Insight

10 Mesin Cutting Sticker Terbaik dan Tips Memilihnya 2021

mesin cutting sticker terbaik

Mesin cutting sticker terbaik adalah yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan, anda harus menimbangnya beberapa kali, selektif, serta tidak asal pilih. Ada banyak sekali pilihan yang ditawarkan mulai dari buatan lokal, Asia, bahkan buatan Eropa dengan berbagai macam harga dan kualitas yang berbeda-beda.

Mesin ini dikenal juga dengan cutting plotter, adalah mesin yang digunakan membuat atau memotong bahan menjadi bentuk tertentu dengan menggunakan control serta bantuan komputer dalam konektifitasnya.

Bahan-bahan yang bisa dipotong menggunakan mesin ini sangat bermacam-macam diantaranya polyflex, vinyl, sticker biasa, stensil dan masih banyak lagi.

Bisnis ini termasuk kedalam golongan bisnis yang memiliki banyak peluang pasar serta mampu bertahan cukup lama, sehingga dapat menghasilkan banyak keuntungan.

Agar bisnis cutting sticker yang tengah anda jalankan tidak mengalami kelesuan, anda harus dapat menghasilkan beragam inovasi yang unik dan berbeda yang dapat memancing daya tarik dari para konsumen.

Selain itu pada bisnis ini disarankan untuk tidak terlalu berlebihan dalam memberikan promosi maupun penawaran-penawaran seperti diskon. Hal ini karena jika anda terlalu berlebihan dalam memberikan beragam penawaran maka konsumen akan merasa kecewa pada saat diskon dihentikan sehingga membuat mereka terpikirkan untuk pindah ke tempat yang lain.

Jenis-jenis Mesin Cutting Sticker Terbaik

Bagi anda yang ingin memulai usaha dibidang percetakan, mesin yang satu ini tentunya wajib anda miliki. Dalam memilih mesin cutting sticker yang baik tidak hanya dilihat dari mereknya saja, kadangkala mesin buatan lokal dengan harga yang murah juga memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan mesin keluaran Eropa.

Berikut ini adalah jenis-jenis mesin cutting sticker dengan kualitas yang bagus sebagai pertimbangan anda jika ingin beli mesin cutting sticker:

Mesin Cutting Sticker Roland

mesin cutting sticker terbaik 1

Mesin ini merupakan pabrikan asal Jepang, sekaligus merupakan merek pertama yang masuk di pasaran Indonesia. Meski harganya cukup tinggi dibanding merek Jepang lainnya berkisar Rp 21 juta hingga Rp 46 juta rupiah, namun harga tersebut sebanding dengan kualitasnya. Selain itu sparepart dari merek ini juga lebih mudah didapatkan karena beberapa produsen dari Cina juga menggunakan sparepart pabrikan Roland.

Merek ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya bisa memotong secara langsung dari Corel Draw, bisa melakukan countur cut, didukung oleh servo motor, mata pisau yang mudah didapat serta memiliki sensor. Hasil pemotongannya juga berkualitas dan memiliki presisi tinggi.

Mesin ini memiliki dua tipe yaitu Roland Camm-1 Gx 24 yang memiliki area potong 58,4 cm dan Roland Camm-1 Pro Gx-500 yang memiliki area potong 137,2 cm. Tipe paling baru adalah Roland Gs24 dengan area potong 58,4 cm dan force yang lebih besar 350 gf serta tidak dilengkapi kaki.

Mesin Cutting Sticker Mimaki

mesin cutting sticker terbaik 2

Masih dari pabrikan Jepang, kualitasnya juga setara bahkan dikatakan lebih baik dari Roland namun memiliki harga yang lebih murah. Mimaki memiliki tampilan yang elegan serta kokoh.

Kelebihan dari merek ini diantaranya bisa memotong secara langsung dari Corel Draw, bisa melakukan countur cut, didukung oleh servo motor, memiliki force 500 gf sehingga bisa memotong bahan yang agak tebal.

Mimaki bisa memotong bahan seperti hasil cetakannya, memiliki kecepatan tinggi, yang lebih penting harganya lebih murah. Sayangnya sparepart untuk merek ini susah didapatkan dibanding merek lain.

