Insight

Jenis dan Arti Perbedaan Warna pada Rompi Safety K3

Sudah tidak asing lagi, rompi safety menjadi salah satu alat keselamatan kerja yang banyak digunakan, terlebih untuk para pekerja lapangan. Rompi safety memiliki jenis yang tampak sama, namun ternyata rompi safety memiliki  ciri, dan fungsi yang berbeda berdasarkan warna nya. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Arti Perbedaan Warna Rompi Safety K3 yang perlu Anda Ketahui.

Di Indotrading, Anda bisa menemukan berbagai jenis rompi safety sesuai kebutuhan dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indonesia.

Baca Juga : Melihat Peluang Bisnis Alat Safety Selama Pandemi

Apa itu Rompi Safety K3 ?

Rompi safety K3 merupakan salah satu jenis pakaian kerja yang masuk kedalam kategori alat safety. Rompi safety umumnya digunakan oleh para pekerja lapangan atau proyek diantaranya seperti pekerja konstruksi, pekerja lalu lintas, dan teknisi dengan intensitas dan mobilitas kecelakaan kerja yang tinggi. 

Sama halnya seperti sarung tangan safety, rompi safety K3 juga digunakan dengan tujuan melindungi diri serta mengurangi resiko kecelakaan kerja pada para karyawan atau pekerja yang dapat terjadi sewaktu – waktu saat bekerja. Sebagai salah satu alat keamanan dalam bekerja, Rompi safety K3 dibuat dan dirancang menggunakan material dan fitur keselamatan khusus, sehingga dapat digunakan untuk perlindungan diri saat bekerja secara maksimal. 

Rompi safety K3 dibuat dari berbagai bahan material yang telah disesuaikan dengan jenis pekerjaannya. Umumnya material yang digunakan untuk membuat rompi safety K3 adalah bahan jaring, bahan polyester, busa serta bahan polyester tebal yang disusun menjadi tiga bagian material dengan desain tingkat visibilitas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah dilihat dan dikenali. 

Tiga bagian susunan material tersebut adalah material background, material retroreflective, serta material kombinasi performa. Material background merupakan material bagian dasar pembentuk keseluruhan pada rompi safety K3.

 Material background ini dibuat dengan menggunakan warna menyala seperti kuning stabilo, merah dan orange terang dengan tujuan dapat dikenali dengan mudah.

Material retroreflective merupakan material pada bagian pita rompi yang memiliki fungsi untuk memantulkan kembali cahaya dari sumber cahaya yang didapatkannya sehingga akan memberikan penerangan cahaya tambahan.

Serta yang terakhir adalah materil kombinasi performa, yang merupakan bahan material gabungan dari bahan dasar background menyala dan dapat memantulkan cahaya.

Baca Juga : Ketahui Bagaimana Cara Mencuci Kain Dupont Nomex® yang Benar

Jenis – Jenis Rompi Safety

Menyesuaikan jenis pekerjaannya, jenis-jenis rompi safety k3 dapat dibedakan menjadi lima kategori performa rompi. Masing-masing performa memiliki keunggulan dan spesifikasi tersendiri. Lima kategori performa rompi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Rompi safety K3 Performa 1

Rompi safety K3 performa 1 merupakan jenis rompi keselamatan yang memiliki sedikit standar keselamatan kerja. Rompi safety performa 1 ini memiliki ciri dan spesifikasi warna background material dasar nya tidak terlalu menyala dengan bahan material retroreflective dan kombinasi performa nya yang sangat sedikit yakni 155 inc.

Masuk ke dalam standar rendah rompi keselamatan, jenis ini tidak dianjurkan untuk dijadikan rompi keselamatan utama bagi para pekerja lapangan atau konstruksi bangunan.

2. Rompi Safety K3 Performa 2

Sedikit diatas standar rompi sebelumnya, rompi safety K3 performa 2 merupakan rompi keselamatan kerja yang memiliki standar spesifikasi tidak jauh berbeda dari performa 1.

Rompi ini memiliki ciri warna material background kuning stabilo dengan tingkat kecerahan standar dan spesifikasi bahan material retroreflective dan kombinasi performa sebesar 201 inch. Rompi jenis ini dianjurkan untuk kegiatan pekerjaan lapangan pada siang hari.

3. Rompi Safety K3 Performa 3

Rompi keselamatan selanjutnya adalah performa 3. Jauh diatas standar dari performa 1 dan 2, rompi safety k3 performa 3 ini memiliki ciri warna material background terang menyala dengan tingkat visibilitas dan konspikuitas paling tinggi. 

Jenis rompi ini memiliki bagian lengan baik panjang maupun pendek layaknya pakaian baju pada umumnya. Hal tersebut yang menjadi ciri utama dari rompi sebelumnya yang tidak memiliki bagian lengan.

