Insight

Kenali Jenis Lampu Rumah yang Cocok Untuk Ruangan

Kali Ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai jenis lampu yang cocok untuk ruangan rumah.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis lampu rumah dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Wajib Dimiliki, Jenis-jenis Lampu Panggung Ini Bisa Buat Pertunjukkan Semakin Atraktif

Info Lampu Rumah

Lampu rumah merupakan salah satu elemen yang penting keberadaanya dalam satu bangunan, tidak terkecuali hunian ataupun rumah. Jenis lampu ini memiliki fungsinya tidak hanya menjadi sumber cahaya dan penerangan dalam rumah melainkan juga menjadi pelengkap dekorasi interior hunian yang keberadaan nya menambah nilai estetika interior bangunan. 

Keberadaannya yang penting sebagai penerangan dan juga dekorasi interior rumah membuat lampu rumah membutuhkan perhatian serta pertimbangan khusus dalam pemilihannya. Masih banyak yang menempatkan lampu rumah dengan sembarang tanpa pertimbangan sebab merasa semua jenis lampu dapat ditempatkan dimana saja.

Peletakan lampu rumah dapat dipertimbangkan dengan mengetahui jenis lampu yang digunakan berikut jenis – jenis lampu rumah yang dapat menjadi pertimbangan dalam menempatkan lampu rumah. 

Baca Juga : Kenali Keunggulan Lampu Spotlight Philips yang Banyak Diminati

Jenis-jenis Lampu Rumah

Menjadi pertimbangan utama saat hendak menempatkan lampu dalam satu hunian, berikut jenis-jenis lampu rumah yang harus Anda ketahui :

1. Lampu Pijar

Lampu pijar merupakan lampu yang paling banyak digunakan dalam satu hunian rumah. Lampu pijar biasanya berukuran kecil dengan warna pencahayaan kuning ataupun putih.

Lampu pijar sudah banyak dikenal dengan keunggulannya yang tahan lama, dan termasuk jenis lampu yang ekonomis atau terjangkau. Hanya saja, lampu pijar juga banyak dikenal sebagai lampu yang cukup boros dalam menggunakan daya listrik.

2. Lampu LED

jenis lampu rumah

Lampu LED merupakan jenis kedua yang paling banyak digunakan dalam suatu hunian ataupun bahkan pada acara tertentu.

Lampu LED memiliki berbagai warna pencahayaan yang beragam, namun untuk penempatan di rumah biasanya lampu LED yang digunakan memiliki warna pencahayaan putih ataupun putih emas.

Tingkat keterangan pencahayaan LED juga sudah banyak dikenal lebih baik dibandingkan dengan lampu bohlam pijar.

3. Lampu Halogen

Jenis lampu selanjutnya adalah lampu halogen. Jenis lampu ini hampir mirip dengan lampu PJU yang penggunaannya tidak banyak digunakan sebagai lampu interior dalam satu hunian sebab lampu halogen lebih banyak digunakan sebagai lampu pada satu acara. 

Meskipun begitu halogen dapat digunakan sebagai lampu spotlight pada ruang-ruangan tertentu dalam satu hunian, dengan tujuan untuk memberikan aksen estetika lebih pada ruang tersebut serta interior di dalamnya.

Fungsi Lampu Rumah

Menjadi elemen penting dalam satu hunian, lampu rumah memiliki fungsi utama diantaranya sebagai :

1. Pencahayaan Umum

Fungsi utama lampu rumah adalah sebagai pencahayaan umum setiap ruangan dalam rumah. Sebab saat malam hari, penerangan dalam rumah tidak bisa mengandalkan pencahayaan alami.

Lampu rumah yang sering dijadikan sebagai pencahayaan umum diantaranya lampu pijar bohlam, lampu downlight, dan sejenisnya. 

2. Pencahayaan Khusus

Selanjutnya, fungsi lainnya dari lampu rumah adalah sebagai pencahayaan khusus. Lampu rumah yang digunakan sebagai pencahayaan khusus biasanya digunakan dalam beberapa ruangan khusus seperti ruang kerja, ruang belajar, kamar mandi, ataupun kamar tidur.

Pencahayaan khusus  ini juga memiliki tingkat kecerahan ataupun pencahayaan berbeda dari pencahayaan umum pada ruangan lainnya.

3. Lampu Aksen

Fungsi pencahayaan lainnya sebuah lampu rumah adalah sebagai lampu aksen. Lampu aksen banyak digunakan dalam beberapa ruangan tertentu yang biasanya memiliki nilai estetika lebih tinggi sehingga penggunaan lampu akses dapat menjadi pelengkap dan menambah nilai estetika interior ruangan tersebut.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu LED yang Rusak

Tips Memilih Lampu Rumah untuk Ruangan Rumah

Dalam memilih lampu untuk ruang rumah, ada beberapa pertimbangan agar penempatan lampu tersebut lebih tepat serta efektif. Berikut tips yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih lampu rumah saat hendak diletakan di suatu ruangan.

  1. Pilihlah lampu rumah jenis downlight atau tempel untuk ditempatkan di ruangan yang minim dekorasi seperti ruangan akses utama rumah. Sebab lampu rumah tipe ini akan lebih menambah dan melengkapi desain interior pada ruangan ini yang terbilang memiliki dekorasi minim.
  2. Pilihlah lampu dengan pencahayaan alus atau tidak terlalu terang namun juga tidak terlalu terang untuk diletakan pada ruang tamu atau keluarga, sebab hal tersebut dapat memberikan kenyamanan dan aksen hangat yang dapat mengundang daya tarik untuk ke ruang tamu atau keluarga.
  3. Untuk area dapur, dan kamar mandi, pilihlah jenis lampu yang menggantung dengan ukuran kecil yang agar akses atau mobilitas pada ruang tersebut tidak terganggu.
  4. Pilihlah lampu ruangan dengan tingkat penerangan yang relatif lebih redup untuk ruang kamar tidur, sehingga dapat memberikan kesan nyaman dan dapat membantu Anda lebih tenang saat hendak tidur.
  5. Untuk area ruang kerja dan belajar, pilihlah lampu ruang dengan tingkat pencahayaan terang. Lampu jenis LED dapat dipilih, sebab dapat meningkatkan fokus dari terangnya cahaya yang dikeluarkan.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis lampu yang cocok untuk ruang rumah. Perlu diingat, dalam pemilihannya, Anda tetap perlu menyesuaikan ukraine lampu dengan luas ruangan.

Anda dapat menemukan berbagai jenis lampu rumah dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading

banner seller
To Top