Insight

Rekomendasi Jenis jenis Lampu Strobo Terbaik 2021

jenis lampu strobo

Mengenali jenis lampu strobo berdasarkan warna sangat penting untuk mengetahui tipe apa seharusnya dibeli oleh sebuah instansi. Lampu strobe digunakan untuk mengingatkan orang-orang di lokasi kerja secara visual tentang situasi yang berpotensi berbahaya.

Lampu ini menghasilkan kilatan cahaya dan dapat digunakan di fasilitas umum, di kendaraan, dan di lingkungan yang bising.

Lampu strobo mempunyai sorotan LED, lampu solid state yang dilengkapi dioda sebagai  pemancar cahaya untuk menghasilkan cahaya. Lampu ini menggunakan lebih sedikit listrik, tidak mengandung merkuri, menjadi dingin, hampir tidak memancarkan sinar UV / IR merupakan salah satu lampu paling hemat energi yang tersedia.

Apa itu Lampu Strobo?

Lampu stroboskopik atau lampu sorot atau yang sering disebut strobo sebenarnya adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan kilatan cahaya biasa. Lampu strobo sebenarnya adalah salah satu dari sekian banyak perangkat yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan saat dalam keadaan darurat.

Sumber cahaya pada lampu strobo biasanya berupa flashtube atau lampu flash xenon yang berskala komposit dan temperatur warna.

Kebanyakan lampu strobo dapat mengirim sinyal ke instrumen getar untuk digunakan sebagai masukan tachometer ke instrumen. Penyeimbangan dinamis dapat dilakukan dengan menggunakan stroboscope sebagai pengganti laser, optical atau infra merah tachometer.

Orang tidak boleh sembarangan dalam memegang lampu strobo ini. Pertimbangan keselamatan adalah hal yang paling utama ketika menggunakan stroboscope karena lampu ini berputar (seperti poros atau kopling). Orang yang tidak terbiasa dengan stroboskop dan menyentuhnya dengan tangan telanjang bisa parah.

Lampu strobo biasanya menggunakan tabung flash yang memiliki energi yang disuplai oleh kapasitor. Kapasitor ini adalah penyimpan energi yang berfungsi seperti baterai. Namun, kapasitor mampu melepaskan dan mengisi daya dengan lebih cepat.

Belakangan ini, beberapa lampu strobo juga menggunakan listrik. Selain itu, adapula lampu strobo yang tidak memiliki satu pun kapasitor.

Jika lampu strobo tidak memiliki penyimpanan kapasitor, maka lampu akan melepaskan tegangan melalui tabung saat dinyalakan. Lampu strobo ini sebenarnya tidak memerlukan waktu pengisian daya dan juga memungkinkan respons atau kecepatan flash yang lebih cepat.

Namun, lampu ini dapat secara drastis mengurangi masa pakai flashtube saat dinyalakan untuk jangka waktu yang signifikan. Lampu strobo jenis ini biasanya membutuhkan bentuk tertentu untuk membatasi arus, hal ini karena busur dapat berfungsi sebagai korsleting.

Baca juga : 20 Rekomendasi Lampu Sorot yang Bagus

Jenis jenis Lampu Strobo

Setidaknya ada 3 jenis lampu strobo berdasarkan warna yang bisa dibedakan sesuai fungsinya. Pada umumnya lampu-lampu ini memiliki makna atau arti tersendiri, berikut adalah beberapa jenis lampu strobo :

Strobo Warna Merah

Lampu strobo dengan warna merah mencolok pada umumnya selalu diaplikasikan dengan sirine. Anda pasti tidak asing ya dengan mobil ambulans? Nah, lampu merah berwarna di atas mobil ambulans inilah yang dinamakan lampu strobo.

Lampu ini tidak hanya digunakan untuk mobil ambulans saja, namun juga untuk mengawal Tentara Nasional Indonesia (TNI), pejabat negara, mobil Palang Merah Indonesia (PMI) dan juga bisa digunakan untuk mobilnya pemadam kebakaran.

Lampu satu ini berfungsi untuk memberikan tanda atau sinyal ketika mobil sedang berjalan di kerumunan. Mobil yang mempunyai lampu strobo warna merah ini selalu dinyalakan bersamaan dengan sirine sebagai tanda bahwasannya mereka ingin menerobos kemacetan agar ada celah untuk bisa keluar dari kerumunan.

