Insight

25 Jenis-jenis Alat Safety Beserta Fungsi dan Penjelasannya

jenis jenis alat safety

Jenis jenis alat safety atau alat pelindung diri (APD) adalah pakaian dan perlengkapan yang dikenakan oleh karyawan, pelajar, kontraktor atau pekerja lainnya untuk melindungi tubuh mereka dari bahaya di tempat kerja. Alat safety ini merupakan perlengkapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang harus dipatuhi oleh semua perusahaan.

Jenis jenis Alat Safety Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Alat safety ini harus digunakan untuk menghindari adanya bahaya di tempat kerja. Perusahaan harus menyediakan kepada karyawannya, pakaian dan peralatan pelindung pribadi yang memadai untuk melindunginya dari bahaya di tempat ia bekerja. Apa saja ya alat-alat perlindungan diri ini?

Helm Keselamatan

jenis jenis alat safety 1

Jika Anda bekerja di lokasi konstruksi, atau tempat kerja di mana benda berat dan mesin beroperasi, jangan lupa memakai helm pengaman atau safety helmet. Ada banyak industri dan sektor di mana terdapat risiko cedera kepala. Untuk melindungi pekerja dari cedera ini, penting untuk menggunakan perlengkapan keselamatan yang tepat.

Memakai helm safety di lapangan tidak hanya penting, tapi juga wajib sesuai dengan undang-undang program keselamatan dan kesehatan kerja. Helm memberikan perlindungan kepada pekerja dari benturan kepala yang kuat, luka listrik dan luka tembus, yang dapat disebabkan oleh benda jatuh yang berat.

Kacamata Safety

jenis jenis alat safety 2

Kacamata safety merupakan bagian dari alat pelindung diri yang dipakai oleh para pekerja untuk memberikan perlindungan pada mata. Kacamata pengaman berfungsi sebagai pelindung untuk melindungi mata dari segala jenis kotoran asing yang dapat menyebabkan iritasi atau cedera.

Semua kacamata pengaman melindungi mata dari bahaya. Bahaya tersebut dapat timbul dari Puing-puing padat yang beterbangan percikan bahan kimia cair, dampak dari pemindahan mesin panas, percikan api dan lampu  selama pengelasan dan pemotongan logam dll.

Ada banyak jenis kacamata safety, namun biasanya bingkai kacamata pengaman terbuat dari nilon dan terdapat pelindung di samping untuk menajaga mata.

Sarung tangan

jenis jenis alat safety 3

Sarung tangan safety mengurangi karyawan terpapar cairan yang membahayakan. Alat safety satu ini harus selalu ada di setiap tempat kerja untuk melindungi dari paparan virus atau cairan yang membahayakan pekerja. Staf pekerja yang alergi lateks juga tetap harus disediakan jenis sarung tanga lainnya, bisa dari bahan nitril maupun sarung tangan vinil

Masker

Masker merupakan alat yang dapat digunakan untuk mencegah penyebaran infeksi saluran pernafasan. Masker adalah salah satu jenis alat pelindung diri yang digunakan untuk mencegah penyebaran infeksi saluran pernapasan. Masker menutupi mulut dan hidung pemakainya.

Dengan alat safety satu ini, maka bisa efektif membantu mencegah penularan virus dan bakteri pernapasan. Masker bisa mencegah virus pernapasan yang menyebar melalui tetesan dan menyebar dalam jarak pendek atau ditularkan melalui batuk dan bersin.

Respirator

jenis jenis alat safety 4

Respirator  N95 memblokir 95% partikel di udara. Respirator adalah alat untuk melindungi pekerja dari menghirup zat berbahaya, seperti bahan kimia dan partikel infeksius. Respirator bekerja dengan cara menyaring partikel dari udara, membersihkan secara kimiawi (memurnikan) udara atau memasok udara bersih dari sumber luar. Respirator juga melindungi penggunanya dari bahan kimia, gas dan kabut.

Face Shield

jenis jenis alat safety 6

Face shield adalah pelindung wajah dari bahan plastik yang memberikan perlindungan pada seluruh wajah. Face shield dapat memainkan peran penting dalam mencegah virus karena memberikan perlindungan tingkat tinggi bagi pemakainya karena menutupi seluruh wajah  mulut, hidung dan mata. Face shield bisa mencegah partikel virus mengenai pemakainya. Alat safety satu ini bisa dibilang paling baik untuk melindungi dari batuk dan bersin.

