Insight

Simak Cara Memilih dan Perawatan yang Tepat Untuk Mesin Cutting Sticker

MESIN CUTTING STICKER

Untuk mempermudah orang lain mengetahui sebuah brand atau perusahaan, salah satunya melakukan promosi menggunakan sticker. Agar tampilan sticker menarik maka perlu adanya mesin cutting sticker. Dengan menggunakan mesin tersebut maka sticker yang dihasilkan lebih berbentuk dan bagus daripada menggunakan memotong secara konvensional yang terkesan lama dan lelet.

Pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas mengenai apa itu mesin cutting sticker, serta keunggulannya dalam menghasilkan sticker yang berkualitas.

Namun sebelum itu, jika Anda mencari mesin cutting sticker, Anda dapat menemukannya dengan berbagai pilihan produk terbaik, dengan kualitas serta harga terbaik di Indotrading!

Mesin Cutting Sticker

Mesin Cutting Sticker

Mesin cutting sticker merupakan mesin yang banyak digunakan untuk membuat atau memotong bahan sticker menjadi bentuk yang diinginkan dengan bantuan pisau cutting sticker. Umumnya terdapat dua jenis bahan yang dapat digunakan di mesin cutting sticker, yakni bahan biasa dan bahan reflective sheet. Penggunaan mesin ini pada proses pembuatan sticker dapat membantu menghasilkan sticker dengan potongan lebih rapi, dan jumlah yang lebih banyak.

Umumnya orang awam hanya mengetahui mesin ini dapat memotong sticker. Padahal mesin ini juga dapat digunakan untuk memotong jenis bahan material lainnya seperti polyflexvinyl, stensil, polyflock dan lain sebagainya.

Cara memilih Mesin Cutting Sticker

1. Perhatikan kekuatan Hasil Pemotongan Mesin

Untuk mendapatkan hasil potongan yang rapi maka terlebih dahulu harus mengetahui spesifikasi dari mesin cutting yang hendak digunakan. Pastikan saat hendak membelinya Anda mengetahui spefikasi serta keunggulan dari brand yang akan dibeli.

2. Hitunglah Kecepatan Pemotongan

Sebelum membeli mesin ini, usahakan untuk mengetahui kecepatan dan ketepatan mesin dalam melakukan pemotongan. Hal tersebut karena kecepatan dalam pemotongan menjadi hal yang harus diperhatikan karena berhubungan dengan efisiensi pekerjaan. Sebaiknya pilih jenis mesin yang lebar range kecepatan pemotongan, agar pekerjaan dapat selesai lebih cepat dan tepat. Mesin jenis ini biasanya juga dapat menyesuaikan kebutuhan pekerjaan yang cepat maupun lambat. Untuk menguji mesin ini Anda bisa memotong pola yang berukuran kecil dan rumit.

3. Pilih Mesin yang Berdaya Tekan besar

Saat menggunakan mesin ini, semakin besar daya tekan mesin untuk memotong sticker maka semakin besar pula kinerja mesin untuk memotong bahan yang tebal. Selain itu jika pisau pemotong mulai tumpul maka tekanan yang dibutuhkan akan lebih besar daripada kondisi normal. Oleh karena jika mesin tersebut memiliki daya tekan yang semakin besar maka kualitasnya juga akan semakin bagus.

4. Menggunakan software Cutting

Meningkatnya perkembangan teknologi pada saat, juga dapat dimanfaatkan dalam mesin cutting sticker. Pemanfaatan teknologi itu berupa software cutting aplikasi Coreldraw. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut dapat mempermudah pekerjaan. Saat ini sendiri mesin ini banyak yang beredar sudah terintegrasi dengan aplikasi Coreldraw, sehingga akan semakin memudahkan pekerjaan.

