Insight

10 Jenis Papan Kayu Terbaik untuk Bangunan dan Furniture 2021

papan kayu terbaik

Banyak dibutuhkan dan digunakan sebagai material bahan bangunan serta pembuatan furniture lengkap, papan kayu menjadi salah satu bahan yang banyak dicari. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai jenis papan kayu terbaik untuk bangunan dan furniture.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis papan kayu dengan harga dan kualitas terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Menarik! Inspirasi Usaha Kerajinan dari Kayu Jati Belanda

Papan Kayu

Papan kayu merupakan bentuk olahan dari batang pohon kayu, yang diolah dan dibentuk hingga dapat digunakan sebagai material produk.

Menjadi salah satu bahan bangunan dan pembuat furniture utama, papan kayu merupakan salah satu material yang paling sering ditemukan dan banyak digunakan. Tidak sedikit bahan material bangunan yang terbuat dari papan kayu begitupun barang-barang furniture pelengkap bangunan itu sendiri.

Mulai dari lantai, dinding, pintu hingga aksesoris furniture seperti vas bunga, meja, bingkai dan sebagainya terbuat dari papan kayu.

Umumnya papan kayu yang banyak digunakan di Indonesia terbuat dari batang pohon kayu jati ataupun mahoni, namun masih banyak lagi jenis kayu lainnya yang sama baiknya untuk dijadikan sebagai bahan papan kayu.

Kegunaan Papan Kayu

Dalam proses pembangunan dan pembuatan furniture, papan kayu banyak diolah menjadi produk-produk yang memiliki nilai guna dan estetika yang tinggi.

Berikut beberpa kegunaan dari papan kayu sebagai bahan bangunan ataupun bahan olahan pembuatan furniture

1. Papan kayu lantai

Selain dapat digunakan untuk membuat kerangka bangunan ataupun penguat fondasi bangunan, kerangka kayu juga banyak digunakan sebagai papan lantai suatu bangunan atau hunian.

Biasanya papan kayu lantai banyak terbuat dari papan kayu mahoni ataupun kayu jat karena dirasa lebih kuat dibandingkan papan kayu lainnya. Meskipun begitu, papan kayu sejenis mahoni dan jati juga dapat digunakan sebagai lantai.

Penggunaan papan kayu sebagai lantai dirasa mampu memberikan kesan dan suasana hangat pada hunian. Ditambah, kesan alami dan tampilan visual yang lebih menarik jadi alasan kuat penggunaan papan kayu sebagai lantai.

Baca juga : Cara Pasang Lantai Vinyl

2. Jendela

Selain besi, stainless dan alumunium, jenis material lain yang banyak digunakan sebagai material jendela adalah papan kayu.

Jendela yang terbuat dari papan kayu biasanya banyak digunakan untuk rumah dengan nuansa alam atau natural. Karena kesan bawaan yang dimiliki dari bahan kayu itu sendiri.

3. Pintu

Sudah banyak dan mudah ditemukan pintu suatu hunian atau bangunan terbuat dari papan kayu. Jumlahnya bahkan lebih banyak dibandingkan pintu dari material lainnya.

Biasanya, papan kayu yang dijadikan sebagai pintu merupakan jenis papan kayu yang terkenal akan keunggulannya seperti awet, kuat, dan tidak mudah termakan rayap.

Baca juga : Jenis Pintu PVC

3. Meja Kayu

Tidak hanya terbuat dari kaca, ataupun besi, meja kayu juga banyak digunakan di berbagai tempat atau hunian.

Meja kayu dirasa menjadi furniture pelengkap bangunan yang memiliki daya guna dan nilai estetika yang tinggi. Selain itu, meja yang terbuat dari kayu tidak terlalu memerlukan perawatan yang banyak.

5. Tempat penyimpanan

Papan kayu juga banyak digunakan sebagai bahan pembuata furniture rumah. Rak tempel, lemari, ataupun kabinet banyak menggunakan papan kayu sebagai bahan utamanya.

