Tips dan Trik

Tips Memilih Mesin Pemotong Rumput dan Rekomendasinya

Memilih mesin pemotong rumput, Indotrading News — Beberapa orang ada yang mendambakan untuk memiliki halaman rumah atau kebun yang indah dan ditumbuhi rumput hijau. Rumput hijau yang indah di halaman rumah dapat memberikan nuansa tenang dan pikiran akan terasa rileks.

Akan tetapi, bagi sebagian orang telah merasakan bahwa merawat rumput sangatlah merepotkan. Bahkan, beberapa orang mengambil inisiatif untuk memakai jasa layanan pemotong rumput.

Meskipun keputusan tersebut tidak salah, namun Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika mau melakukannya sendiri. Selain menghemat anggaran, tentunya Anda bisa sedikit banyak mendesain rumput yang ditanam di halaman rumah.

Merawat rumput di halaman rumah sebenarnya cukup mudah, Anda hanya memerlukan alat atau mesin pemotong rumput saja. Namun, banyak macam mesin pemotong rumput yang memiliki kegunaan berbeda untuk kondisi rumput yang akan dipotong. Maka dari itu, Anda harus tahu tips memilih mesin pemotong rumput. 

Berikut ini, Indotrading akan memberikan seputar tips memilih mesin pemotong rumput yang tepat dan rekomendasi beberapa mesin pemotong rumput untuk Anda.

Tips Memilih Mesin Pemotong Rumput

Dalam memilih mesin pemotong rumput, ada beberapa hal penting yang harus menjadi pertimbangan bagi Anda. Misalnya dengan mempertimbangan pilihan jenis mesin, jenis pisau, dan mesin penggeraknya. Secara detail, beberapa ini tips-tips memilih mesin pemotong rumput yang penting untuk bahan pertimbangan Anda. 

1. Pertimbangkan Luas Lahan atau Halaman

Perlu bagi Anda untuk memperhatikan seberapa luas halaman yang akan dibersihkan. Tindakan ini sangat penting untuk memilih jenis mesin pemotong rumput. Secara umum, mesin pemotong rumput dibedakan menjadi tiga yaitu manual, elektrik, dan mesin. 

Tipe mesin biasanya dipakai di wilayah yang luasnya lebih dari 330 meter persegi. Tipe ini sangat jarang dipakai di rumah karena harganya yang mahal dan perawatannya yang cukup rumit. Maka dari itu, jenis mesin yang ideal untuk adalah pemotong rumput manual atau pemotong rumput elektrik. 

Untuk luas halaman atau lahan kurang dari 15 meter persegi, maka sebaiknya Anda menggunakan mesin pemotong rumput manual. Mesin ini hanya membutuhkan tenaga tangan Anda. Perawatan halaman yang tidak terlalu luas tidak akan membuat Anda kehilangan banyak energi dan waktu. Selain itu, mesin pemotong manual lebih mudah disimpan dan dirawat. 

Jika halaman rumah Anda lebih dari 15 meter persegi, Anda bisa menggunakan pemotong rumput elektrik, baik yang portable maupun yang menggunakan listrik. Namun, untuk penggunaannya harus hati-hati karena alat ini sangat sensitif dan memerlukan perawatan khusus. Sebaiknya Anda membaca lebih detail petunjuk penggunaanya.

2. Pertimbangkan Kondisi Rumput di Halaman

Kondisi rumput di halaman mempengaruhi keputusan untuk memilih mata pisau yang digunakan pada mesin pemotong rumput. Mata pisau tersebut dapat diklasifikasikan menjadi tipe reel dan rotary, khusus untuk jenis mesin elektrik. Sedangkan untuk mesin manual hanya ada tipe rotary saja. 

Kondisi rumput yang tidak terlalu panjang pilihlah mata pisau tipe reel. Sedangkan untuk rumput yang panjang, lebih cocok menggunakan rumput yang panjang.

