Tips Bisnis

Begini Tips Membuka Bisnis Sembako Supaya Laris Manis

tips membuka bisnis sembako

Sembako jadi kebutuhan primer bagi masyarakat luas di Indonesia tidak terkecuali anda. Sembako alias sembilan bahan pokok ini merupakan peluang usaha yang mendatangkan keuntungan. Nah, kali ini tim news indotrading ingin membahas mengenai tips membuka bisnis sembako yang bisa Anda praktekan.

Bagaimana tidak, bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun tanpa harus membuka toko. Anda bisa menyetok sembako di dalam rumah dan biarkan pembeli mengetuk pintu bila dirasa tidak mengganggu. Anda juga tidak perlu mempekerjakan tenaga tambahan sehingga keuntungan yang didapat cukup besar.

Tips Membuka Bisnis Sembako

tips membuka bisnis sembako

Dikarenakan Anda tidak perlu membuka toko dan bersentuhan langsung dengan banyak orang, Anda bisa meminimalisir kemungkinan penyebaran virus secara tidak langsung. Masa pandemi mengharuskan siapapun untuk berhati-hati. Ikuti tips membuka bisnis sembako berikut agar tetap nyaman berjualan.

1. Tidak Perlu Membuka Toko Besar

tips membuka bisnis sembako 1

Tidak perlu membuka toko besar jadi salah satu tips jitu dalam memulai bisnis di masa pandemi. Cukup layani konsumen lewat media sosial yang terhubung langsung dengan Anda sebagai pemilik bisnis.

Untuk pengiriman bisa dilakukan sendiri dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Anda juga bisa menggunakan jasa kurir cepat untuk pengiriman jarak jauh. Tidak perlu membuka toko juga jadi opsi bagi Anda yang tidak ingin mengurus dua tempat sekaligus.

2. Promosi di Media Sosial

tips membuka bisnis sembako 2

Gunakanlah media sosial dan manfaatkan segala layanan di dalamnya. Salah satunya Anda bisa membuat promosi terkait barang yang dijual dengan memasang pamphlet kecil di status atau sebar ke grup di media sosial.

Jangan ragu untuk sebar dan buat promo sebanyak banyaknya agar konsumen tertarik. Promosi bisa berupa potongan harga atau beli dua gratis satu. Apapun jenis promonya pasti akan banyak diminati oleh ibu rumah tangga.

3. Jual dengan Harga Miring

tips membuka bisnis sembako 3

Tips yang bisa dilakukan selanjutnya yakni jual dengan harga miring. Harga miring selalu berhasil menarik minat konsumen untuk membeli barang. Sekecil apapun selisihnya pasti konsumen akan beralih ke barang dagangan anda.

Selanjutnya Anda bisa memilih pemasok terpercaya secara langsung, bukan pemasok yang menerima barang dari pemasok lain. Ini bisa membuat harga beli lebih rendah dan bisa Anda jual kembali dengan dengan harga yang lebih tinggi tapi tidak lebih tinggi dari pesaing.

Baca Juga: Peluang Bisnis Properti dan Ketahui Tips Memulainya

4. Kebutuhan Sembako yang Lengkap

tips membuka bisnis sembako 4

Tidak jarang toko dengan judul menjual barang sembako malah tidak lengkap dalam penjualan barangnya. Hal ini bisa menurunkan kepercayaan konsumen dan berdampak pada pendapatan. Hindari hal tersebut dengan memperlengkap kebutuhan sembako.

Anda bisa memperlengkap barang berdasarkan jenis hingga ukuran sembako. Urutkan ukuran yang paling sering dibeli hingga ukuran yang paling besar dan potensial untuk dibeli banyak orang. Selanjutnya tinggal persiapkan kemasan yang mendukung berdasarkan ukuran barang.

