Insight

Mengenal Jenis Gelas Plastik dan Tips Memilih untuk Kebutuhan Bisnis

Minuman gelas plastik bukan sekedar memberikan kenikmatan rasa minuman saja, melainkan memiliki daya tarik dari segi teknik pengemasannya yang praktis. Peminat minuman gelas plastik saat ini terbilang sangat tinggi sehingga membuat bisnis minuman gelas plastik terbilang menggiurkan. 

Peluang Bisnis Minuman Gelas Plastik

Peluang untuk bisnis minuman gelas plastik terbilang sangat bagus dan memiliki prospek yang cerah. Bisnis ini bisa cocok dijalankan oleh semua orang. Proses untuk memulai bisnis ini juga cukup mudah karena tidak sulit mencari konsumen. Suguhan sensasi nikmat yang disajikan dari minuman gelas mampu memikat banyak orang. Konsumen minuman gelas plastik cukup besar mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda hanya memerlukan bahan baku untuk pembuatannya seperti gula pasir, susu, coklat, yoghurt, jeruk nipis, teh, kopi, buah-buahan segar, dan lain sebagainya. Untuk mencari bahan baku minuman gelas plastik juga bisa dijumpai di toko, pasar, atau supermarket terdekat.

Dalam bisnis minuman gelas plastik membutuhkan beberapa peralatan penting dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa di antaranya etalase/gerobak, kompor dan gas, panci, saringan, mesin blender, pisau, mesin pres minuman gelas, sedotan, dan yang tidak kalah penting adalah gelas plastik itu sendiri.

Jenis Gelas Plastik

Gelas plastik merupakan peralatan penting yang harus ada ketika Anda memulai usaha ini. Gelas plastik berguna sebagai kemasan untuk produk minuman usaha Anda. Penggunaannya juga cukup mudah, umumnya minuman di dalam gelas ditutup dengan lid plastik dengan teknik sealing atau press. Namun, ada juga yang tidak menggunakan lid plastik sebagai penutupnya, biasanya gelas plastik tersebut sudah disediakan tutupnya dalam satu paket.

Gelas plastik yang digunakan untuk kemasan secara umum ada dua macam, yaitu gelas plastik berbahan Polyethylene Terephthalate (PET) atau berbahan Polypropylene (PP). 

1. Gelas Plastik Berbahan Polyethylene Terephthalate (PET)

Gelas dari bahan PET sangat baik digunakan untuk mengemas air mineral. Bahan ini sering juga digunakan untuk botol kemasan minuman. Gelas plastik berbahan PET memiliki tampilan yang transparan dan jernih. Selain itu, beberapa keunggulan dari gelas plastik berbahan PET antara lain:

  • Cukup tebal dan lebih bening sehingga cocok dipakai oleh Cafe dan Restoran. 
  • Memiliki ukuran yang lengkap, yaitu 8 Oz, 10 Oz, 12 Oz, 14 Oz, 16 Oz, 22 Oz, 24 Oz dan 30 Oz.

Namun, Gelas Plastik berbahan PET tidak bisa untuk Lid Sealer atau dipress menggunakan mesin. Selain itu, Harga gelas lebih mahal dibandingkan dengan gelas plastik berbahan polypropylene.

2. Gelas Plastik Berbahan Polypropylene (PP)

Gelas plastik berbahan PP sudah sangat unggul dari tampilan yang transparan. Namun, warna tidak terlalu tidak jernih mengkilap seperti gelas plastik berbahan PET. Beberapa keunggulan gelas plastik berbahan PP yaitu:

  • Sangat populer saat ini, sehingga banyak dijual di Pasaran. 
  • Banyak pilihan berdasarkan ketebalan gelas, yaitu 4 gram, 5 gram, 7 gram, 9 gram dan 11 gram. 
  • Harga lebih murah dibandingkan gelas plastik berbahan PET
  • bisa dipakai Lid Sealer/ Mesin Pres.

Tips Memilih Gelas Plastik untuk Kebutuhan Bisnis

Setelah paham dengan peluang bisnis minuman gelas plastik dan mengetahui jenis-jenis gelas plastik berdasarkan bahannya. Maka perlu juga bagi Anda untuk tahu gelas plastik yang cocok untuk bisnis Anda. 

Untuk bisnis minuman dengan gelas plastik saat ini, yang paling banyak diminati adalah gelas plastik yang dijilid atau dipress menggunakan mesin. Jenis usaha minuman ini meliputi kopi gelas, es jus, es teh manis, es cincau, cappucino cincau, can lain sebagainya. Beberapa usaha minuman tersebut menggunakan gelas plastik yang dipress. Selain itu, gelas plastik yang dipress sangat trend dan banyak peminatnya saat ini.

Namun, jika Anda memulai bisnis untuk minuman di kafe atau restoran, maka gelas sangat direkomendasikan memilih gelas plastik tipe PET. Gelas ini tidak dipress, namun dalam satu paket disediakan penutup gelasnya. Beberapa produk kelas plastik berbahan PET memiliki penutup gelas dengan desain yang unik, ada yang berbentuk setengah bola, datar, dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Gelas Plastik Berkualitas

Selain menentukan jenis gelas plastik, perlu juga bagi Anda untuk memperhatikan kualitas gelas plastik. Tentunya, kualitas gelas plastik yang baik tidak hanya menambah kenikmatan minuman saja, melainkan akan memberikan pencitraan terhadap brand bisnis Anda. 

Dalam hal ini, maka Anda harus berhati-hati menentukan distributor/supplier gelas plastik untuk usaha Anda. Tidak semua distributor/supplier memberikan produk asli, sehingga produk yang Anda beli belum tentu memberikan kualitas yang terbaik. Namun, lain halnya jika Anda membeli gelas plastik melalui Indotrading

Anda akan mendapatkan gelas plastik yang berkualitas dengan harga terjangkau dari tangan pertama. Para distributor, produsen, atau supplier gelas plastik yang tergabung telah terverifikasi, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk yang Anda inginkan. Untuk pemesanan lebih lanjut, Anda bisa memesan di Indotrading.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top