Insight

Perlu Diketahui! Ini Jenis-jenis Lampu LED dan Keunggulannya

jenis-jenis lampu led

Kali ini tim News Indotrading akan membahas mengenai jenis jenis lampu led dan juga kelebihannya. Jika Anda sedang mencari supplier lampu LED terpercaya, Anda bisa menemukannya di sini.

Teknologi pencahayaan semakin berkembang dari waktu ke waktu, menelurkan berbagai produk untuk menunjang kehidupan manusia.

Salah satu produk dari industri pencahayaan yang sangat berguna saat ini adalah jenis lampu Light Emitting Diode atau yang lebih dikenal dengan lampu LED.

Banyak jenis – jenis lampu LED yang dipilih oleh konsumen, selain merupakan industri pencahayaan masa depan, jenis lampu ini juga memiliki keuntungan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pendahulunya lampu pijar dan lampu neon.

Lantas, apa saja kah keunggulan lampu LED tersebut? bagaimana cara kerja dan apa saja jenis-jenis lampu LED yang ada di pasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut!

Pengertian Lampu LED?

Meskipun sering dijumpai dalam berbagai aplikasi kehidupan sehari-hari mulai dari lampu rumah, lampu motor atau mobil, senter HP, dan masih banyak lagi.

Apa sih sebenarnya lampu LED itu? Light Emitting Diode merupakan sebuah komponen elektronika yang memiliki kemampuan yang dapat memancarkan cahaya monoktomatik melalui tegangan maju.

Komponen yang satu ini termasuk ke dalam teknologi dioda karena menggunakan bahan semi konduktor untuk membuatnya.

Baca juga : Rekomendasi Lampu PJU yang Paling Banyak Dicari

Jenis – jenis Lampu LED

Nah, bagi Anda yang hendak membeli lampu LED, kenali terlebih dahulu yuk jenis-jenis lampu LED yang ada di pasaran dalam ulasan poin berikutnya!

1. Miniature LED

jenis-jenis lampu LED

Jenis lampu LED yang pertama disebut dengan miniature LED. Disebut miniature sebab ukurannya sangat kecil dan digunakan sebagai indikator ataupun untuk hiasan saja.

Jika dibandingkan dengan jenis lampu LED yang lainnya, jenis miniature dijual dengan harga yang paling murah. Anda bisa dengan mudah menemukan jenis lampu ini dalam aplikasi remote, sensor TV, radio tape, dan masih banyak lagi.

2. Super Flux LED

jenis-jenis lampu LED

Jenis yang kedua adalah super flux LED. Dimana jenis yang satu ini membutuhkan konsumsi daya yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Itu terjadi karena super flux LED memiliki dua kutub positif dan dua buah kutub negatif sehingga daya yang dihasilkan juga sangat besar.

Maka tak heran jika jenis lampu ini cocok sekali digunakan untuk lighting panggung, lampu billboard, lampu penerangan jalan, lampu taman, lampu kolam renang, dan lain sebagainya.

3. Bicolor LED

jenis-jenis lampu LED

Sesuai dengan namanya, bicolor LED merupakan jenis lampu yang dapat mengeluarkan cahaya lebih dari satu warna.

Jenis lampu LED yang satu ini dapat menghasilkan berbagai macam warna secara bergantian. Anda bisa menemukan jenis lampu ini dalam dekorasi ruangan, cafe, taman, atau untuk aksen pada mainan anak-anak.

4. Surface Mount Device LED

jenis-jenis lampu LED

Surface Mount Device LED atau yang disingkat SMD merupakan salah satu jenis lampu LED yang memiliki ukuran yang cukup kecil. Jenis LED yang satu ini bisa Anda temukan dalam berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias, sampai dengan lampu emergency.

5. Chips on Board LED

jenis-jenis lampu LED

Chips on Board LED atau yang biasa disebut LED COB merupakan jenis lampu LED yang memiliki ribuan chip yang tersusun dalam sebuah panel. Nah, lampu LED ini juga merupakan pengembangan dari teknologi SMD LED, dengan pancaran cahaya yang lebih merata.

6. High Power LED

jenis-jenis lampu LED

Dari deretan jenis-jenis lampu LED yang beredar di pasaran, jenis inilah yang mampu menghasilkan intensitas cahaya yang paling kuat. Oleh karena itu, tak heran jika jenis ini memiliki potensi untuk lebih cepat panas dibandingkan dengan LED lain.

Sehingga dalam memasang High Power LED (HPLED), hendaknya memperkirakan lokasi yang tepat. Yaitu area yang yang terbuat dari bahan penyerap panas agar lampu tetap dingin selama proses konveksi. Contoh yang paling umum dari jenis lampu LED ini adalah lampu penerangan jalan.