Penutup Telinga

jenis jenis alat safety 7

Pelindung untuk alat pendengaran sangat diperlukan untuk mencegah gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

Perangkat pelindung pendengaran atau ear muff mengurangi jangkauan kebisingan yang menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam. Ear muff adalah jenis APD yang paling umum dan diperlukan bagi karyawan yang terpapar tingkat kebisingan  lebih besar dari rata-rata 85 desibel selama periode delapan jam.

Ear-plug

jenis jenis alat safety 8

Ear-plug adalah perangkat yang dimasukkan ke dalam saluran telinga pekerja untuk melindungi mereka dari paparan suara keras. Ear-plug tersedia dalam berbagai bentuk, kebanyakan dibuat dari plastik lunak, PVC, silikon dan poliuretan. Ear-pug memberikan redaman suara yang baik saat dipasang dengan benar.

Jenis jenis alat safety seperti earplug tergantung pada masing-masing kebutuhan dan preferensi pribadi. Ada juga beberapa earplug spesialis untuk individu yang bekerja dalam pekerjaan tertentu.

Coverall

jenis jenis alat safety 9

Coverall adalah setelan baju longgar yang menawarkan perlindungan terhadap kontaminan r di area tubuh. Coverall pada dasarnya adalah setelan pelindung seluruh tubuh, biasanya dikenakan di atas pakaian pribadi, dan dapat melindungi pekerja dari sejumlah bahaya, termasuk bahaya yang bersifat kimiawi, mekanis, termal atau biologis.

Baju dapat dibuat dari berbagai bahan, menawarkan ketahanan yang berbeda terhadap banyak bahaya di tempat kerja. Baju pelindung melindungi tubuh dari pergelangan kaki hingga pergelangan tangan dan baju pelindung sekali pakai memiliki penutup kepala untuk melindungi kepala. Baju dibutuhkan di berbagai industri yang bervariasi seperti pertanian, petrokimia, makanan, mekanik, tanggap darurat dan industri padat karya lainnya.

Rompi Pengaman

jenis jenis alat safety 10

Rompi pengaman adalah perlengkapan pelindung diri yang dirancang untuk memiliki visibilitas dan daya pantul yang tinggi. Biasanya dipakai oleh polisi lalu lintas dan pekerja yang terlibat dalam konstruksi, pekerjaan jalan, pekerjaan kereta api.

Rompi pengaman juga digunakan oleh dan mereka yang bekerja di pelabuhan, bandara, pekarangan, kebakaran, layanan penyelamatan, layanan darurat dan pekerjaan utilitas di mana cuaca buruk atau jarak pandang rendah mungkin menjadi masalah. Pemakai rompi pengaman mudah dideteksi karena warnanya yang mencolok sehingga dapat membantu pihak lain.

Sepatu Safety

Sepatu safety dapat memberikan perlindungan bagi pekerja, sesuai dengan standar dan hukum. Siapapun yang bekerja dengan mesin berat, barang berbahaya dan bahan kimia harus memakai sepatu safety yang sesuai untuk memastikan tidak terjadi kecelakaan. Sepatu safety dirancang untuk memberikan perlindungan dari risiko tersetrum listrik, tergelincir, dan terkena tumpahan bahan kimia.

Tips memilih sepatu safety adalah carilah yang dilengkapi dengan sol anti selip, bahan yang melindungi kaki dari benda jatuh dan bahan pelindung logam atau non-logam, untuk perlindungan pada jari kaki.

Boots Safety

Boots safety adalah sepatu yang dibuat dengan penguat pelindung di bagian depan sehingga cukup tahan lama. Cara merawat sepatu safety jenis ini adalah dengan rajin membersihkannya. Boots membantu melindungi jari-jari kaki dari benda yang jatuh atau segala jenis kompresi.

Alat ini biasanya dipasang dengan pelat tunggal di sol utama untuk mencegah kebocoran yang mungkin datang dari bawah. Sepatu bot safety merupakan jenis alas kaki pengaman yang dilengkapi tutup pelindung kaki dengan banyak fitur keselamatan seperti  sol anti selip, sol tengah tahan penetrasi dan insulasi terhadap suhu panas dan dingin yang ekstrim.