Tampilannya yang cantik, kemampuannya menahan banyak beban, serta dengan keunggulan lainnya menjadikan papan kayu banyak dipilih sebagai material furniture rumah.

Baca Juga : Apa Itu Lantai Kayu Parket? Kenali Jenis dan Cara Merawatnya

Jenis Papan Kayu Terbaik untuk Bangunan dan Furniture

Terkenal sebagai salah satu negara tropis dengan jumlah hutan ke 3 terbesar di dunia, tentunya banyak ragam pohon yang batang nya dapat dimanfaatkan sebagai material papan kayu olahan.

Tidak hanya jati dan mahoni, berikut daftar rekomendasi papan kayu terbaik untuk dijadikan sebagai bahan bangunan dan furniture.

1. Papan kayu Jati Belanda

Di kalangan kelompok kayu, papan kayu jati belanda sudah tidak asing lagi.Papan kayu ini berasal dari jenis pohon pinus yang sudah terkenal akan keindahannya.

Selain dikenal sebagai jenis papan kayu yang memiliki nilai keindahan yang tinggi, papan kayu jati belanda juga terkenal akan beratnya yang ringan, ketahanannya terhadap rayap, serta harganya yang masih terjangkau.

Papan kayu jati belanda juga banyak dan mudah ditemukan di Indonesia. Produk olahan dari papan kayu belanda diantaranya meja, kursi, bingkai, jendela, vas bunga rak penyimpanan dan masih banyak lagi.

Biasanya harga pasar untuk jenis papan kayu yang sudah dilapisi pernis berkisar Rp. 170.000,- dengan ukuran papan 100 cm x 60 cm x 2 cm.

2. Papan Kayu MDF

Papan Kayu Medium Density Fiber merupakan jenis papan kayu olahan yang juga banyak digunakan di Indonesia. Papan kayu jenis ini lebih banyak digunakan sebagai bahan furniture dibandingkan bahan bangunan.

Sifat dan karakteristiknya yang berserat halus, lebih ringan dibandingkan dengan jenis papan kayu lainnya, juga lebih rapuh atau mudah hancur karena rayap menjadi alasan utama papan kayu MDF ini digunakan sebagai material furniture.

3. Papan Mahoni

Kayu mahoni juga sudah sangat terkenal dan banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan furniture. Bersama dengan jati, papan kayu mahoni masuk kedalam kelompok papan kayu dengan kualitas nomor satu.

Meskipun kualitasnya sedikit dibawah kayu jati, kayu mahoni tetap memiliki banyak peminat. Biasanya jenis kayu ini digunakan sebagai bahan furniture indoor karena daya tahannya terhadap cuaca dan rayap sedikit berada di bawah kekuatan jati. 

Meskipun begitu, nilai estetika kayu mahoni tidak kalh dengan kayu jati. Papan kayu mahoni dapat memberikan kesan natural dan vintage lebih dibandingkan kayu jati.

Harga jenis papan kayu ini di pasaran dapat ditemukan di kisaran harga Rp. 30.000/batang dengan ukuran 2×20 cm.

4. Papan Kayu Kamper

Rekomendasi selanjutnya adalah papan kayu kamper. Jenis papan kayu ini banyak ditemukan dan digunakan di daerah kalimantan.

Papan kayu kamper lebih banyak digunakan sebagai bahan bangunan dibandingkan material furniture. Hal ini disebabkan karena papan kayu jenis ini memiliki tekstur yang kasar dan berat sehingga lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan bangunan seperti tiang rumah ataupun lainnya.

Harga pasar untuk jenis papan kayu kamper dengan ukuran 3 cm x 20 cm x 400 cm per papan adalah sekitar Rp. 260.000,- an.

5. Papan Kayu Oak

Nilai estetikanya yang tinggi menempatkan papan kayu oak masuk kedalam rekomendasi papan kayu terbaik yang banyak digunakan sebagai bahan dasar olahan produk furniture. 

Kuat, kerat berat dan tahan lama dengan warna kayu cenderung pucat dan tidak terlalu tahan dengan tekanan air merupakan karakteristik papan kayu oak.

