Tips Bisnis

6 Cara Membuka Bisnis Percetakan dan Rincian Modalnya

cara membuka bisnis percetakan

Memiliki bisnis besar sendiri, adalah impian hampir setiap orang. Ada banyak sekali bidang bisnis yang mulai menjamur di Indonesia. Contohnya adalah bidang bisnis kuliner dan fashion. Bisnis percetakan mungkin bisa jadi ide terbaik agar tidak turut menjamur seperti halnya kuliner dan fashion.

Saat ini, ada banyak orang yang membutuhkan hasil cetak untuk undangan, banner, kaos sablon, baliho, dan lain sebagainya. Ide bisnis kreatif ini sering juga dikenal dengan sebutan bisnis digital printing. Bisnis ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Tahapan Membuka Bisnis Percetakan

Seperti yang dikatakan di awal, usaha percetakan membutuhkan modal yang cukup banyak. Hal ini diantaranya adalah karena peralatan cetak yang dijual mahal di pasaran. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini ada banyak cara yang bisa memberikan Anda modal usaha.

Hal yang jauh lebih penting untuk diperhatikan adalah mengetahui cara yang tepat untuk membuka usaha percetakan ini. Diantara caranya adalah:

  1. Gali Informasi Sebanyak Mungkin

Membuka usaha percetakan tidak semudah bisnis kuliner. Anda perlu tahu apa saja yang dibutuhkan pada bisnis digital printing ini. Mulai dari bahan dan alat yang dibutuhkan, hingga teknik yang harus digunakan dalam beberapa tahapan percetakan.

Selain itu, Anda juga butuh informasi terkait bidang cetak yang akan Anda geluti. Ada banyak bidang cetak yang selama ini dikenal oleh masyarakat. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya bukalah usaha percetakan yang hanya menjurus pada satu atau dua jenis fokus.

Misalnya, fokuslah pada bidang cetak undangan dan banner saja. Untuk melatih kemampuan di bidang ini, Anda bisa belajar dari rekan atau secara langsung kursus sesuai bidang.

  1. Cari Supplier Tetap

Bisnis percetakan tentu tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya mitra yang menyediakan kebutuhan percetakan. Salah satu contohnya adalah suplier kertas. Kertas sendiri dikenal sebagai komponen penting dalam usaha percetakan.

Mencari Supplier yang cocok dengan Anda mungkin bisa menjadi hal yang sedikit sulit. Karenanya, pastikan Anda mendapatkan suplier yang bisa dipercaya dan cocok dengan visi misi Anda. Dengan begitu, suplier tersebut bisa menjadi partner tetap Anda selama berbisnis.

  1. Memahami Setiap Proses Percetakan

Anda mungkin bisa saja mempekerjakan orang lain untuk mengolah bisnis cetak Anda ini. Namun jika Anda sendiri tidak paham proses percetakannya, maka Anda akan mudah dibodohi oleh bawahan. Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

  1. Buat Rancangan Bisnis

Diantara isi dari rancangan bisnis adalah adanya strategi bisnis. Ada banyak hal yang perlu Anda masukkan pada rancangan bisnis ini. Hal ini cukup penting dilakukan agar bisnis bisa menjanjikan, lebih terarah dan tidak mudah tumbang di tengah jalan.

  1. Pikirkan Pemasaran

Semua bisnis pasti membutuhkan pemasaran atau promosi. Di era digital seperti sekarang ini, memasarkan usaha bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis digital printing Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat iklan sendiri dengan melampirkan kartu nama bisnis cetak Anda tersebut.

  1. Pastikan Tidak Menolak Orderan

Setiap permasalahan dalam bisnis pasti bisa diselesaikan. Tidak jarang orang yang menolak orderan hanya karena bisnisnya sedang full job. Tentu hal ini sudah menjadi konsekuensi dari adanya usaha.

Karenanya, lebih baik tetap terima orderan. Perihal menyelesaikannya, Anda bisa alihkan ke pihak di luar kantor untuk menyelesaikan tugas tersebut. Anda bisa berikan tip pada petugas pihak diluar kantor tersebut.

Bagaimana Rincian Modal Percetakan?

Banyak orang bertanya-tanya, apa saja yang dibutuhkan pada bisnis percetakan? Dan bagaimana sebenarnya rincian modal yang dibutuhkan? Bagi Anda yang ingin buka usaha cetak dan ingin tahu rincian modalnya, berikut ini bisa Anda simak dengan baik:

  1. Mesin Cetak

Jenis mesin cetak ada banyak sekali. Mulai dari mesin fotocopy, printer, mesin cetak banner dan lainnya. Mesin yang harus Anda beli juga disesuaikan dengan fokus bisnis. Anda juga bisa langsung membeli berbagai kebutuhan mesin cetak di Indotrading.

Pastikan Anda juga membeli lebih dari satu buah mesin cetak. Hal ini penting dilakukan agar bisnis Anda bisa menerima lebih banyak orderan.

  1. Komputer

Selain mesin cetak, alat yang tidak kalah penting untuk dibeli adalah komputer dengan prosesor tinggi. Usahakan membeli komputer dan bukan laptop. Kecepatan komputer dengan prosesor tinggi, akan lebih efektif digunakan pada usaha percetakan.

  1. Tinta

Bahan cetak yang satu ini juga sangat penting disediakan. Belilah tinta dengan kualitas sedang hingga tinggi. Tidak hanya tinta, Anda juga bisa sediakan pewarna lain yang sesuai dengan bidang percetakan Anda.

  1. Kertas

Kertas atau bahan utama media cetak, perlu dipersiapkan dengan baik. Carilah kertas atau media cetak yang berkualitas tinggi. Semakin baik kualitas media, semakin baik pula hasil cetaknya. Contoh dalam hal ini adalah kertas untuk banner atau baliho.

  1. Aplikasi

Selain hardware, Anda juga perlu menyiapkan kebutuhan software. Salah satu contohnya adalah aplikasi desain. Aplikasi ini sangat penting untuk diinstal guna memenuhi kebutuhan pelanggan sebelum desain dicetak.

Jika memungkinkan, belilah CD khusus installer berbagai aplikasi desain. Dengan begitu, semua komputer bisa diisi dengan apilkasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  1. Mesin Pemotong Kertas

Selain mesin cetak, mesin lain yang juga banyak dibutuhkan untuk usaha percetakan adalah mesin pemotong kertas. Digital printing memang tidak jauh dari bidang cetak kertas.

Karenanya, mesin ini punya peran yang cukup penting untuk usaha Anda. Jangan lupa untuk membeli mesin pemotong kertas hanya di Indotrading.

Jika Anda ingin mencari kebutuhan bisnis percetakan berkualitas No.1, kini Anda bisa membeli semuanya secara online. Salah satu media belanja kebutuhan ini yang tepat dipilih adalah indotrading.com. Di sana Anda bisa dapatkan berbagai mesin pencetak kertas, dan peralatan lainnya.

To Top