3. Pertimbangkan Volume Rumput

Setiap mesin pemotong rumput memiliki daya cutting width (lebar pemotong). Semakin luas cutting width mesin tersebut, maka semakin banyak jumlah rumput yang bisa dipotong dalam satu waktu dan aktivitas memotong rumput akan lebih efisien. 

Namun, bukan berarti semakin luas cutting width akan semakin efektif untuk rumput di halaman rumah Anda. Mesin rumput yang memiliki cutting width luas akan sulit untuk melakukan manuver kecil. Maka dari itu, pilihlah cutting width yang sesuai dengan volume rumput di halaman rumah Anda.

Rekomendasi Mesin Pemotong Rumput

Setelah tahu tips dalam memilih mesin pemotong rumput yang sesuai dengan halaman rumah Anda, maka Anda sudah memiliki bayangan terhadap mesin pemotong rumput yang akan Anda pilih. Berikut ini, Indotrading merekomendasikan 5 mesin pemotong rumput yang terbaik untuk Anda.

1. Katana PR-328A

Mesin Pemotong Rumput Katana PR-328A merupakan rekomendasi terbaik, karena alat ini cukup mudah digunakan. Anda bisa dengan mudah merapikan pekarangan, menghias tanaman, dan memotong rumput liar. Selain itu, mesin pemotong rumput ini berfungsi sebagai pengendalian gulma. 

Produk ini merupakan menggunakan bensin dan oli sebagai bahan bakar utamanya, sehingga dijamin lebih kuat dan awet untuk digunakan memangkas rumput di pekarangan yang cukup luas. Katana PR-328A dilengkapi dengan tameng (shield) di bagian mata pisaunya untuk memberikan keamanan saat digunakan. 

2. ATEX RX-55OA

Mesin pemotong rumput ATEX RX-55OA merupakan salah satu mesin pemotong rumput untuk lahan gambut. Mesin ini memiliki cutting width yang tidak terlalu lebar, sehingga cocok juga digunakan untuk lahan atau halaman yang tidak terlalu luas. Kinerja dari mesinnya tidak diragukan lagi karena menggunakan mesin berteknologi Jepang, yaitu  Kawasaki FJ180G.

3. Yamakoyo Bg 328

Yamakoyo Bg 328 merupakan mesin pemotong rumput yang sangat bisa diandalkan untuk merapikan rumput-rumput di halaman rumah Anda. Mesin yang digunakan pada alat ini memiliki 2 siklus udara berupa silinder yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Kecepatan perpindahannya mencapai 32 Cc karena menggunakan transistorized elektronik.

Mesin pemotong rumput ini menggunakan campuran bahan bakar bensin dan minyak dengan perbandingan 25 1 : 1. Pisau Pemotong yang digunakan memiliki  2 Gigi dengan ukuran 30,5 X 9 cm. 

4. Firman Fgb338i

Firman Fgb338i juga termasuk salah satu mesin pemotong rumput yang memiliki kualitas terpercaya dengan penggunaan sparepart berteknologi Asia namun berkualitas Eropa. Meskipun menggunakan mesin 2 Tak Piston Tunggal, namun mesin pemotong rumput ini memiliki daya potong yang ampuh. 

Selain itu, sudah dilengkapi pula dengan Pendingin Dengan Angin. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan daya tampung pada tangki sebanyak 25 liter.

 

5. Daiho GX-35

Mesin Pemotong Rumput Daiho GX-35 menggunakan mesin 4 TAK dan memanfaatkan bensin dan oli sebagai bahan bakarnya. Mesin pemotong rumput ini dijamin sangat tangguh jika dibandingkan dengan mesin pemotong rumput yang menggunakan baterai. 

Mata pisau yang digunakan sangat relevan dengan kecepatan yang tinggi dari motor mesin ini sehingga untuk memotong dan memangkas tanaman menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain 5 rekomendasi mesin pemotong rumput di atas, masih banyak pilihan mesin terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Temukan sekarang supplier mesin pemotong rumput terbaik hanya di website Indotrading.

To Top