Mesin ini juga memiliki dua tipe yaitu Mimaki Cg-60sriii dengan area potong 60,6 cm dan Mimaki Cg-130sriii berarea potong 137 cm.

Mesin Cutting Sticker Graphtec

mesin cutting sticker terbaik 3

Merupakan pabrikan asli Amerika yang telah diambil alih Jepang, walaupun harganya lebih murah dari kedua mesin sebelumnya namun kualitasnya tidak bisa dianggap remeh.

Kelebihan dari mesin ini yaitu adanya automatic panelling yang merupakan kemampuan membagi gambar besar menjadi beberapa bagian, mampu memotong font hingga 3 mm, bisa memotong secara langsung dari Corel Draw dan Adobe Ilustrator. Terdapat fitur print dan cut, serta memiliki sensor yang lebih canggih yakni AMRS 5.0.

Graptech dibagi menjadi dua tipe yaitu Graptech ce6000-60 dengan area potong 60 cm serta Graptech ce6000-120 dengan area potong 120cm. Mesin ini dapat dibeli seharga Rp 18 hingga Rp 42 juta.

Baca Juga: Pilihan Mesin Jahit Yang Bisa Obras Kualitas Terbaik

Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo

mesin cutting sticker terbaik 3

Mesin ini masih berada di bawah perusahaan yang sama dengan Graptech. Beberpa kelebihan dari Silhouette Cameo yaitu memiliki countur cut, hasil pemotongan yang memiliki presisi, kualitasnya lebih baik jika dibandingkan dengan pabrikan Cina, didukung software Silhouette Studio. Sayangnya mesin ini memiliki beberapa kekurangan yakni mata pisaunya yang mahal dan hanya berukuran 30 cm serta didukung Corel Draw dan Adobe Ilustrator.

Tipe terbarunya New Sihouette Cameo dengan beberapa upgrade pada hasil pemotongan yang lebih baik, suara yang lebih halus serta display touch screen. Mesin ini berukuran mini dan sering digunakan untuk membuat sticker berukuran kecil, harganya berkisar Rp 5,5 juta.

Mesin Cutting Sticker Jinka

mesin cutting sticker terbaik 4

Jinka merupakan pabrikan asal Cina, dan banyak digunakan pengusaha Indonesia. Kelebihan dari mesin ini yaitu tahan lama, harga yang murah, mata pisau bermerek Roland, tampilan yang kokoh dan elegan, memiliki area potong yang bervariasi yaitu 30 cm, 40 cm, 60 cm, serta 120 cm. kekurangan mesin ini adalah tidak memiliki fitur print dan cut.

Jinka dibagi menjadi tiga tipe yakni Jinka 361 berarea 30 cm, Jinka 721 berarea 60 cm, dan Jinka 1351 berarea 120 cm. harganya berkisar Rp 4,5 juta hingga Rp 6,5 juta. Tipe terbaru dari Jinka adalah Jinka XL dengan tiga pilihan varian XL 451E berarea 40 cm, XL 721E berarea 60cm, dan XL 1351E berarea 120cm.

Mesin Cutting Sticker Redsail

mesin cutting sticker terbaik 5

Masih pabrikan Cina, mesin ini memiliki beberapa kelebihan yang hampir sama dengan Jinka. Redsail juga merupakan mesin cutting sticker pendahulu yang dikeluarkan oleh Cina.

Redsail dibagi menjadi tiga tipe yaitu rs500c yang memiliki area potong 40 cm, rs720c berarea 60 cm, dan rs1360c berarea 120 cm. untuk membeli mesin ini anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4,5 hingga Rp 7,5 juta.

Mesin Cutting Sticker Teneth

mesin cutting sticker terbaik 6

Kualitas mesin Teneth setara dengan Jinka XL namun memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Jinka. Untuk keluaran terbarunya yakni seri T bisa digunakan untuk memotong langsung melalui Corel.

Teneth memiliki tiga tipe Th440 berarea potong 30 cm, Th740 berarea 60 cm, Th1330 berarea 120 cm dan dibanderol dengan kisaran harga Rp 4,5 juta hingga Rp 7,5 juta.