Jaket Pengaman

Jaket pengaman adalah alat keamanan yang sangat penting dalam industri konstruksi dan gudang. Jaket adalah salah satu dari banyak aspek yang menjamin keselamatan pekerja saat akan bertugas setiap harinya. Jaket pengaman memiliki sejumlah fitur dimulai dari desainnya.

Bahan jaring yang dibuat mengurangi bobot yang mungkin ditambahkan ke tubuh. Kadang-bahan yang terbuat dari jaket pengaman bahkan membuatnya hampir begitu ringan sehingga seseorang bahkan tidak ingat telah memakainya. Kebanyakan jaket keselamatan memiliki nama atau logo perusahaan di bagian belakang untuk membantu mengidentifikasi pekerja dari perusahaan apa.

Life Vests

Life Vests adalah alat safety yang dipakai saat pesawat melakukan pendaratan air secara darurat. Alat ini bisa ditemukan di bawah kursi atau sandaran tangan, dll sehingga bisa langsung dilepas. Kematian karena tenggelam adalah tragedi yang dapat dicegah.

Mengenakan life vest atau jaket pelampung adalah salah satu teknik penyelamatan hidup yang sederhana.Alat safety ini adalah komponen kunci dari keselamatan pekerja yang memang tugasnya adalah di udara maupun laut.

Belt Safety

Sabuk pengaman atau belt safety ini adalah perangkat yang dikenakan di sekitar pinggang seseorang dan berfungsi sebagai titik koneksi langsung ke tali penyelamat. Alat ini dipakai untuk menahan tubuh agar tidak mudah jatuh dan melindungi pekerja dari penurunan mendadak dan bahaya terkait saat bekerja di ketinggian.

Pekerja mungkin diminta untuk memakai sabuk pengaman atau peralatan penahan jatuh lainnya saat bekerja di ketinggian untuk mengaplikasikan cat pencegah korosi, semprotan atau bahan kimia.

Alat ini  juga dapat dikenakan saat melakukan inspeksi korosi atau mengumpulkan sampel logam dan data untuk analisis. Semua peralatan keselamatan harus selalu diperiksa dengan cermat sebelum digunakan.

Body Harness

Body harness adalah alat safety yang dirancang untuk menahan pemakainya agar tetap tegak saat jatuh dari ketinggian. Jika dikenakan dengan benar, body harness akan mendistribusikan energi yang dihasilkan selama pemakainya jatuh bebas.

Dengan alat ini, maka otomatis bisa mengurangi potensi cedera serius. Body harness harus menjadi pilihan pertama sebagai alat pengaman saat bekerja di ketinggian. Alat ini bisa menopang semua bagian tubuh termasuk; pinggul, kaki, dada dan bahu.

Tali Pengaman

Tali pengaman adalah bagian penting lainnya dari alat safety. Tali pengaman merupakan sistem penahan jatuh yang aktif mengamankan tubuh. Tali pengaman bermanfaat menopang tubuh pekerja dengan aman, jika terjadi kecelakaan. Selain itu, perkerja dapat bebeas bergerak dan melakukan pekerjaannya secara efektif.

Tali pengaman menggabungkan fitur sabuk pengaman duduk, yang menopang pinggul dan kaki bagian atas, dan sabuk pengaman dada, yang menopang bahu dan dada. Ketika digunakan dengan benar, desain alat ini akan menjaganya tetap tegak selama bekerja.

APAR Safety

APAR adalah alat pemadam kebakar yang menjadi salah satu benda yang harus ada di industry dan pabrik manapun. Penggunaan alat pemadam kebakaran yang tepat bisa mencegah terjadinya kebakaran dalam sebuah gedung. Meskipun penggunaan alat ini memiliki beberapa risiko seperti iritasi ringan pada pernapasan, kulit, atau mata.

Nah, APAR Safety ini tidak boleh digunakan di area dengan aliran udara yang buruk, penggunaan dengan sengaja untuk menyakiti seseorang. Seseorang juga dilarang untuk menghirup alat pemadam kebakaran dengan sengaja karena itu dapat menghasilkan toksisitas yang serius dan memerlukan evaluasi medis.

