Insight

Menarik! Inspirasi Usaha Kerajinan dari Kayu Jati Belanda

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai inspirasi usaha kerajinan kayu jati belanda. Sangat cocok untuk Anda yang hendak memulai usaha kerajinan dari kayu. Jika sedang mencari supplier kayu jati, Anda bisa menemukannya di sini.

Desain interior saat ini sedang menjadi tren terkini selain fashion. Kerajinan yang dibuat dari bahan kayu, pajangan, aksesoris, furnitur dan sebagainya tidak banyak diminati karena dianggap ketinggalan zaman. Namun sekarang usaha kerajinan kayu jati Belanda mulai menjadi tren terkini.

Produk kerajinan kayu yang diolah kembali menjadi furnitur juga telah mengalami revolusi dan terus berkembang pesat. Namun sekarang kerajinan yang dibuat dari kayu jati kembali menjadi tren dan sesuatu yang kekinian di zaman sekarang.

Baca Juga : Jualan Furniture Dari Kayu Bekas, Andra Raup Omzet Rp 12 Miliar/Tahun

Di Indotrading, Anda bisa temukan berbgai kayu jati dengan kualitas dan harga terbaik dari supplier di Indonesia!

Jenis-jenis Kayu yang Bisa Dijadikan Bahan Kerajinan

Ada banyak jenis kayu yang bisa dijadikan bahan yang tepat untuk membuat kerajinan kayu, berikut ini jenis-jenis kayu tersebut:

1. Kayu Jati

Secara umum kayu ini banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kayu jati dijuluki sebagai raja kayu karena memiliki daya tahan yang baik. Bahkan jika digunakan untuk perabotan rumah atau furnitur, kayu jati ini sangat awet hingga bertahun-tahun lamanya.

2. Kayu Pinus atau Jati Belanda

Walaupun tidak sekuat kayu jati, jenis kayu pinus atau yang sering disebut dengan jati Belanda juga menjadi jenis kayu yang banyak diminati. Bobot dari kayu pinus ini lebih ringan dan harganya lebih murah.

3. Kayu Mahoni atau Mahogani

Sama dengan kayu jati, kayu mahoni juga menjadi jenis kayu yang secara umum sering dijadikan bahan furnitur atau kerajinan kayu. Kayu mahoni juga sering dijadikan alat musik, mebel atau alat-alat olahraga.

Daya tahan dan keawetan dari kayu mahoni/mahogani ini juga terbilang tinggi. Namun cara perawatannya harus dilakukan dengan baik, karena rentan terhadap serangan rayap.

4. Kayu Trembesi

Kayu trembesi identik dengan warna putih yang tampak apik, terutama di bagian pinggirannya dengan warna coklat pada bagian tengah. Biasanya jenis kayu ini juga dijadikan sebagai bahan untuk membuat meja atau jenis furnitur yang lainnya.

5. Kayu Akasia

Warnanya kecoklatan dan memiliki tampilan yang sangat menarik. Kayu akasia memiliki proses pengolahan yang cukup mudah. Jenis kayunya hampir mirip dengan kayu jati tetapi lebih rentan diserang rayap.

Bobotnya pun jauh lebih berat dan jenis kayu akasia memiliki aroma kayu yang kurang sedap.

Baca Juga : Begini Cara Menggunakan Mesin Serut Kayu yang Wajib Diketahui

Jenis Usaha Kerajinan Kayu Jati Belanda yang Bisa Menjadi Inspirasi

Dalam memulai usaha kerajinan kayu jati terutama jenis kayu jati Belanda, tentu Anda harus memiliki pengetahuan mengenai jenis kayu tersebut. Anda juga harus tahu jenis kerajinan apa saja yang kira-kira menjadi ide dalam membuat suatu usaha tertentu.

Berikut ini jenis-jenis usaha kerajinan kayu jati yang bisa menjadi inspirasi dalam memulai usaha/bisnis dalam kerajinan kayu:

1. Lampu Meja atau Lampu Hias

Kerajinan kayu yang dapat Anda kreasikan dari bahan kayu dan juga mengalami proses pengecatan, adalah pembuatan lampu hias atau lampu meja. Perabot lampu ini akan menampilkan kesan estetik karena dibuat dari bahan kayu alami.

Harga jual dari lampu meja/hias dari bahan kayu bisa dibanderol dengan harga mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Walaupun penentuan harga tetap bergantung pada jenis bahan kayu yang digunakan.

