Insight

Begini Cara Menggunakan Mesin Serut Kayu yang Wajib Diketahui

cara menggunakan mesin serut kayu

Dalam pekerjaan tukang kayu tentunya terdapat mesin pengrajin kayu khusus yang digunakan oleh para pengrajin kayu. Salah satunya yaitu mesin serut kayu yang akan membantu proses produksi kayu. Para pengrajin kayu itu harus tahu bagaimana cara menggunakan mesin serut kayu yang tepat.

Apabila Anda ingin memulai usaha dalam bidang perkayuan, maka Anda juga harus mempelajari penggunaan mesin serut kayu tersebut. Bagi perusahaan kayu yang sudah besar biasanya sudah menggunakan mesin komputerisasi untuk segala jenis mesin besar dan kombinasi.

Cara Menggunakan Mesin Serut Kayu yang Benar

cara menggunakan mesin serut kayu

wood-pellet-mill.com

Walaupun sudah banyak jenis mesin kayu yang didukung oleh teknologi komputerisasi, tetapi masih banyak juga orang yang menggunakan mesin serut kayu. Hal itu disebabkan oleh harga mesin berteknologi rata-rata sudah mahal.

Dalam menggunakan mesin serut kayu ini dibutuhkan permulaan yang cukup sulit. Banyak juga para pengrajin kayu yang harus beradaptasi dengan penggunaan mesin serut kayu tersebut. Terutama ketika sedang menyerut kayu di bagian pangkalnya dan di bagian ujung kayunya.

Pada bagian pangkal kayu biasanya mesin akan dicondongkan ke bagian depan. Sama halnya dengan di bagian ujung kayu tersebut, mesinnya harus lebih ditekan di pangkalnya. Mesin serut kayu ini bisa digunakan juga untuk membuat sekonengan dengan menambahkan alat di samping mesin tersebut.

Mesin serut ini hanya bisa membuat sekonengan yang dimana kedalamannya hanya sekitar 1 cm saja. Namun jika kedalamannya lebih dari itu maka tidak bisa dibuat sekonengan. Biasanya jenis mesin ini disukai oleh orang-orang yang bekerja di bidang furnitur atau oleh pekerja bangunan.

Harga dari mesin kayu ini biasanya lebih murah dengan cara yang relatif mudah, sehingga lebih banyak digunakan oleh pengrajin kayu atau bangunan. Pekerja bangunan biasanya menggunakan mesin serut untuk meluruskan bahan bangunan misalnya kaso atau papan.

Penyetelan Mesin Serut Kayu

cara menggunakan mesin serut kayu 2

indiamart.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menggunakan mesin serut kayu adalah dengan menyetel mesinnya terlebih dahulu. Anda juga harus mengecek kapan terakhir kali pisau itu diasah dan pastikan kembali apakah bagian mata pisaunya memang sudah benar-benar tajam.

Setelah itu periksa kembali bagian daun meja pada mesin baik di bagian depan maupun bagian belakang. Daun meja yang ada di bagian belakang harus lebih rendah, jika dibandingkan dengan daun meja di bagian depan.

Perbedaan ketinggian keduanya harus memiliki ketebalan yang diserut dalam waktu sekali saja. Sekitar 1-4 mm harus menjadi patokan level perbedaan yang cukup ideal. Anda akan memaksa mesin bekerja lebih keras apabila ketebalannya terlalu berlebihan.

Fungsi dari mesin penghantar ini adalah untuk mengontrol sisi kayunya sebesar 90oC dan harus ada di posisi yang tepat dan stabil. Pastikan kembali bahwa Anda sudah membuat panelnya lebih kencang sebelum Anda menjalankan mesin itu.

Pasang juga bagian penutup pengaman pisau, biasanya bagian tersebut sudah menyatu dengan mesin serut kayu itu sendiri.

Baca juga : Apa Itu Lantai Kayu Parket? Kenali Jenis-jenis dan Cara Merawatnya!

Cara kerja Mesin Serut Kayu

cara menggunakan mesin serut kayu 3

thisoldhouse.com

Pada saat mesin sudah menyala sebaiknya Anda memastikan kembali kayunya sudah menempel di bagian panel penghantar, atau di bagian samping saat mesin masih ada di meja belakang. Kemudian dorong kayu ke depan dengan kecepatan yang stabil dan tetap sesuai.

Jika cara pendorongannya terlalu cepat maka hal itu akan menyebabkan cuttermark di bagian permukaannya, atau pada bagian permukaan yang bergelombang. Namun jika cara pendorongannya terlalu lambat maka hal itu akan menyebabkan burnt mark.

Burnt mark merupakan sejenis noda yang bentuknya mirip dengan bekas benda terbakar, karena kayunya tidak teriris oleh putaran pisau sama sekali. Namun, jika pisaunya tumpul juga biasanya bisa menyebabkan burnt mark tersebut.

Anda hanya perlu menekan meja depan dengan memberi sedikit tekanan ke arah panel pengantarnya, apabila benda kerja sudah melewati bagian poros pisau. Apabila benda kerja itu sudah melewati pisau maka Anda bisa menentukan patokan kayu supaya tetap merata di meja depan mesinnya.

Safety atau Keamanan Mesin Serut Kayu

cara menggunakan mesin serut kayu 4

chicagotribune.com

Ketika Anda mendorong benda kerja, pastikan juga bahwa posisi tangan Anda tak boleh dalam keadaan terbuka. Jari tangannya juga selalu saling rapat dan berada di atas benda kerja itu sendiri. Bagi kayu yang berukuran kecil Anda hanya harus menggunakan ibu jari dan juga telunjuk saja.

Fungsi jari telunjuk ini adalah untuk menekan kayu yang menuju ke penghantar. Sedangkan fungsi dari jepitan kedua jari adalah untuk mendorong kayu ke bagian depan.

Jika bagian benda kerjanya tipis maka bagian atas pisau yang terbuka pada permukaan meja harus ditutup dengan pengaman mesin yang sudah ada.

Bentuk Kayu yang Digunakan

cara menggunakan mesin serut kayu 5

msr.org.na

Pada saat Anda menggunakan kayu yang bentuknya melengkung maka diawal penyerutannya harus ada di sisi yang cekung. Baik pada permukaan penghantar atau bagian daun meja mesin. Artinya kedua ujung kayu tersebut harus menyentuh bagian penghantar serta daun mejanya.

Apabila Anda ingin mengganti mata pisau maka Anda bisa langsung membalik pisaunya, di sana akan terlihat tiga buah baut lalu lepaskan dengan menggunakan kunci yang ada. Jika ingin memasang pisau maka luruskan bagian bawahnya dan ratakan dengan menggunakan penggaris.

Tenaga mesin yang kuat dan dengan dayanya yang sedikit maka penggunaan mesinnya akan lebih baik. Mesin ini juga bisa mempercepat para pekerja, dan lakukan perawatan dengan menggunakan oli di bagian lakernya.

Cara menggunakan mesin serut kayu ini ternyata sangat mudah. Jika ingin membeli mesin seru kayu maka belilah di tempat terpercaya hanya di indotrading. Anda akan menemukan mesin serut kayu terbaik dengan harga terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan penawaran kepada para supplier hingga distributor yang sudah terdaftar di indotrading menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

To Top