Insight

9 Tips Memilih dan Membeli Sepatu Safety Sesuai Jenis Pekerjaan

tips memilih sepatu safety

Tips memilih sepatu safety sudah pasti berbeda dengan tips fashion shoes yang biasanya hanya berdasarkan pada trend dan model. Terlebih lagi, sepatu safety merupakan salah satu alat pelindung diri (APD).

Memilih sepatu yang salah dapat meningkatkan potensi kaki cedera, dan bahkan kecelakaan kerja. Oleh karena itu, disarankan memilih produk yang sesuai jenis pekerjaan.

Umumnya sepatu safety memiliki fitur berupa besi pelindung dan anti slip yang berfungsi menunjang performa penggunanya.

Meskipun begitu, di era modern ini sepatu safety ternyata bukan hanya dikhususkan untuk pekerja, tapi juga para adventurer yang suka bertualang juga. Apalagi saat ini berbagai macam model safety shoes banyak dijual dipasaran.

Identifikasi Benda/Peralatan Berbahaya di Tempat Kerja

  • Melakukan identifikasi peralatan kerja yang dikategorikan sebagai benda tajam dan dapat melukai kaki saat bekerja.
  • Memperhatikan benda yang memiliki kemungkinan untuk menggelinding saat digunakan bekerja. Karena bisa berpotensi melukai kaki dan membuat Anda terjatuh.
  • Material sol sepatu disesuaikan dengan kondisi permukaan tanah atau lantai. Apakah berlumpur, berpasir, berminyak, dan lainnya.
  • Mengenali area yang memiliki potensi bahaya besar, seperti tempat penyimpanan bahan kimia, kabel-kabel arus pendek, termal dan banyak lagi.

Baca juga : Cara Merawat Sepatu Safety

9 Tips Memilih Sepatu Safety Terbaik

tips memilih sepatu safety

1. Material Bahan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli sebuah produk sepatu safety adalah bahannya. Bagaimanapun, material bahan dapat menjadi penentu kualitas dari suatu produk.

Untuk pekerjaan outdoor di tempat yang becek dan berlumpur, maka disarankan membeli sepatu dengan sol yang terbuat dari bahan nitrile atau karet.

2. Ukuran Sepatu

Jangan lupa kalau dalam menjalankan pekerjaan, Anda juga perlu memprioritaskan kenyamanan sepatu yang dipakai. Oleh karena itu, pilihlah ukuran yang sesuai dengan diameter kaki (tidak terlalu besar atau kecil).

Untuk menghindari sepatu terasa sesak saat digunakan, sebaiknya pertimbangkan tebal kaus kaki yang biasa dipakai sehari-hari.

3. Memperhatikan Fitur Sepatu

Tidak semua produk sepatu safety dirancang dengan fitur yang sama. Oleh karenanya, penting untuk selalu mempertimbangkan sesuai jenis pekerjaan.

Contohnya ketika bekerja di ruangan yang berisi alat-alat berat, Anda bisa memilih sepatu yang memiliki besi di area depan. Sehingga area rawan seperti jari kaki tetap aman terlindungi saat bekerja.

4. Tinggi Sepatu

Tips memilih sepatu safety yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tinggi atau diameternya. Bagi pelaku kerja indoor dan outdoor, sudah pasti tinggi sepatu yang dibutuhkan berbeda.

Untuk pekerja yang stay di dalam ruangan misalnya, maka bisa menggunakan sepatu yang lebih kasual dengan diameter 10 – 15 cm.

Sedangkan untuk jenis pekerjaan yang mengharuskan Anda melewati tempat-tempat berlumpur, maka bisa memilih sepatu dengan tinggi sekitar 15 – 25 cm.

Apalagi kalau Anda memang suka bekerja menggunakan celana pendek, di mana berpotensi mengalami cedera di bagian lutut.

5. Perhatikan Masa Berlaku Sepatu

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau sepatu safety mempunyai masa simpan, dan masa pakai. Oleh karena itu, selalu perhatikan bagian tanggal produksi yang biasanya disertakan di bagian kotak maupun dalam sepatu. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi kapan seharusnya sepatu diganti dengan yang baru.

6. Memiliki Fitur Waterproof

Apabila hendak dipakai bekerja di lingkungan yang rawan akan resiko cedera, maka pastikan produk sepatu yang akan dibeli mengusung fitur waterproof (anti air).

Hal ini sangat penting untuk menjamin bahwa kaki Anda terlindungi saat melakukan pekerjaan. Apalagi, kalau ditugaskan di luar ruangan atau tempat yang berpotensi tersengat listrik.

7. Berat Sepatu

Kelihatannya memang sangat sepele, namun sepatu safety yang terlalu berat pasti akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Apalagi kalau digunakan dalam jangka waktu lama.

Di samping itu, berat juga bisa menjadi beban bagi kaki sehingga dapat mengakibatkan cedera. Karenanya, saat hendak beli sepatu safety sebaiknya pertimbangkan berat sepatunya.

8. Memiliki Sirkulasi Udara

Pastikan jika sepatu safety dirancang dengan sistem sirkulasi udara yang baik (cukup mencegah kondisi lembab dalam sepatu).

Pasalnya, sepatu yang rawan terhadap kelembaban bisa membuat kaki terpapar infeksi jamur penyebab penyakit kulit. Selain itu, apabila sirkulasinya bagus, maka akan membantu mempercepat proses pengeringan sepatu.

9. Budget

Harus diketahui, bahwa tidak semua sepatu yang harganya mahal mempunyai kualitas terbaik. Anda juga perlu mempertimbangkan harga dengan budget yang dimiliki.

Apalagi, ada begitu banyak produk sepatu safety murah namun berkualitas bagus. Contohnya saja sepatu boot AP, meskipun harganya cuma puluhan ribu, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan.

Baca juga : Jenis-jenis Sepatu Safety

Pilih Sepatu Safety Berkualitas di Indotrading

Anda membutuhkan sepatu safety tapi tidak sempat untuk berbelanja di toko offline, atau mungkin jenis model yang dicari tidak ada?

Tidak perlu khawatir, karena sekarang Anda bisa mempercayakan pemilihan produk sepatu safety Anda di Indotrading. Ada ribuan model dan jenis sepatu pelindung yang bisa Anda beli disini.

Selain sepatu safety, ada juga produk alat pelindung diri lain yang mungkin Anda butuhkan saat bekerja, seperti sarung tangan safety, kacamata safety, helm safety, hingga pakaian safety.

Harga yang ditawarkan terbilang sangat variatif, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan budget. Menariknya lagi, terdapat fitur “Minta Penawaran” untuk mendapatkan harga terbaik dari penjual.

Tips memilih sepatu safety di atas bisa dijadikan sebagai pedoman sebelum membeli produk tertentu. Karena bagaimanapun, Anda harus memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan ketika memilih sepatu untuk bekerja.

Dengan begitu, maka aktivitas kerja bisa dijalankan secara maksimal, dan Anda tidak perlu lagi merasa takut dengan bahaya yang mengancam di tempat kerja.

To Top