Insight

Begini Cara Kerja Silica Gel, Prinsip Kerja Hingga Jenisnya

cara kerja silica gel

Banyak orang yang sadar akan pentingnya silica gel. Untuk itu penting juga untuk mengetahui prinsip dan cara kerja silica gel. Sehingga dapat mengetahui secara lebih detail akan manfaat dan apa itu silica gel.

Benda yang penting ini sering dijumpai pada berbagai macam produk, mulai dari pakaian, sepatu, tas, produk elektronik, produk rumah tangga, produk obat – obatan hingga produk makanan sekalipun. Karena hanya dengan membeli sebuah benda langsung memperoleh silica gel, menjadikan setiap orang malas membelinya.

Namun bagi para pelaku bisnis, mempunyai stock silica gel menjadi hal yang sangat penting. Dengan menaruh silica gel pada produknya, pasti akan langsung menerima rating lebih dari konsumen.

Silica gel ini juga dapat diperoleh di indotrading. Kami menyediakan berbagai macam jenis silica gel, mulai dari silica gel biru, putih dan natural. Harga silica gel kami juga sangat kompetitif dan ada diskon khusus bagi yang berbelanja secara grosir. Dapat pula melakukan negosiasi dengan para distributor kami untuk mendapat harga terbaik.

Apa itu Silica Gel?

cara kerja silica gel

Sebelum mengetahui akan prinsip kerjanya, ketahui terlebih dahulu pengertian dari silica gel. Untuk pengertian secara umum dari silica gel sangat sederhana yaitu suatu alat yang dapat menjaga keutuhan suatu benda dan mencegah benda itu rusak.

Sedangkan untuk pengertian dari silica gel secara ilmiah yaitu silika yang terbentuk dari proses penggumpalan unsur sodium natrium silikat / NaSiO2 / lautan sodium silika yang berupa pasir kuarsa dan soda ash. Lautan tersebut mempunyai bentuk yang mirip dengan agar – agar yang lembek dan cair.

Lautan sodium silikat diasamkan terlebih dahulu, guna memproduksi adonan gelatin. Lalu adonan gelatin didehidrasi dan membentuk silica gel yang tidak berwarna. Jika semula lautan sodium silika berbentuk agar lembek dan elastis, setelah melalui proses itu, berubah menjadi benda padat dan keras. Tingkat elastisitasnya pun juga berkurang.

Kemudian untuk memberikan warna pada silica gel, ditambah dengan ammonium tetrachlorocobaltate (II) / (NH4) 2CoCl4 dan cobalt chloride / CoCI2. Dengan ini, silica gel berubah warna menjadi biru dalam kondisi kering. Selang beberapa waktu dan kegunaan silica gel telah tidak lagi efektif serta telah basah, secara berangsur – angsur berubah warna menjadi pink.

Walaupun benda ini mempunyai sifat keras bagi tubuh manusia dan tidak dapat dikonsumsi, namun zat NaSiO2 mempunyai sifat food grade. Jadi sangat aman jika diletakan di samping dan dalam satu box bersama dengan makanan jenis apapun.

Sifat dari silica gel ini sendirilah yang membuatnya berbahaya jika dikonsumsi. Karena dapat menyerap kelembapan dan kandungan air, gel silica pun juga dapat menyerap kandungan air dalam tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu jauhkan benda ini dari jangkauan anak – anak, khususnya batita.

Tujuan utama dari pemberian silica gel pada berbagai macam produk adalah sebagai zat penyerap, penopang katalis dan pengering. Dengan silica gel ini dapat mengabsorpi garam – garam kobalt yang dapat menimbulkan karat.

Baca juga : 10 Cara Merawat Sepatu Safety Supaya Tidak Mudah Rusak 

Begini Cara Kerja Silica Gel

cara kerja silica gel 1

Selain kesadaran akan penggunaan dari silica gel, tentunya juga harus mengetahui pula prinsip dan cara kerja dari benda ini. Sehingga dapat menggunakan silica gel dengan efektif. Hal ini dikarenakan gel silica tidak dapat bertahan sangat lama. Jika masa aktif telah habis, maka silica gel tidak dapat digunakan lagi dan harus didaur ulang.

