Insight

Cek Keunggulan Lantai WPC Sebagai Pengganti Lantai kayu Untuk Outdoor

lantai wpc

Agar tampilan exterior suatu bangunan terlihat seperti back to nature, tak jarang lantai WPC digunakan untuk kesan nature yang diinginkan. Jenis lantai ini merupakan jenis yang banyak digunakan sebagai lantai untuk exterior, dan sebagai pemanis untuk interior rumah.

Penggunaan jenis lantai ini banyak dipilih karena dapat menjadi pengganti lantai kayu yang memiliki daya tahan rentan dan perawatan yang cukup ekstra.

Mengingat meningkatnya penggunaan WPC sebagai pengganti kayu, pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas kelebihan dan bagaimana proses pemasangan lantai WPC untuk Anda. Namun sebelum membahas lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai pilihan lantai WPC terbaik dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Apa itu Lantai WPC

LANTAI WPC

Lantai Wood Plastic Composite (WPC) merupakan material lantai yang berupa campuran antara kayu dan plastik. Jenis lantai ini merupakan sebuah material baru yang tersusun dari elemen kayu dan plastik yang dilebur menjadi satu dan membentuk sebuah material baru, yaitu WPC. Jenis lantai ini merupakan alternatif pengganti lantai kayu. Material jenis lantai ini dapat memberikan kekuatan, dan keindahan yang menyerupai kayu dengan daya tahan dan kelebihan serta keunggulan polimer atau plastik.

 Kelebihan Lantai WPC

Jenis lantai ini memiliki beberapa kelebihan yang cukup unggul dari lantai kayu jika digunakan untuk exterior. Berikut beberapa kelebihannya:

1. Tahan Lama

Dibandingkan dengan jenis kayu, jenis WPC dikenal memiliki usia pakai yang lebih lama (tahan lama). WPC Decking terbuat dari kombinasi vinyl, kayu, dan material daur ulang lainnya yang dikompres.

Karena kandungannya yang merupakan kombinasi dari kayu dan plastik, WPC lebih tahan lama di bawah sinar matahari, hujan, dan angin dibandingkan dengan jenis lantai kayu.

2. Hemat Biaya

Pada umumnya, harga dari lantai WPC terbilang lebih terjangkau dibandingkan lantai kayu. Selain itu, jenis lantai ini juga dapat didaur ulang 100% dan dapat diproduksi kembali.

Sehingga penggunaan WPC juga dapat dijadikan bisnis dan terbaik untuk investasi jangka panjang. Selain itu jenis lantai ini dikembangkan karena minat lantai kayu yang tinggi namun perawatan yang ekstra. Sehingga WPC hadir dengan kualitas yang lebih baik dan tidak memerlukan perawatan ekstra.

3. Tersedia Dalam Berbagai Warna

WPC merupakan jenis yang memiliki berbagai macam ukuran panel berbeda dan dapat digunakan baik indoor ataupun outdoor. Warnanya pun tidak cepat memudar. Sehingga penggunaannya cukup banyak diaplikasikan sebagai pengganti kayu.

4. Pengendalian Hama dan Kerusakan

Daya tahan yang tinggi terhadap air dan bahan kimia rumah tangga menjadikan deck WPC tidak mudah rusak (kemungkinan retak sangat kecil) dan tetap memiliki bentuk yang kokoh walaupun dirancang untuk outdoor. Selain itu, jenis lantai ini juga memiliki daya tahan yang baik terhadap rayap, jamur, dan hama karena proses manufaktur yang dilalui dan material yang digunakan telah membuat WPC secara alami dapat melindungi diri dari rayap, jamur, dan hama.

Baca Juga: Lantai Kayu Parket Serta Kenali Jenis dan Cara Merawatnya

Jenis-Jenis Lantai WPC

lantai wpc

Dalam perkembangan, dan tingginya minat lantai WPC dipasaran. Membuat jenis lantai ini tersedia dua jenis, sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut pembahasannya:

1. Lantai Wood Plastic Composite Hollow (WPCH)

Lantai WPCH merupakan jenis WPC yang terdapat lubang pada permukaannya. Lubang yang terdapat pada permukaan lantai WPCH hampir mirip dengan lubang pada besi hollow. Umumnya jenis WPCH ini digunakan untuk permukaan pagar halaman, lantai teras dan juga atap untuk gazebo.

2. Lantai Wood Plastic Composite Solid (WPCS)

Biasanya jenis kayu komposit solid ini berbentuk papan, baik lurus maupun lengkung. Sehingga WPCH ini dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk lantai outdoor, tapi juga dapat digunakan untuk material bangunan lainnya layaknya bahan bangunan biasa.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Karpet Karet Lantai yang Harus Anda Ketahui

Cara Pemasangan Lantai WPC

lantai wpc

Selain dapat menambah nilai estetika pada area outdoor, jenis lantai ini juga memiliki daya tahan yang menyerupai lantai kayu asli atau bahkan bisa lebih baik lagi. Umumnya penggunaannya banyak diaplikan oleh hotel hotel untuk lantai pinggiran kolam renang ataupun jalan di teman-taman hotel.

Jenis lantai ini banyak digunakan selain karena memiliki daya tahan yang tinggi juga karena pemasangannya yang mudah. Anda dapat memasang jenis lantai ini untuk area outdoor Anda sendiri tanpa bantuan professional.

Untuk memudahkan Anda mengetahui cara pemasangannya, berikut kami berikan step langkah-langkah pemasangan WPC Decking untuk Anda. Namun sebelumnya, untuk mempermudah pekerjaan Anda, Anda perlu menyiapkan beberapa alat seperti gerinda tangan, mesin bor, meteran, palu karet keramik, penggaris siku, pensil dan obeng

Setelah menyiapkan peralatan pendukung, berikut tahap tahap dalam pengerjaan lantai WPC:

  1. Letakkan rangka wpc pada permukaan beton.
  2. Setelah meletakkan rangka tersebut, pastikan ujung rangka wpc diberi jarak 5-10mm pada dinding tembok. Atur jarak antara joist ke joist 30 s/d 40cm.
  3. Selanjutnya bor rangka wpc hingga menembus permukaan hingga kuat.
  4. Setelah pemasangan rangka tersebut, pasang deck WPC di atas rangka dengan posisi berlawanan.
  5. Setelah pemasangan tersebut, masukkan Stanless atau plastic klip antara 2 papan lalu screw hingga terkunci
  6. Setelah lantai wpc terpasang, Anda dapat mengulangi tahap sebelumnya hingga semua lantai terpasang dengan rapi.
  7. Bila diperlukan gunakan List Plank atau Siku pada pinggir area guna mempertahankan bentuk dari lantai tersebut.

Itulah pembahasan mengenai keunggulan lantai WPC, dan bagaimana cara pemasangannya. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis Lantai WPC dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga: Lantai Vinyl, Pijakan Nyaman yang Bisa Buat Hunian Jadi Lebih Menawan

banner seller
To Top