Strobo Warna Biru

Untuk strobo dengan warna biru ini pada umumnya sering sekali diaplikasikan pada mobil polisi yang digunakan untuk melakukan patroli. Pasti Anda pernah melihat mobil polisi sedan warna putih ketika sedang di jalan raya bukan?

Nah, pada umumnya sih lampu strobo warna biru ini digunakan oleh mobil-mobil patroli polisi. Sayangnya, belakangan ada beberapa warga sipil yang juga memanfaatkan lampu strobo ini untuk keperluan pribadinya. Padahal sih sebenarnya hal itu dilarang, ya!

Strobo Warna Kuning

Kalau untuk lampu strobo warna kuning ini biasanya tidak digunakan dengan sirene, ya. Salah satu instansi pemerintah yang menggunakan lampu strobo warna kuning adalah mobil satpol Pamong Praja (PP).

Lampu strobo jenis ini banyak digunakan oleh untuk mengawasi lalu lintas jalan, merawat dan membersihkan berbagai fasilitas umum di jalan, melakukan patroli jalan dan sebagainya. Menariknya, lampu ini juga bisa digunakan oleh truk yang mempunyai jasa towing mobil dan mengangkut berbagai macam barang khusus.

Namun, selain digunakan untuk beberapa kendaraan di atas, lampu strobo ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan lainnya, kok.

Baca juga : Jenis-jenis Lampu LED dan Keunggulannya

Aplikasi Lampu Strobo

Lampu strobo khusus yang dikalibrasi dan mampu menyala hingga sekitar seratus kali per detik digunakan di banyak industri. Lampu ini bagus sekali digunakan untuk menghentikan kemunculan gerakan dari gerakan tertentu dari mesin yang berputar. Selain itu, lampu strobo juga digunakan untuk mengukur atau mengatur kecepatan putaran atau waktu siklus.

Lampu strobo juga digunakan untuk melihat gerakan tertentu pada pita suara dalam gerakan lambat di sepanjang pidato.

Prosedur ini juga disebut video-stroboscopy. Satu lagi penggunaan lampu strobo yang umum adalah mengoptimalkan efisiensi mesin mobil tertentu dalam periode rotasi tertentu.Lampu stroboi bisa mengarahkan lampu sorot ke tanda tertentu pada flywheel pada poros utama mesin.

Rekomendasi Jenis jenis Lampu Strobo Terbaik 2021

Xenon Strobe Beacon 225 mm x 175 mm

Lampu strobo berwarna merah ini sudah dilengkapi dengan IP65 sehingga tahan terhadap segala macam cuaca. Standar energi kilatnya adalah 11 Joule. Lampu ini tidak memerlukan pembatas arus bilateral, pengaktifan cepat dan tidak perlu menunggu sebelum mengisi ulang. Ada model flash ganda dan flash tunggal  berulang

Xenon Strobe Beacon 102 mm x 79 mm

Xenon Strobe Beacon warna biru ini mempunyai ketinggian 102 mm x 79 mm yang sudah disematkan IP65. Anda tidak harus menambahkan perangkat peringatan visual ke pemasangannya karena lampu strobo jenis ini sudah otomatis. Lampu ini banyak digunakan di seluruh dunia dan unit ini selalu terus diperbarui sesuai kebutuhan pasar dan dapat dipasang di permukaan atau di dinding.

Suar Xenon secara inheren dapat diandalkan dibandingkan dengan suara lampu filamen dan oleh karena itu perawatan dijaga seminimal mungkin. Jika terjadi kegagalan, tabung flash xenon cadangan juga tersedia.

Xenon Strobe Beacon 255mm x 265mm

Kalau Anda butuh lampu strobe warne merah dengan ukuran yang lebih besar, maka Anda bisa mengandalkan Xenon Strobe Beacon 255mm x 265mm. Sama dengan jenis lampu strobe lainnya, model satu ini juga sudah dilengkapi dengan  IP65 sehingga bagus sekali diaplikasikan di luar ruangan karena tahan terhadap cuaca dan debu.

Apakah Anda hendak membeli lampu strobo tapi tidak tahu belinya di mana? Jangan bingung, beli saja berbagai macam jenis lampu strobo hanya di IndoTrading. Harga lampu strobo di IndoTrading sangat terjangkau dan tentunya kualitasnya juga dijamin tahan lama. Ayo, beli lampu strobo hanya di IndoTrading.

To Top