Berdasarkan karakteristik tersebut, jenis papan kayu oak cocok untuk dijadikan furnitur indoor ataupun dasar laintai suatu ruangan.

6. Papan Kayu Punak

Papan kayu punak merupakan jenis papan kayu solid atau padat yang juga banyak digunakan dan direkomendasikan sebagai papan kayu terbaik untuk bangunan dan furniture.

Berasal dari pohon punak yang banyak ditemukan di daeral palembang dan jambi, papan kayu punak ini memiliki karakteristik padatm kuat, juga tahan terhadap air dan cuaca.

Harga papan kayu ini juga cukup terjangakau dibandingkan jenis kayu solid lainnya. Anda dapat menemukan papan kayu punak dengan ukuran 2 cm x 20 cm x 400 cm di pasaran dengan harga Rp. 70.000,- an.

7. Papan Kayu Meranti

Selanjutnya yang tidak boleh tertingal dalam daftar rekomendasi papan kayu terbaik adalah papan kayu meranti.

Papan kayu meranti merupakan jenis papan kayu yang terkenal akan karakteristiknya yang awet, warna merah nya yang cantik juga kemampuannya terhadap tekanan air. Selain itu, kayu meranti juga mudah untuk dikeringkan bila terkena air.

Kayu meranti banyak digunaka baik sebagai bahan bangunan ataupun sebagai furniture rumah karena sifat dan karakteristik tersebut.

Di pasaran, harga papan kayu jenis meranti ini banyak ditemukan sekitar Rp. 80.000 dengan ukuran 2 cm x 20 cm x 400 cm.

8. Papan Kayu Merbau

Memiiki kualitas sedikit di bawah jati dan sedikit di atas mahoni, papan kayu merbau juga tergolong kedalam kelompok kayu dengan kualitas teratas.

Papan merbau memiliki karakteristik yang mirip dengan kayu jati, sehingga papan kayu jenis ini juga cocok dan bagus untuk digunakan baik sebagai bahan bangunan ataupun material furniture pelengkap bangunan.

Harga papan kayu merbau terbilang lebih murah dibandingkan jati namun tidak terpaut jauh dari harga papan kayu jati.

9. Maple

Papan kayu yang sering digunakan sebagai material furniture lainnya adalah jenis papan kayu maple. Papan kayu jenis ini memiliki karakteristik yang kuat dengan tekstur halus dan warna yang cantik.

Selain itu, papan kayu jenis ini juga terkenal akan sifatnya yang anti lembab sehingga cocok untuk digunaka sebagai furniture untuk kamar mandi atau pun tempat sejenisnya.

Harga papan kayu maple di pasaran terbilang standar yaitu mulai dari Rp. 135.000 untuk ukuran kayu 8mm.

10. Dalberia

Meskipun cukup sulit untuk ditemukan di Indonesia, namun papan kayu dalberia masuk kedalam daftar rekomendasi papan kayu terbaik untuk dijadikan furniture bangunan.

Papan kayu ini memiliki karakteristik mendekati papan kayu merbau yaitu keras, padat dan awet. Ditambah, papan kayu jenis dalberia memiliki wangi atau aroma kayu tersendri beda dengan kayu lainnya.

Papan dalberia umumnya berwarna cokelat tua dengan tekstur halus. Harga pasaran untuk jenis kayu ini cukup mahal, karena papan kayu dalberia termasuk kedalam papan kayu termahal di dunia.

Baca Juga : Begini Cara Menggunakan Mesin Serut Kayu yang Wajib Diketahui

Itulah pembahasan mengenai papan kayu terbaik untuk dijadikan sebagai bahan bangunan ataupun furniture. Termasuk jenis bahan bangunan utama, papan kayu memiliki porsi penggunaan dan daya tarik tersendiri dalam bangunan atau hunian.

Anda dapat menemukan bebagai jenis papan kayu dengan harga dan kualitas terbaik dari Supplier terpecaya di Indotrading!

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top