Proses Kerja Mesin Cutting Sticker

Mesin Cutting Sticker

Mesin cutting sticker merupakan jenis yang digunakan untuk memudahkan pemotongan bahan sticker dalam jumlah besar. Cara proses kerja dari Mesin ini sendiri berbeda dengan jenis mesin lainnya. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah proses kerjanya :

1. Install driver mesin pemotong sticker pada komputer anda.

2. Bukalah software CorelDraw pada komputer yang sudah tersambung dengan mesin, lalu pilih objek vektor yang akan dipotong dengan mesin cutting sticker (harus dalam bentuk vektor, bukan bitmap). Hilangkan fill color, dan munculkan outline dari gambar yang akan dipotong, seleksilah bidang outline yang akan dipotong. Arahkan mouse pada toolbox outline pen (F12). Pilih outline pen dan isi nilai ‘width’ dengan ‘0.03 milimeter’.

3. Seleksi gambar, pilih ‘file’ lalu ‘print preview’. Akan terlihat preview hasil cutting anda.

4. Klik setting – general – pilihlah driver yang sudah di install. Pilih tab preferences – advanced – paper size, pilih dengan user. Kembali lah ke menu setting print option sebelumnya. Klik tab layout – centang lah print tiled pages, dan klik ‘ok’.

Tips Perawatan Mesin Cutting Sticker

Memahami perawatan dan cara penggunaan mesin dengan benar sangat diperlukan bagi pengguna mesin potong sticker. Untuk itu berikut ini beberapa tips merawat mesin agar lebih awet dan tidak cepat rusak.

  1. Bersihkan mesin dengan menggunakan lap kain bersih secara rutin setiap selesai digunakan. Jika memungkinkan, bungkus mesin menggunakan kain pembungkus mesin agar debu tidak masuk ke dalam rangkaian elektronika di dalamnya.
  2. Usahakan untuk menggunakan stabilizer karena listrik yang tidak stabil dapat merusak mesin, biasanya dapat merusak mainboard atau komponen elektronik lainnya.
  3. Untuk meminimalisir listrik yang tak stabil, serta menghindari kerusakan mesin karena mati mendadak karena kendala listrik, Anda dapat menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply). Penggunaan UPS sangatlah dibutuhkan agar pada saat listrik mati, mesin Anda tidak ikut mati mendadak.
  4. Saat putaran motor mesin kurang lancar, hindari menggunakan oli sebagai pelumas agar putarannya lebih lancar. Sebaiknya gunakan spray silicon secukupnya pada bagian-bagian tertentu yang berputar.
  5. Pasanglah pisau pada bagian holder dengan tepat, usahakan untuk pisau tersebut tidak sampai terlalu menonjol keluar. Pisau yang terlalu menonjol akan menyebabkan kerusakan pada mata pisau beserta alasnya.
  6. Hindari menggunakan settingan pressure atau tekanan yang terlalu tinggi, aturlah kecepatan mesin secukupnya. Karena apabila tekanan yang digunakan terlalu tinggi akan memaksa mesin bekerja ekstra keras. Sehingga dalam jangka waktu tertentu dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.
  7. Usahakan untuk tidak terlalu sering mencabut, dan memasang kabel USB pada mesin. Terutama jika mesin dalam keadaan hidup atau menyala. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada board USB mesin tersebut.
  8. Sebaiknya tidak menggunakan mesin terlalu lama, berikan jeda penggunaan jika mesin sudah terasa panas. Atau untuk lebih praktis, Anda bisa menyimpan mesin sekaligus mengerjakannya dalam ruangan ber-AC.

Demikianlah pembahasan mengenai mesin cutting sticker beserta dengan cara memilih dan perawatannya. Pastikan Anda menggunakan mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Jika masih berkendala dalam memilihnya, Anda dapat membaca 10 Mesin Cutting Sticker Terbaik dan Tips Memilihnya 2021 sebagai panduan sebelum membelinya.

Anda dapat temukan berbagai pilihan mesin cutting sticker dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya, dan berkualitas di Indotrading

banner seller
To Top