Advert

Apa Itu Lantai Kayu Parket? Kenali Jenis dan Cara Merawatnya

perawatan Lantai Kayu Parket

Lantai Kayu Parket, indotrading.com  – Bagi Anda yang ingin melakukan renovasi atau membangun rumah, konsep lantai rumah  yang bernuansa kayu parket merupakan alternatif ide yang menarik dan mempercantik interior rumah. Namun sebelum mulai melakukannya, sangat disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu konsep dan jenis lantai kayu parket agar tidak salah dalam memilih yang sesuai kebutuhan atau pun cara merawatnya. 

Alasanya sederhana, bagian lantai adalah bagian yang cukup krusial dalam bangunan rumah, sehingga perlu konsep dan pengetahuan yang matang saat mengaplikasikannya. Supaya tidak terjadi kesalahan, atau bahkan terjadi ketidak sesuaian yang mengakibatkan penggantian ulang dengan memakan biaya yang cukup mahal. 

Maka dari itu perlu penjelasan mengenai apa itu kayu parket dan bagaimana spesifikasi yang dimiliki oleh jenis lantai ini.

Mengenal Apa Itu Lantai Kayu Parket ?

Lantai Kayu Parket

Lanta kayu parket adalah kepingan-kepingan kayu yang dijadikan satu dan dimodifikasi sedemikian rupa hingga kahirnya bisa digunakan untuk residensial dan dekoratif kantor, rumah, villa atau pun hotel.

Lantai ini juga dijadikan satu dengan kepingan yang lain menggunakan paku tembak agar bisa merekat dengan kuat dan tidak mudah rapuh. Namun, Anda harus mengetahui bahwa lantai kayu parket memiliki beberapa jenis. 

Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket 

Lantai kayu parket ada 2 jenis yaitu solid dan engineered:

1. Parket Solid

Lantai Kayu Parket solid

Parket solid merupakan lantai parket dengan bahan utama dari kayu original yang  diambil dari kayu jati, merbau, ulin, sonokeling dan mangkirai. Parket solid dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu solid FJ dan solid FJL. Perbedaanya terletak pada penggunaan kayu utuh yang dalam penerapnnya tidak disambung dengan kayu lainnya, atau dilakukan penyambungan dengan posisi horizontal ataupun vertikal. 

2. Parket Engineered

parket engineered

Jenis parket engineered memiliki dua lapisan pada kayunya. Bagian atasnya adalah lapisan yang tipis, sedangkan bagian yang bawahnya menggunakan lapisan multiplek atau plywood untuk memperkuat lapisan atasnya yang tipis. Kayu yang digunakan hamper sama dengan parket solid, hanya berbeda cara pengolahan dan penggunaannya saja. 

Kelebihan Lantai Kayu Parket 

Dari dua jenis kayu parket, masing-masing memiliki kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakannya. Untuk jenis parket solid memiliki keunggulan bisa dilakukan re-finishing berulang kali, sehingga tidak perlu sering mengganti dengan yang baru. Selain itu, kekuatannya lebih kokoh dan tahan lama karena tidak dicampur dengan bahan lain namun asli 100% kayu. 

Sedangkan untuk jenis parket engineered memiliki keunggulan komposisi kayu lebih stabil karena sudah dimodifikasi dengan campuran lain jadi tidak akan menyusut. Selain itu, bahanya yang ringan bisa di pasang di baseman dan tidak memerlukan tenaga lebih untuk mengankat. Dari segi harga juga lebih murah dan terjangkau bagi Anda yang memiliki budget yang terbatas. 

Cara Pemasangan

aplikasi Lantai Kayu Parket

Setelah mengetahui keunggulan masing-masing jenis kayu parket maka kita akan berpikir bagaimana pemasangan yang benar agar kokoh dan awet. Beberap peralatan harus disiapkan sebelum memasang, seperti palu karet, meteran, bor listrik, palu besi yang bisa Anda peroleh dari  tukang bangunan. 

Bila semua alat sudah siap, Anda bisa memulai dengan mengukur lantai yang akan dipasang, selain itu pastikan bahwa lantai memiliki permukaan yang baik dan rata. Lantai yang sudah rata kemudian diplester, dan jika sudah kering maka kita mulai pasang list parket dan pastikan semuanya termasuk lapisan plastik untuk alas kayu parket mengering. 

Langkah selanjutnya memasang foam atau sejenis busa, karena ini akan membuat lantai kayu nantinya nyaman ketika diinjak dan permukaanya menjadi halus. Pasang dibagian pojok ruangan terlebih dahulu agar bisa lebih mudah. 

Setelah itu, Anda bisa memulai memasang satu persatu bagian kayu yang sudah disiapkan. Pastikan susunanya tidak miring. Setelah itu, Anda bisa mengamplas lantai kayu yang sudah terpasang semua, agar permukaannya rata dan menyatu dengan baik. Jika memasang sendiri memang cukup sulit  Anda bisa menggunakan jasa tukang yang profesional agar lebih memudahkan proses pemasangan. 

Tips Merawat Lantai Kayu Parket Agar Kokoh Dan Tahan Lama 

perawatan Lantai Kayu Parket

Setelah Anda memutuskan menggunakan lantai jenis kayu parket dalam bangunanan Anda, maka hal yang dipikirkan selanjutnya adalah mengenai bagaimana merawat lantai berbahan dasar kayu ini. Karena merawat keramik dengan kayu pasti berbeda, dan memerlukan cara khusus. Alat yang digunakan bisa sapu yang halus, sikat halus dan atau kain agar tidak merusak permukaan kayu. 

Prinsipnya Anda tidak membiarkan kotoran menupuk atau menempel, karena akan sulit membersihkan dan jika dipaksakan akan merusak bagian permukaan kayu. Jadi harus rutin dibersihkan dengan alat yang permukaannya lembut. 

Untuk perawatan lainnya, Anda bisa menggunakan air panas lebih tepatnya air hangat agar bisa memudahkan mengangkat kotoran yang menumpuk di atas lantai kayu. Pastikan Anda memeras kain atau spon yang digunakan dengan benar, lalu pastikan mengelapnya dengan bersih dan tunggu hingga kering sebelum digunakan. 

Baca Juga:
Mau Mulai Usaha? Inilah Quotes dari Bob Sadino untuk Pengusaha Muda Biar Makin Semangat
10 Peluang Usaha yang Tahan Krisis dan Resesi Ekonomi, Berani Coba?
Bisnis Melambung, Deretan Pengusaha Ini Buktikan Bahwa Bisnis UKM Juga Bisa Sukses Besar

Jika ada lumpur yang mengering dan cukup banyak, Anda bisa mencoba menggunakan cuka yang dicampur dengan air. Agar tidak merusak kayu Anda sebaiknya membaca petunjuk pencampuran kedua cairan itu dengan benar. Perbandingannya antara cuka dengan air adalah 60 ml dan 1000 ml air. Cairan ini bisa digunakan untuk memberisihkan lantai kayu dari berbagai noda yang menempel tanpa merusak lapisan kayu. 

Beberapa langkah di atas bisa menjadi bahan pertimbangan ketika Anda hendak menggunakan jenis lantai kayu parket untuk mendukung finishing bangunan. Cara pemilihan bahan yang tepat dan perawatan yang tepat pula, akan membantu mempercantik dan membuat lantai Anda nyaman untuk dipijak dan kokoh tanpa harus sering mengganti.

Sedang mencari supplier lantai kayu? #CariSupplier di Indotrading.com aja!

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top