Dengan spesifikasi material retroreflective tinggi yakni sebesar 310 inch dan material background 1240 inch, rompi jenis ini sangat dianjurkan untuk digunakan para pekerja dengan tingkat resiko kecelakaan kerja tinggi, terlebih saat malam hari ataupun pada lokasi yang minim pencahayaan.

4. Rompi Safety Performa Kelas E

Selanjutnya adalah rompi keselamatan kategori performa kelas E. Meskipun umumnya rompi dikenakan merupakan pakaian keselamatan yang digunakan di bagian atas badan para pekerja, namun ada juga rompi keselamatan yang digunakan di bagian bawah badan pekerja, seperti rompi performa kelas E. 

Kategori performa ini merupakan jenis rompi pendukung untuk rompi sebelumnya. Kebanyakan kategori performa kelas E ini berbentuk celana baik panjang maupun pendek, pakaian terusan atau lebih dikenal dengan overalls, serta gaiters dengan spesifikasi material retroreflective dan kombinasi performa standar sebesar 108 inch.

5. Rompi Safety Keselamatan Publik

Jenis terakhir adalah rompi safety keselamatan publik. Rompi ini merupakan jenis rompi yang dapat digunakan oleh banyak jenis pekerjaan, dan tidak sebatas para pekerja konstruksi ataupun teknik. Meskipun pada penggunaannya rompi ini lebih banyak digunakan untuk para pemadam kebakaran, pekerja medis maupun para pekerja lalu lintas seperti polisi.

Rompi jenis ini memiliki jenis spesifikasi material background serta retroreflective dan performa yang tinggi sehingga dapat dan dianjurkan untuk digunakan di semua kondisi baik dalam pencahayaan terang, ataupun minim pencahayaan. 

Baca Juga : 9 Tips Memilih dan Membeli Sepatu Safety Sesuai Jenis Pekerjaan

Arti Perbedaan Warna pada Rompi Safety K3

Setelah mengetahui jenis – jenis rompi safety, ada baiknya untuk tahu juga mengenai Arti perbedaan warna pada rompi safety. Pasalnya, masih banyak yang mengira bahwa semua jenis rompi safety dengan berbagai warna yang umumnya menyala tersebut dapat digunakan pada semua situasi dan jenis pekerjaan. 

Umumnya warna rompi safety k3 adalah merah, hijau / kuning stabilo, serta orange. Ketiga warna tersebut memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Berikut pembahasan arti perbedaan warna pada rompi safety K3 :

1. Rompi Warna Merah

Rompi keselamatan warna merah umumnya banyak digunakan oleh para pekerja lapangan yang memiliki mobilitas gerak yang tinggi baik di siang ataupun malam hari seperti petugas bandara, petugas pemadam kebakaran dan sebagainya. Sama seperti rompi keselamatan lainnya, rompi jenis ini memiliki material menyala yang terdapat di bagian dalam rompi.

2. Rompi Warna Orange

Warna rompi selanjutnya adalah warna orange. Rompi dengan warna orange menyala ini merupakan rompi yang paling sering digunakan para pekerja lapangan yang bekerja pada proyek konstruksi. Umumnya rompi warna orange ini dibuat dari bahan material jaring dengan ketahanan bahan yang kuat. 

Banyak digunakan sebagai rompi proyek konstruksi dan semacamnya, biasanya rompi warna orange ini juga dilengkapi dengan banyak kantong saku dengan tujuan memudahkan pekerja menyimpan peralatan kerjanya.

3. Rompi Warna Hijau/Kuning Stabilo

Terakhir warna rompi yang banyak digunakan adalah hijau terang mendekati kuning stabilo. Warna nya yang terang menyala banyak digunakan untuk jenis pekerjaan proyek. Namun warna rompi yang satu ini juga banyak digunakan untuk pekerja lalu lintas, penjaga keamanan, petugas kebersihan, atau para pengendara motor.

Biasanya rompi dengan warna ini banyak dibuat dengan menggunakan material bahan polyester dengan tingkat visibilitas kecerahan warna yang tinggi.

Itulah pembahasan mengenai jenis dan arti perbedaan warna pada rompi safety k3. Masing-masing jenis dan perbedaan warna tersebut menjadi identitas pekerjaan tertentu yang juga memiliki fungsi berbeda menyesuaikan pekerjaannya. 

Baca Juga : Ampuh Lindungi Mata dari Cidera, Kenali Berbagai Jenis Kacamata Safety dan Cara Memilihnya!

Anda dapat menemukan berbagai jenis rompi safety k3 dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading.

banner seller
To Top