2. Tatakan Gelas

Jenis kerajinan kayu lainnya yang juga bisa menjadi usaha kerajinan kayu adalah tatakan gelas. Para pecinta rustic atau vintage biasanya banyak yang berminat pada tatakan gelas yang dibuat dari kayu.

Harga jualnya pun murah sekali, tetapi Anda bisa membuat jenis dan model tatakan gelas dengan variasi yang menarik.

3. Kalender Kayu

Biasanya kalender dibuat dari bahan kertas, tetapi kini banyak kalender yang dibuat dari bahan kayu. Walaupun tahun sudah berganti, kalender kayu ini tetap bisa Anda pakai di rumah. 

Kalender kayu juga memiliki kesan natural dan alami, dan sangat cocok dipajang di ruangan dalam rumah. Kalender kayu berbentuk kubus lebih mudah ditaruh di mana saja, dan lebih banyak digunakan.

Harganya juga cukup murah dan memiliki ukuran, motif, jenis dan model yang beragam sehingga Anda bisa memilih sesuai selera.

4. Alat Makan

Sejak tren new normal starterpack muncul, kini banyak orang yang menggunakan peralatan sendiri yang dibawa dari rumah. Alat makan yang dibuat dari bahan kayu, merupakan jenis barang yang ramah lingkungan.

Bukan hanya peralatan makan saja, tetapi banyak juga sedotan yang dibuat dari bahan kayu. Harganya memang lebih mahal dari sedotan berbahan keramik atau stainless steel tetapi lebih aman digunakan dan lebih praktis.

Sama halnya dengan peralatan makan yang dibuat dari kayu yang harga jualnya sedikit lebih mahal dari alat makan berbahan stainless steel.

5. Vas Bunga

 

Biasanya vas bunga dibuat dari bahan keramik atau plastik, tetapi saat ini banyak juga vas bunga yang dibuat dari bahan kayu. Vas bunga berbahan kayu juga bisa membuat ruangan menjadi lebih cantik dan berkesan natural.

Vas bunga berbahan kayu biasanya dipadukan dengan bunga-bungaan kering yang indah, yang memberi kesan vintage. Harganya juga relatif murah dan sangat terjangkau di pasaran.

6. Tempat Tidur

Furnitur atau tempat tidur berbahan kayu juga banyak digunakan saat ini. Dipan kasur berbahan dasar kayu biasanya lebih awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun. 

Kayu palet yang dibuat dari bahan dasar kayu jati Belanda yang dibuat menjadi dipan kasur, lebih mudah diolah dan dibentuk. Jika menggunakan kayu palet untuk dipan kasur, maka tempat tidur Anda akan menjadi lebih estetik serta terlihat natural.

Harga kayu palet untuk dipan kasur ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga dipan kasur kayu jati Belanda yang sudah jadi.

7. Cermin Hias

 

Usaha kerajinan kayu yang juga sedang tren saat ini adalah cermin hias. Cermin ini bisa disimpan di mana saja, bisa di kamar tidur dan bisa juga disimpan di ruang tamu sebagai hiasan.

Biasanya cermin ini dibuat dari bahan kayu jati, dan bisa juga dibuat dari bahan kayu jati Belanda. Bentuknya bulat dan modelnya lebih estetika, untuk pemakaian jangka panjang cermin hias ini bisa lebih awet.

8. Standing Hanger

Bukan hanya untuk menghiasi ruangan saja, tetapi kerajinan kayu juga bisa dijadikan sebuah properti yang fungsional. Misalnya dengan membuat kerajinan standing hanger yang pastinya akan banyak digunakan oleh industri rumah tangga.

Selain fungsional, standing hanger tersebut juga dijadikan hiasan vintage yang menarik di ruangan.

9. Backdrop Lamaran atau Pernikahan

Kini, banyak desain acara lamaran atau pernikahan yang mengusung tema rustic atau vintage. Untuk menggunakan tema vintage/rustic tersebut Anda bisa menggunakan backdrop berbahan kayu yang alami.

Baca Juga : Dari Pengepul Sampah Kayu, Made Kini Jadi Pengusaha Beromzet Rp 300 Juta/Bulan

Untuk pemesanan kayu jati Belanda yang berkualitas dan tahan lama, bisa Anda pesan di Indotrading dengan harga terbaik. Indotrading mampu memenuhi kebutuhan beragam jenis kayu yang Anda perlukan dalam memulai usaha kayu tersebut.

Masih banyak lagi yang lainnya, usaha kerajinan kayu jati Belanda yang bisa Anda pilih untuk memulai usaha kerajinan kayu yang mampu memberi kesan estetik atau vintage.

banner seller
To Top