Cara kerja silica gel yaitu dengan menyerap kelembaban ruang dan produk yang ada di dekatnya. Meskipun menyerap kelembapan, namun kandungan silica gel ini netral. Maka dari itu tidak akan mengubah kondisi zat dalam bentuk apapun, entah itu warna, bentuk dan rasa sekalipun.

Tidak hanya kelembapan semata, kandungan air yang ada di sekitar juga dapat diserap. Begitu pula dengan garam kobalt yang dapat diserap oleh silica gel ini. Dengan ini semua produk dari benda apapun akan tahan lama.

Jika terlalu lama digunakan silica gel juga dapat jenuh dengan kelembaban dan air. Biasanya hal itu berlangsung selama ±4 – 12 bulan. Semakin lembab kondisi cuaca daerah, maka semakin cepat pula masa efektif dari gel silica. Jika kondisi cuaca panas, masa efektif silica gel akan semakin lama.

Setelah ±12 bulan kegunaan dari silica gel ini menjadi tidak efektif dan tidak dapat lagi digunakan untuk menjaga dan membuat awet sebuah produk. Warnanya pun telah berubah menjadi merah untuk jenis silica gel warna putih.

Sedangkan untuk jenis lainya sama sekali tidak berubah. Untuk mengetahui apakah gel silica itu masih aktif / tidak, cukup dipegang. Jika kondisi silica gel masih keras, berarti masih dapat digunakan. Sebaliknya jika silica gel terasa lunak, artinya harus segera diganti.

Meski begitu silica gel juga masih dapat digunakan kembali dan sebaiknya jangan langsung dibuang. Ada cara khusus untuk mendaur ulang silica gel yang tidak dapat lagi digunakan.

Langkah pertama keluarkan silica gel dari bungkusnya. Lalu pindahkan ke dalam cup keramik / wadah yang tahan terhadap panas.

Kemudian masukkan ke dalam oven. Atur suhu sebesar 120° C – 170°C dan panggang selama ±5 menit. Selama dipanggang, semua kelembapan dan kandungan air yang telah diserap oleh gel silica akan menguap dan membuat silica gel menjadi mengering.

Setelah dipanggang, silica gel kembali ke sedia kala dan warnanya pun juga berubah menjadi biru. Untuk menggunakannya kembali masukkan gel silica ke dalam kertas pembungkus dan rekatkan kembali.

Prinsip Kerja Silica Gel

cara kerja silica gel 3

Cara untuk menggunakan silica gel memang sangat mudah. Tetapi ada beberapa faktor dan aturan yang perlu diperhatikan, khususnya untuk penggunaan dari jenis silica gel. Hal itu semua tergantung tujuan dari penggunaan gel silica.

Aturan penggunaan gel silica sebagai pengawet kemasan :

  • Gunakan gel silica putih (white) atau biru (blue) dalam kemasan. Jumlah dan ukuranya pun juga harus diperhatikan. Untuk ukuran kecil cukup memasukan 1 buah kantong gel silica. Jika ukuranya lebih besar masukkan 2 hingga 4 buah gel silica.
  • Jika di dalam kemasan berisi makanan / famasi, sebaiknya gunakan gel silica putih (white) atau natural. Selain makanan dapat pula menggunakan slilica gel berwarna biru / putih.
  • Tutup kemasan rapat – rapat dan letakkan di sebuah ruang yang kering dan tertutup dari udara. Sehingga tidak ada sirkulasi udara apapun.

Aturan penggunaan silica gel sebagai penjaga kelembapan udara ruangan :

  • Khusus untuk penggunaan silica gel sebagai penjaga kelembapan ruang, gunakan jenis white / putih ataupun natural. Pada gel silica putih terdapat sifat hydrophilic yang menyerap molekul air di udara. Produk ini juga tidak mudah terbakar dan dapat mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, korosi hingga hubungan arus pendek.
  • Usahakan kondisi ruang selalu tertutup dan keluar masuknya udara sangat minim. Jika diperlukan pasangkan pula higrometer untuk memaksimalkan tingkat kelembaban udara terkontrol.
  • Letakkan satu / dua buah silica gel yang masih aktif di setiap sudut ruangan. Lalu kontrol secara teratur kondisi silica gel. Jika telah tidak aktif, segera ganti silica gel yang masih aktif.

