Insight

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Lampu HID Untuk Penerangan Kendaraan Anda

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Lampu HID Untuk Penerangan kendaraan Anda

Lampu pada mobil berfungsi untuk memberikan penerangan jalan pada malam hari. Selain itu juga dapat meningkatkan keamanan saat berkendara. Sistem penerangan mobil menggunakan lampu yang dialiri oleh listrik. Adapun salah satu jenis lampu tersebut adalah lampu HID. Lampu yang dihasilkan oleh HID ini lebih terang, sehingga akan sangat menguntungkan pengemudi mobil saat berkendara di malam hari.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu lampu HID, fungsi, serta kekurangan dan kelebihannya. Namun sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai jenis lampu HID berkualitas terbaik di Indotrading, dengan Supplier yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pengertian Lampu HID

Istilah HID merupakan singkatan dari High Intensity Discharge yang mana adalah lampu yang terdiri dari filament dan juga tabung pijar. Lampu ini sangat berbeda dengan lampu biasa atau lampu yang jenisnya halogen.

Sistem penerangan dari lampu ini menggunakan lampu yang berasal dari gas xenon yang dialiri listrik. Tegangan listrik yang dibutuhkan oleh lampu ini untuk mendapatkan cahaya adalah sekitar 20.000 volt. Sehingga saat lampu ini menyala, maka intensitas sinar yang dihasilkan juga lebih besar.

Baca Juga: Perlu Diketahui! Ini Jenis-jenis Lampu LED dan Keunggulannya

Fungsi Lampu HID

Lampu HID biasanya digunakan oleh beberapa jenis mobil. Mobil yang menggunakan lampu ini umumnya mobil-mobil mewah seperti BMW, Mercedes, dan Audi. Lampu ini banyak digemari karena sumber cahaya lampu ini berasal dari gas xenon yang dialiri listrik. Sehingga cahaya yang dihasilkan oleh lampu lebih terang, memiliki daya tahan yang lama, serta tidak membutuhkan watt tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu HID

Setelah mengetahui tentang pengertian lampu dan fungsinya, perlu juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari lampu ini sebagai informasi tambahan ketika Anda akan membelinya.

1. Kelebihan

Lampu ini memiliki beberapa keuntungan atau kelebihan yang ditawarkan, diantaranya adalah:

  • Daya yang dipakai relatif lebih kecil dari bohlam jenis halogen
  • Pancaran sinar dari lampu lebih terang sehingga kendaraan akan lebih mudah mengetahui saat ada kendaraan dari arah depan walaupun jaraknya masih cukup jauh
  • Jarak pandang yang jauh meningkatkan visibilitas pengemudi
  • Lampu ini lebih tahan lama dibandingkan dengan bohlam lampu biasa
  • Lampu memiliki tipe bentuk socket yang beragam.

2. Kekurangan

Dari beberapa kelebihan di atas, lampu ini juga memiliki beberapa hal yang menjadi kekurangan, yaitu:

  • Harga lampu ini cenderung lebih mahal
  • Penggantian lampu membutuhkan penanganan khusus
  • Cahayanya yang sangat terang dapat menyilaukan pengendara lain saat penyetelannya tidak tepat

Hal-hal yang harus diperhatikan saat penggantian lampu HID

Karena membutuhkan tegangan yang cukup tinggi untuk menyalakan lampu ini, maka pemasangannya dibutuhkan penanganan khusus agar terhindar dari cidera. Hal-hal yang harus diperhatikan saat penggantian lampu tersebut adalah:

  1. Pastikan power lampu dalam keadaan mati sebelum dilakukan penggantian lampu
  2. Kemudian pastikan tidak ada air atau kondisi basah di sekitar lampu
  3. Lalu jangan sentuh permukaan kaca HID dengan tangan langsung, karena akan membuat lampu mudah rusak
  4. Terakhir pastikan lampu sudah terpasang dengan benar.

Tips memilih lampu HID

Banyak sekali jenis, desain, dan fitur lampu ini yang ditawarkan di pasaran, namun Anda bisa memilih lampu yang benar dan sesuai dengan kebutuhan dengan tips-tips berikut ini.

1. Pahami tingkat keterangan lampu

Tips yang pertama adalah memahami tingkat keterangan dari lampu tersebut. Karena umumnya setiap derajat kelvin dalam lampu memiliki sinar lampu yang berbeda. Adapun tingkatan derajat kelvin dalam lampu tersebut adalah sebagai berikut:

  • 4300k= warna yang dihasilkan kuning keputihan
  • 6000k= warna yang dihasilkan adalah cahaya putih
  • 8000k= warna yang dihasilkan agak kebiruan
  • 10000k= warna yang dihasilkan biru
  • 12000k= warna yang dihasilkan ungu atau merah muda

2. Periksa kualitas lampu

Selanjutnya, yang perlu diperiksa adalah kualitas kabel serta bahan yang digunakan sehingga lampu awet dan tahan lama. Biasanya lampu dengan kualitas terbaik adalah lampu dengan harga yang cukup mahal.

3. Mengamati titik fokus cahaya lampu

Lampu HID dengan kualitas yang bagus adalah yang cahaya lampunya tidak menyebar ke segala arah. Produk lampu dengan cahaya yang menyebar silauannya akan mengenai pengendara lain. Hal tersebut akan meningkatkan potensi kecelakaan.

4. Memperhatikan aftersales yang ditawarkan produsen

Membeli alat elektronik khususnya lampu tentu saja bisa mengalami potensi kerusakan nantinya. Oleh sebab itu, perlu juga untuk memilih lampu dengan garansi yang durasinya cukup panjang serta memiliki alamat yang cukup jelas.

Itulah pembahasan mengenai lampu HID mulai dari pengertian, fungsi, kekurangan dan kelebihan, hal yang harus diperhatikan saat pemasangannya, sampai tips-tips memilih lampu.

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis lampu HID atau dengan kualitas terbaik di Indotrading, dengan supplier yang menyediakan lampu dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Beragam Pilihan Lampu Hias Untuk Percantik Ruangan Anda

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top