Setelah mengetahui mengenai jenis-jenis lampu LED yang ada di pasaran, kini saatnya Anda mengetahui jenis-jenis lampu LED berdasarkan warna dan konsumsi listriknya, berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya:

Baca juga : Cara Memperbaiki Lampu LED

Lampu LED Berdasarkan Warna dan Konsumsi Listriknya

Seiring dengan perkembangan industri pencahayaan yang semakin maju, produk lampu LED yang dihasilkan juga tentunya sangat beragam. Bahkan sekarang ini banyak produsen yang menjual lampu led dengan berbagai varian.

Kali ini, kami akan membahas mengenai jenis-jenis lampu LED dilihat dari warna dan daya listik yang dikonsumsinya, berikut adalah jenis-jenisnya:

  • LED warna Merah : 1,8 volt
  • LED warna Kuning : 2,2 volt
  • LED warna Hijau : 3,5 volt
  • LED warna Biru : 3,6 volt
  • LED warna Putih : 4 volt
  • LED warna Infra Merah : 1,2 volt

Nah, itulah tadi beberapa jenis – jenis lampu LED berdasarkan warna nyalanya serta tegangan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk arus listrik yang dibutuhkan oleh semua jenis LED tadi kurang lebih sekitar 20 mA.

Baca juga : Rekomendasi Jenis jenis Lampu Strobo Terbaik 2021

Kegunaan Lampu LED dalam Kehidupan Sehari-hari

Jenis lampu yang berteknologi LED tentunya sangat bermanfaat untuk membantu hajat hidup orang banyak. Nah, salah berikut ini kami akan membahas mengenai kegunaan lampu LED dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Lampu Penerangan Rumah
  2. Lampu Penerangan Jalan
  3. Papan Iklan (Advertising)
  4. Backlight LCD (TV, Display Handphone, Monitor)
  5. Lampu Dekorasi Interior maupun Exterior
  6. Lampu Indikator
  7. Pemancar Infra Merah pada Remote Control (TV, AC, AV Player)

Kelebihan Lampu LED

Lampu LED lebih banyak dipilih sebab banyak memiliki kelebihan jika dibandingkan jenis lampu lainnya seperti lampu pijar maupun lampu neon. Lantas, apa sajakah keunggulan dari lampu LED ini? Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Lebih Hemat Listrik

Keunggulan yang pertama yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan jenis lampu LED adalah lebih hemat listrik. Sebab, pada umumnya, lampu LED mengonsumsi daya listrik lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

Bahkan, menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa lampu LED dapat mengefisiensikan penggunaan energi hingga mencapai 60-70% lebih baik dari lampu jenis lainnya.

Tak heran jika sebagian besar hunian juga menggunakan jenis lampu ini ya agar lebih hemat!

2. Lebih Ramah Lingkungan

Hal yang membuat lampu LED didapuk sebagai jenis lampu yang ramah lingkungan adalah karena jenis lampu ini terbuat dari bahan yang bebas dari racun.

Tidak seperti lampu neon yang menggunakan merkuri dalam pembuatannya, tentu saja berbahaya bagi lingkungan. Nah, selain terbuat dari bahan yang tidak beracun, lampu LED juga bisa didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

2. Tidak Menghasilkan Emisi UV

Salah satu penggunaan lampu LED yang paling umum adalah lampu belajar untuk anak-anak. Teknologi LED dianggap aman karena tidak menghasilkan emisi ultraviolet yang bisa membahayakan kulit.

Berbeda dari jenis lampu lainnya, lampu LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared sehingga aman bagi kulit.

3. Berumur Panjang

Ini salah satu kelebihan lampu LED, yakni cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Kemampuan bertahan lampu LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam atau 2-4 kali lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu lain.

5. Lebih Aman

Sedikit orang yang tahu kalau LED punya tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan lampu jenis lainnya. LED hampir tidak mengeluarkan daya panas, berbeda dengan lampu jenis lain yang menggunakan 90% daya untuk mengeluarkan daya panas. Voltasenya yang kecil juga dapat meminimalisir resiko-resiko terkait penggunaan listrik.

Baca juga : 20 Rekomendasi Lampu Sorot yang Bagus dan Tahan Lama

Dimana Mendapatkan Supplier Lampu LED Terbaik?

Nah, jika Anda sedang mencari jenis-jenis lampu LED untuk segala kebutuhan, Anda tak perlu repot-repot kesana kemari mencari suppliernya secara langsung dengan berpanas-panasan.

Cukup klik website Indotrading, Anda bisa temukan berbagai supplier lampu LED terbaik dan terpercaya di seluruh Indonesia!

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Lampu LED Banyak Digunakan pada Hunian

Itulah beberapa informasi penting mengenai apa itu lampu LED, jenis-jenis lampu LED, dan kelebihan menggunakan lampu LED dibandingkan dengan jenis lampu lainnya yang perlu Anda ketahui. Jangan salah pilih ya, pastikan Anda mendapatkan supplier terpercayanya hanya di Indotrading!

To Top