Insight

Ketahui Bagaimana Cara Mencuci Kain Dupont Nomex® yang Benar

cara mencuci kain dupont nomex

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mencuci kain Dupont Nomex atau pakaian apa pun yang terintegrasi dengan bahan Nomex.

Tips Utama:

  1. Nomex harus dicuci secara terpisah dari jenis pakaian lain untuk mencegah kontaminasi benang serat yang mudah terbakar.
  2. Sarung tangan palka dengan konstruksi Nomex harus segera dicuci dengan tangan dan dikeringkan dengan udara.
  3. Deterjen pakaian rumah tangga biasa cocok untuk mencuci pakaian Nomex.
  4. Hindari penggunaan bahan kimia pemutih pada pakaian Nomex karena dapat mengubah warna alami bahan dan fitur kekuatannya.
  5. Jangan gunakan pelembut kain saat mencuci dengan deterjen.
  6. Pastikan bahan kimia yang mudah terbakar seperti minyak, cat, atau minyak benar-benar hilang dari kain. Jika dapat dihindari, semua jenis pakaian Nomex tidak boleh bersentuhan dengan bahan kimia perusak yang dapat mempengaruhi sifat tahan api.

Cara Mencuci Kain Dupont Nomex:

Langkah 1: Sortir pakaian Nomex menurut warnanya. Cara ini dapat mencegah kemungkinan menodai kain dengan warna lain. Tidak seperti metode pencucian biasa di mana pakaian dengan warna berbeda dapat disatukan, lebih aman bagi kain Nomex untuk dicuci satu per satu.

Langkah 2: Atasi noda berminyak sebelum mencuci pakaian. Anda dapat menggosok / menyikat noda lokal dengan tangan untuk mencegahnya menyebabkan masalah yang lebih parah jika noda di seluruh kain.

Langkah 3: Setelah membersihkan semua noda yang ditemukan, Anda bisa memasukkan pakaian ke tempat cuci dengan air hangat— pada suhu sekitar 140 ° F. Mencuci pakaian pada suhu yang lebih tinggi tidak akan merusak fitur tahan api, tetapi dapat menyebabkan perubahan warna pada kain.

Langkah 4: Tempatkan deterjen cucian dalam jumlah yang diperlukan. Detergen rumahan atau deterjen tugas berat harus berhasil. Pastikan deterjen tidak mengandung bahan kimia klorin atau pemutih.

Langkah 5: Bilas bersih dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen.

Langkah 6: Setelah dicuci, periksa kembali apakah pakaian benar-benar bebas dari noda yang mudah terbakar.

Langkah 7: Biarkan pakaian mengering di ruangan dengan udara alami.

Instruksi tambahan:

  • Anda dapat menggunakan produk alternatif untuk menghilangkan noda dan bahan kimia berbahaya. Perkloroetilen adalah pelarut cair yang tidak mudah terbakar yang dapat digunakan untuk pembersih lemak pakaian. Pelarut minyak bumi juga efektif untuk menghilangkan minyak dan senyawa organik oksigen, sulfur, dan nitrogen pada pakaian kering.
  • Pakaian Nomex tidak boleh mengering di bawah sinar matahari langsung. Dapat dikeringkan dengan mesin pada pengaturan suhu rendah, sekitar 140 ° F dan 160 ° F.
  • Jika Anda tidak dapat menghilangkan noda membandel dan kontaminan berbahaya dari pakaian, pertimbangkan untuk mengganti pakaian tersebut.
  • Jika tidak yakin dengan prosedur pencucian dasar, jangan ragu untuk menghubungi produsen produk untuk instruksi pakaian tertentu.

FAQs tentang Dupont Nomex® Garment Pencucian & Perawatan

Apakah Dupont Nomex Menyusut Saat Dicuci?

Temperatur tinggi dapat menyebabkan penyusutan pada pakaian biasa, tetapi kain Nomex cukup tahan terhadap penyusutan. Kemungkinan penyusutan diperkirakan terjadi pada campuran 65/35.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa Nomex tidak meregang, yang menyarankan agar pemakainya menerapkan gerakan pas untuk jenis pakaian ini.

Bisakah Saya Mencuci Pakaian Dupont Nomex Di Rumah?

Ya, prosedur pencucian yang disebutkan di atas dapat dilakukan di rumah. Berhati-hatilah dengan kapasitas muat mesin cuci Anda, dan ingat metode pemisahan warna. Pencucian industri juga cocok untuk pakaian Nomex yang terkontaminasi oleh noda dan minyak yang tak henti-hentinya.

Bisakah Pakaian Dupont Nomex Di Setrika?

Anda dapat menyetrika pakaian Nomex pada suhu yang sangat rendah saat kain masih lembab, dan tidak melebihi 280 ° F. Jika Anda khawatir dengan kerutan yang sangat dalam, biarkan pakaian menggantung longgar dan gunakan setrika uap untuk teknik pelurusan cepat.

Dimana saya bisa membeli pakaian Dupont Nomex?

Teka Indo adalah salah satu pemasok produk Dupont Nomex terkemuka di negara ini saat ini. Segera kunjungi website kami di www.jawindojaya.com atau Hubungi Kami untuk mendiskusikan kebutuhan Anda.

Demikian informasi mengenai cara mencuci kain dupont nomex yang bisa Anda pelajari. Semoga bisa menambah wawasan tentang bagaimana merawat kain ini dengan benar.

To Top