Anda bisa menjual frozen food Anda dengan semakin mudah. Anda juga tidak perlu melakukan pengantaran sendiri.

Kurir online siap menjemput pesanan dan mengantarkannya ke alamat pembeli. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih hemat tenaga dan waktu.

  1. Lakukan Promosi

Tips selanjutnya adalah melakukan promosi. Promosi ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Melakukan promosi online akan membuat peluang penjualan jadi lebih besar. Akan ada lebih banyak orang yang bisa menjangkau bisnis Anda.

Dengan begitu, pelanggan pun akan bertambah lebih banyak. Anda bisa memanfaatkan media sosial apapun untuk melakukan promosi penjualan.

  1. Sediakan Kontak Pusat Pemesanan

Pada setiap promosi dan pada label produk, sediakan kontak untuk melakukan pemesanan. Bila perlu, kontak pemesanan hanya terpusat pada satu kontak saja. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengkalkulasi pemesanan pelanggan dalam satu kontak saja.

  1. Daftarkan Izin Edar

Apapun jenis makanan yang akan Anda jual, mendaftarkan izin adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya izin edar, masyarakat juga akan semakin percaya bahwa produk yang Anda jual adalah produk yang aman untuk dikonsumsi.

Bahkan, bila perlu Anda bisa meminta izin edar dengan label halal. Biasanya label ini akan dipakai oleh mereka yang bisnisnya sudah besar dan dikenal khalayak umum. Namun tidak ada salahnya jika brand Anda mendapatkan ijin ini terlebih dulu.

Berbagai tips bisnis frozen food di atas bisa dijadikan sebagai acuan bagi Anda yang masih pemula dalam bisnis ini. Untuk memudahkan bisnis Anda ini, carilah distributor terpercaya untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Salah satunya ada di indotrading.com. Indotrading punya distributor terpercaya yang bisa diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan bisnis forzen food Anda.

To Top