Mesin Cutting Sticker GCC I Craft

mesin cutting sticker terbaik 7

kumpulanmesincuttingsticker.com

Mesin ini adalah pabrikan Taiwan, yang memiliki kualitas yang hampir sama dengan Silhouette Cameo namun dengan kelebihan print dan cut. Tampilannya tidak cukup elegan jika dibandingkan dengan Silhouette Cameo, area potongnya 30 cm dan harganya sebesar Rp 5,5 juta.

Mesin Cutting Sticker GCC Expert

mesin cutting sticker terbaik 8

Masih pabrikan Taiwan dengan kualitas yang lebih baik, mesin yang kuat dan cepat. Kelebihan mesin ini adalah dilengkapi fitur print dan cut, hasil potong sama dengan mesin Jepang, lebih murah dari mesin Jepang namun masih lebih mahal dari mesin Cina.

Tipenya ada bervariasi yakni 24LX memiliki area potong 60 cm, 52LX berarea 120 cm. harga masing-masingnya berkisar Rp 8 hingga Rp 13 juta untuk 24LX dan Rp 17 hingga Rp 20 juta untuk 52LX.

Mesin Cutting Sticker GCC Puma

mesin cutting sticker terbaik 9

Merek ini sudah banyak digunakan oleh para pengusaha Indonesia dan termasuk dalam kategori elit. Terdapat dua tipe yakni Puma p3-60 yang memiliki area potong 60 cm seharga Rp 18 juta dan Puma p3-132s berarea potong 120 cm seharga Rp 34 juta.

Cara Memilih Mesin Cutting Sticker

Sama halnya dengan memilih mesin las potong terbaik, untuk dapat memilih mesin cutting sticker terbaik ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya:

  • Mengetahui spesifikasi dari mesin dan melihat keakuratan hasil potongannya. Semakin rumit, kecil dan rapi maka kualitasnya semakin bagus.
  • Kecepatan dan ketepatan mesin dalam melakukan pemotongan juga menjadi hal yang harus diperhatikan karena berhubungan dengan efisiensi pekerjaan.
  • Memperhatikan daya yang dimiliki mesin, karena mesin yang memiliki daya yang besar dapat memotong bahan yang berukuran lebih tebal. Selain itu daya yang besar juga dibutuhkan saat pisau mulai tumpul.
  • Seiring perkembangan teknologi maka semua pekerjaan menjadi lebih mudah. Oleh karena itu untuk memudahkan pekerjaan sebaiknya memilih mesin yang telah terintegrasi dengan software cutting.

Baca Juga: 6 Cara Membuka Bisnis Percetakan dan Rincian Modalnya

Perawatan Mesin

Indikator suatu mesin dapat bertahan lama tidak hanya dilihat dari merek dan harganya saja tetapi bagaimana cara merawat mesin tersebut. Merek-merek pabrikan China seperti Jinka dan sejenisnya membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan pabrikan negara lain karena mesin-mesin buatan China bersifat sensitif.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat mesin adalah dengan membersihkannya secara rutin menggunakan lap, membersihkan bagian motor menggunakan spray silicon.

Menggunakan stabilizer dan UPS demi menghindari terjadinya kerusakan mesin yang diakibatkan oleh arus listrik yang tidak stabil atau mati mendadak serta menghindari melakukan setting pressure yang terlalu tinggi.

Cara ini harus anda lakukan sejak pertama membeli mesin, sebagai bentuk investasi terhadap usaha anda.karena mesin yang dapat bertahan lama dapat memberikan keuntungan yang lebih pada anda. Lebih penting lagi anda harus mengikuti petunjuk pemakaian mesin guna menghindari terjadinya kerusakan pada mesin.

Prosedur semacam ini tidak hanya untuk mesin-mesin keluaran China, tapi semua mesin baik itu produk Jepang maupun Amerika demi menjaganya agar tetap bertahan lama.

Demikian adalah rekomendasi beberapa merek mesin cutting sticker terbaik yang ada di pasaran. Untuk dapat memiliki mesin ini sekarang tidak lagi sulit, anda bisa membelinya di Indotrading yang merupakan B2B marketplace yang menyediakan segala kebutuhan anda termasuk perkakas percetakan dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya peralatan percetakan, anda bahkan dapat menemukan dan memilih mesin pemotong rumput yang memiliki harga terjangkau. Berbelanja di Indotrading rasakan perbandingannya dari beberapa supplier untuk mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kebutuhan anda.

To Top