Baca juga : 5 Jenis Mesin Pengemas Makanan Bisa Jadi Referensi

Jenis Silica Gel

Ada 3 buah jenis silica gel, antara lain sebagai berikut ini :

Silica gel biru

cara kerja silica gel 4

Silica gel biru ini mempunyai keunikan yang berbeda dari silica gel lainnya. Keunikan inilah yang membuat silica gel biru adalah jenis yang paling spesial. Ketika dalam kondisi keras, gel silica ini berwarna biru. Saat kondisinya telah jenuh, warnanya pun mulai memudar menjadi merah muda hingga merah saat berada di tingkat kejenuhan maksimal.

Selain karakter yang cukup unik, ada sifat lain yang juga menjadi spesial. Gel slilica biru ini menjadi satu – satunya jenis gel silica yang tidak mempunyai sifat food grade. Jadi sama sekali tidak dapat dimanfaatkan untuk melindungi makanan, minuman hingga obat – obatan. Jenis ini pula yang dapat didaur ulang saat telah mencapai tingkat kejenuhan.

Silica gel putih / white

cara kerja silica gel 5

Silica gel jenis ini merupakan gel silica yang pertama kali dibuat. Selain itu juga paling umum dan sering digunakan. Silica putih terbuat dari zat sodium silikat. Mineral itu mempunyai jutaan nanoporous dengan ukuran 24 nanometer.

Bentuk dari silica gel ini seperti kristal yang sangat bening. Lalu silica putih tidak berbau, tidak berwarna, tidak beracun dan tidak mudah terbakar. Sifat dari gel silica putih lain ialah hydrophilic yang sangat aktif menyerap molekul air yang ada di udara.

Sifat hydrophilic inilah yang membuat silica gel sering digunakan dalam ruang yang lebih luas. Sebab silica gel ini memiliki daya serap kelembapan terbaik dari jenis silica lain. Karena sifatnya tidak mudah terbakar, sangat baik diletakan dekat sumber arus listrik dan berbagai macam alat elektronik. Dengan ini hubungan arus pendek dapat dicegah.

Silica gel natural

cara kerja silica gel 6

Jenis silica gel yang terakhir yaitu natural. Untuk jenis yang satu ini dianggap khusus untuk makanan. Sifatnya yang food grade membuat silica natural sangat aman dan tidak mempunyai resiko apapun untuk semua benda yang dapat dikonsumsi. Entah itu makanan, minuman, obat – obatan dan lain sebagainya.

Pada jenis silica ini diolah dengan bahan mineral natural. Lalu dikemas dengan kertas semi permeable (kertas sejenis kantong teh). Sifat lain dari siiica gel natural yaitu hydrophilic, tidak berbau, tidak berasa dan tidak beracun.

Selain sebagai silica khusus makanan, juga dapat digunakan untuk menjaga kelembaban ruang dan kekeringan udara di tempat tertutup. Khususnya bagi tempat yang sangat rawan akan tumbuhnya jamur. Karena hal ini pula sangat efektif untuk food product.

Dengan jenis, cara serta prinsip kerja silica gel di atas membuat penggunaan dari benda ini dapat tepat guna. Selain itu tidak secara acak dalam memilih dan beli silica gel di indotrading. Khususnya bagi pelaku bisnis makanan.

Untuk menjaga kualitas makanan alangkah baiknya memanfaatkan gel silica dari situs kami. Namun perlu diingat untuk jenis yang dibutuhkan. Jika produk makanan memanfaatkan gel silica biru, sama halnya makanan itu sama sekali tidak dapat dikonsumsi dan beracun.

Demikianlah info tentang cara kerja silica gel. Beli silica gel yang tepat yaitu melalui situs indotrading kami. Situs kami dapat diakses dan support berbagai macam jenis browser smartphone, jadi tidak perlu mendownload aplikasi indotrading terlebih dahulu.

To Top