Detektor

Detektor, atau transduser radiasi adalah perangkat apa pun yang mengubah sejumlah radiasi menjadi fenomena terukur lainnya. Pada akhirnya, sebagian besar fenomena terukur lainnya akan terikat pada sinyal listrik. Ada dua jenis jenis alat safety detektor utama: detektor foton dan detektor termal. Semua detektor memiliki karakteristik yang hampir sama.

Detector pada umumnya harus merespons perubahan intensitas cahaya saat terjadi insiden. Kemampuan merespon diekspresikan oleh besaran seperti responsivitas, sensitivitas, dan dynamic range. Sensor dari detektor juga harus merespons perubahan yang cepat dalam intensitas cahaya yang terjadi agar dapat dihitung dengan konstanta waktu detektor.

Detektor harus memiliki sinyal gelap minimal ketika tidak ada cahaya yang mengenai detektor. Detektor harus memiliki tingkat kebisingan yang dapat diterima. Kebisingan adalah sinyal yang tidak diinginkan dari sumber lain selain sinyal yang diinginkan.

Detector Asap

Detektor asap adalah perangkat proteksi dari kebakaran elektronik bekerja secara otomatis mendeteksi asap, sebagai indikasi utama kebakaran, dan membunyikan peringatan kepada penghuni gedung.

Detektor asap komersial dan industri mengeluarkan sinyal ke panel kontrol alarm kebakaran sebagai bagian dari sistem alarm kebakaran pusat gedung.

Safety System

Safety system adalah sistem darurat untuk membuang gas selama kondisi tidak normal, dengan cara manual atau terkontrol atau dengan katup pelepas tekanan otomatis. System ini juga bekerja dengan bejana bertekanan atau sistem perpipaan dan atmosfer untuk menghilangkan tekanan yang melebihi tekanan kerja maksimum yang diizinkan.

Pressure Relief Valve (PRV)

PRV atau katup pelepas tekanan dirancang sebagai perangkat pengaman untuk digunakan pada transformator daya dan peralatan listrik yang diisi oli. Ketika tekanan dalam tangki naik melebihi batas aman yang telah ditentukan, PRV beroperasi dan mengurangi tekanan dalam tangki dengan membuka port sekitar 150 mm

Alarm Kebakaran

Alarm kebakaran adalah salah satu alat safety yang dapat Anda pertimbangkan untuk dimiliki agar bisa mengelola risiko kebakaran di suatu gedung. Jika Anda belum memasang alarm kebakaran di gedung komersial Anda, pertimbangkan untuk menambah alat ini secepat mungkin.

Jangan lupa untuk melakukan inspeksi dan pengujian yang berkelanjutan. Alasan nomor satu memasang alarm kebakaran adalah untuk membuat bangunan aman bagi karyawan, pelanggan, dan semua orang.

Alarm dibekali dengan detektor asap dan panas, sirene dan bel, serta lampu strobo sehingga bisa mendeteksi kebakaran dan memperingatkan penghuni gedung jika terjadi hal yang buruk.

Raincoat

Alat safety satu ini sebenarnya merupakan jas hujan, namun fungsinya untuk para pekerja kontraktor adalah lebih dari sekedar melindungi dari hujan. Nah, jas hujan khusus ini mempunyai fungsi agar bisa memberikan perlindungan untuk semua pekerja dari panas maupun api. Jadi fungsinya tidak hanya melindungi dari percikan air saja, ya!

Kotak P3K

Terakhir, adalah kotak P3 yang berisikan berbagai macam obat-obatan. Bisa dibilang kotak P3K ini adalah alat safety yang harus ada di berbagai macam bidang pekerjaan apapun. Isinya bisa antiseptik, kain kasa, plester luka, pinset, obat pusing, mual, dan lain sebagainya.

Buat Anda yang memerlukan alat safety, beli alat safety di IndoTrading saja. Perusahaan kami adalah salah satu perusahaan yang bisa memenuhi segala macam kebutuhan Anda. Mau face shield, masker, respirator, coverall dan lain sebagainya, semua bisa Anda beli di IndoTrading! Yuk, lengkapi jenis jenis alat safety Anda hanya di IndoTrading!

To Top