5. Selektif Memilih Bahan Sembako

tips membuka bisnis sembako 5

Sebagai penjual yang mendapat pasokan dari orang lain tentunya Anda harus bisa memilih bahan sembako yang paling baik. Selektif dalam memilih bahan sembako sangat menentukan kepercayaan terlebih kelancaran Anda dalam berbisnis.

Bisnis sembako bukan sembarang bisnis karena menyangkut langsung keseharian pembelinya. Anda bisa melihat berbagai tutorial yang dilakukan untuk membedakan mana kualitas yang baik dan mana kualitas sembako yang buruk.

6. Berlakukan Sistem Keuangan yang Baik

tips membuka bisnis sembako 6

Tidak kalah krusial, perlakukanlah sistem keuangan yang baik. Anda dituntut untuk tidak memakan hasil jualan hingga mendapat rincian bulanan. Ini dilakukan agar pendapatan bersih terlihat dengan jelas.

Keuntungan dan pengeluaran kembali untuk restock barang tentunya harus dilakukan dengan perhitungan yang benar. Bila perlu Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang ahli dibidangnya untuk memperkirakan sistem keuangan yang cocok dengan bisnis anda.

7. Lakukan Restock dengan Cepat

tips membuka bisnis sembako 7

Untuk menjaga kepuasan pelanggan lakukanlah restock dengan cepat. Anda bisa melakukan restock dalam jangka waktu mingguan atau paling lambat di akhir bulan. Jangan sampai konsumen kecewa karena barang yang dicarinya tidak tersedia.

Restock bisa dilakukan dengan cara mengontak supplier terpercaya. Setelah di awal Anda melakukan pemilihan terhadap supplier Anda bisa mempercayainya dan membiarkan penyuplai untuk mengirim barang langsung ke rumah secara rutin.

8. Jaga Barang Jangan Sampai Rusak

tips membuka bisnis sembako 8

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan yakni jagalah barang jangan sampai rusak. Penjagaan barang jangan sampai cacat ini merupakan upaya untuk menekan pengeluaran yang lebih besar. Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan bila barang tidak bisa dijual dan harus diganti.

Kemungkinan untuk menjual barang rusak terhadap konsumen juga berpeluang memadamkan bisnis anda. Seperti missal kemasan yang bocor, barang kadaluarsa atau bahkan telur yang pecah lama dan meninggalkan bau. Terbayang bukan bagaimana kecewanya konsumen?

9. Tidak Perlu Mempekerjakan Orang Banyak

tips membuka bisnis sembako 9

Anda juga tidak perlu mempekerjakan orang terlalu banyak. Bila mempekerjakan orang terlalu banyak maka akan memakan pengeluaran yang lebih banyak pula. Anda bisa menggunakan tenaga sendiri atau paling banyak dua tenaga tambahan.

Untuk kisaran gaji bisa disesuaikan dengan jam kerja terlebih disesuaikan dengan pendapatan yang masuk ke kantong anda.

10. Berikan Pelayanan Prima

tips membuka bisnis sembako 10

Terakhir, berikanlah pelayanan prima. Dalam konsep bisnis jual beli perlu diingat bahwa pembeli adalah raja. Dimana pelayan terbaik pada satu orang mampu merubah mindset bagi pembeli lainnya. Karenanya pelayanan terbaik perlu diberikan.

Pelayanan terbaik seperti pada pemilihan barang, saat pembeli bertanya barang atau harga bahkan saat pengantaran barang secara tidak langsung. Komunikasi dengan tata krama yang baik diperlukan di dalamnya.

Baca Juga: Peluang Bisnis Cloud Kitchen Saat Pandemi dan Tipsnya

Anda bisa melengkapi barang sebagai salah satu tips memulai bisnis sembako supaya laris. Selain itu, Anda juga bisa mencari semua kebutuhan makanan dan minuman yang diperlukan hanya di indotrading.com.

Barang yang tersedia bisa dibeli dengan harga miring. Jangan lupa untuk memperhitungkan budget beli sebelum memborong stok bisnis.

To Top