Insight

Coba Simak! Rekomendasi Lampu PJU yang Paling Banyak Dicari

Jalan dengan pencahayaan bagus akan memberi kesan nyaman dan aman yang lebih bagi penggunanya. Anda akan lebih memilih jalan dengan penerangan yang cukup tentunya demi kenyamanan dan keamanan perjalanan. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas tentang rekomendasi lampu PJU terbaik yang paling banyak dicari.

Lampu penerangan jalan umum atau singkatnya lampu PJU merupakan lampu yang digunakan untuk memberikan pencahayaan jalan. Tujuannya adalah agar masyarakat merasa nyaman dan aman beraktivitas di tempat tersebut. Lampu PJU umumnya dioperasikan dan diatur langsung oleh PLN dan pemerintah daerah setempat.

Anda bisa mencari dan menemukan lampu PJU dengan kualitas baik dan dari supplier terpercaya di sini!

Tempat-Tempat Pemasangan Lampu PJU

Tidak hanya digunakan sebagai lampu perjalanan umum besar, lampu PJU juga bisa dipasang di berbagai tempat. Tentu dengan ijin dan pengawasan langsung dari PLN dan Pemerintah Daerah Setempat selaku pihak resmi perijinan penggunaan.

Baca Juga : Rekomendasi Jenis-jenis Lampu Strobo Terbaik 2021

Adapun tempat – tempat yang dapat dipasangkan lampu PJU diantaranya adalah :

  1. Jalan Umum
  2. Taman
  3. Dekorasi depan rumah
  4. Lapangan
  5. Kawasan; wisata, perkebunan, industri

Dalam pemasangan lampu PJU, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan penggunaannya. Adapun aspek yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Kuat rata-rata penerangan, pihak terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Daerah harus memperhatikan besarnya kuat penerangan berdasarkan pada kecepatan maksimal yang diizinkan terhadap kendaraan yang melaluinya.
  2. Distribusi cahaya, penyebaran cahaya pada jalan raya penting untuk diperhatikan. Distribusi cahaya sendiri merupakan perbandingan kuat penerangan pada bagian tengah (median) lintasan dengan tepi jalan, di mana perbandingannya tidak boleh lebih dari 3:1.
  3. Pemasangan PJU harus menghasilkan cahaya yang yang tidak menyilaukan. Untuk mengurangi cahaya silau yang dikeluarkan lampu PJU, maka dapat digunakan akrilik atau gelas pada armatur (rumah lampu) yang berfungsi sebagai filter cahaya.
  4. Sumber penerangan dipasang menyudut 5° hingga 15° sehingga menghasilkan arah pancaran cahaya dan pembentukan bayangan yang lebih tepat, tidak mengganggu pengguna jalan.
  5. Pengadaan PJU harus memperhatikan spesifikasi jenis lampu yang masing-masing jenis lampu tersebut mempunyai pengaruh terhadap perubahan warna pada objek yang dikenai cahaya lampu. Pilih jenis lampu yang mampu membuat pembedaan warna yang baik terhadap benda yang diteranginya.
  6. Untuk lingkungan yang berkabut ataupun berdebu sangat tepat jika menggunakan lampu SON atau SOX.

Rekomendasi Lampu PJU Terbaik

Ada banyak jenis lampu PJU dipasaran. Umumnya lampu jalan yang banyak dicari dan terkenal dengan kualitas terbaik yang banyak dipakai adalah sebagai berikut :

1. Lampu HPL-N

Lampu HPL-N adalah salah satu jenis lampu merkuri fluorescent bertekanan tinggi yang banyak digunakan untuk penerangan jalan umum. HPL-N sendiri merupakan nama produk lampu jenis merkuri fluorescent di Eropa.

Sesuai dengan namanya, lampu merkuri fluorescent lampu merkuri fluorescent adalah jenis lampu yang memadukan gas Merkuri dan argon dengan gas fluoresen yang bagian dalamnya dilapisi oleh serbuk fluoreen (phosphor).

Lampu merkuri fluorescent jenis ini mempunyai mempunyai kelebihan pada color rendingnya yang bagus dengan jangka pemkaian rata-rata 12.000 – 20.000 jam dan 1800 – 54.200 lumen fluks sinar yang dihasilkan.

2. Lampu LVD

Lampu LVD merupakan lampu Induksi dengan efesiensi tinggi yang digunakan sebagai alternative atau pengganti lampu penerangan jalan umum ataupun lampu sorot.

Lampu LVD juga terkenal tidak menyebarkan panas dalam ruangan saat lapu menyala, bahkan untuk waktu yang cukup lama. LVD juga aman dipegang.

Lampu ini memiliki kelebihan pada usia pemakaian nya yang kuat dengan daya pakai mencapai 100.000 jam, serta cahaya terang yang dihasilkannya.

Pada umumnya lampu LVD yang banyak digunakan adalah lampu LVD 80 watt dengan kelebihan efiesiensi yang tinggi setara dengan lampu LVD 250 watt.

Lampu LVD juga sudah banyak digunakan dalam keperluan lain  selain penerangan jalan. Umumnya LVD digunakan sebagai lampu penerangan jembatan, terowongan, gedung perkantoran, mall, hotel, bandara, pelabuhan, pabrik, gudang, papan reklame, ataupun stadion olahraga.

Baca Juga : 20 Rekomendasi Lampu Sorot yang Bagus dan Tahan Lama

3. Lampu Neon TL

Jenis lampu yang satu ini sering disebut juga dengan lampu fluorescent. Lampu Neon TL banyak digunakan untuk perumahan ataupun kawasan industri.

Banyak dikenal sebagai jenis lampu dengan keunggulan pemakaian daya relative lebih kecil dibandingkanlampu bohlam namun tetap menghasilkan cahaya per watt lebih tinggi dibanding lampu biasa (Incandescent lamp) menjadikan lampu Neon TL banyak dipakai.

Perbandingannya dengan lampu biasa adalah sebagai berikut :

Lampu Neon TL umumnya menghasilkan 1700 lumen pada jarak lampu 1 meter dengan kekuatan daya 32 watt. Sedang dengan jarak yang sama, 1 meter, kekuatan daya 75 watt (lebih besar) lampu bohlam biasa menghasilkan 1200 lumen (lebih kecil).

Adapun kelebihan lampu neon TL dapat dilihat sebagai berikut :

  • Lebih hemat energi dibanding lampu pijar lain
  • Lebih tahan lama usia pemkaiannya
  • Distribusi cahaya lampu lebih baik dibandingkan lampu pijar
  • Emisi panas yang dihasilkan sedikit, sehingga tidak memberikan kesan panas disekitar lampu

4. Lampu SON-T

Lampu ini merupakan lampu jalan sodium bertekanan tinggi dengan cara kerja melepaskan electron dalam tabung. Sama halnya dengan cara kerja lampu SON-X, lampu sodium bertekanan rendah.

Lampu SON-T mempunyai tekanan gas dalam tabung sekitar 250 mm Hg sehingga membuat suhu kerja tabung pada jenis lampu ini tinggi.

Pemasangan lampu SON-T biasanya memakai ignitor dari 220v menjadi 0,5 kva sebagai pemicu tegangannya.

Itulah ulasan rekomendasi lampu PJU yang banyak dicari dipasaran dan sudah banyak digunakan. Masing-masing jenis memiliki kelebihan yang dapat menjadi daya tarik serta bahan pertimbangan Anda yang sedang mencari lampu PJU.

banner seller
To Top