Insight

Jarang Diketahui! Ini Fungsi Penting Circuit Breaker untuk Panel Listrik

Tidak banyak diketahui, circuit breaker nyatanya memiliki peranan penting dalam bidang kelistrikan. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai fungsi penting circuit breaker untuk panel listrik yang jarang diketahui.

Di Indotrading, Anda bisa temukan berbagai jenis circuit breaker dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi KWH Meter Listrik yang Error

Apa Itu Circuit Breaker?

 

Circuit breaker merupakan salah satu jenis alat kelistrikan yang memainkan peranan penting sebagai alat yang memutuskan arus listrik berlebih yang terjadi pada sirkuit listrik. Alat ini masuk kedalam jenis alat pengamanan listrik yang digunakan saat listrik mengalami keadaan abnormal atau tegangan yang berlebihan.

Tujuannya tentu saja mencegah terjadinya konsleting listrik yang berbahaya dari banyak nya tegangan listrik yang mengalir pada satu perangkat alat kelistrikan.

Layaknya box panel listrik, circuit breaker juga banyak digunakan pada kebutuhan listrik untuk area industri. Sebab umumnya, area tersebut memiliki kebutuhan listrik yang cukup tinggi dan memerlukan alat pengaman listrik untuk banyaknya tegangan listrik tersebut.

Jenis – Jenis Circuit Breaker

Tidak hanya satu jenis, Circuit breaker juga memiliki beragam jenis yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan yang Anda miliki. Umumnya, jenis-jenis circuit breaker ini dibedakan berdasarkan tingkat ataupun level tegangan listrik nya. Diantara jenis circuit level berdasarkan tegangan listrik nya adalah sebagai berikut :

1. Circuit Breaker Tegangan Rendah

Pertama adalah jenis circuit breaker bertegangan rendah. Circuit breaker bertegangan rendah merupakan jenis pemutus listrik yang beroperasi untuk besar tegangan hingga 1kv. Jenis ini banyak digunakan pada area dengang kapasitas tegangan listrik yang tidak terlalu tinggi seperti area perumahan.

Circuit Breaker bertegangan rendah terdiri dari beberapa tipe, diantaranya adalah sebagai berikut :

Molded Case Circuit Breaker (MCCB)

Sesuai namanya, Molded Case Circuit Breaker atau MCCB merupakan jenis pemutus sirkuit bertegangan rendah tertutup dalam cetakan atau diletakan dalam cetakan yang dicor. Jenis circuit breaker yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer karena keunggulannya yang memberikan perlindungan dan pemutasan cepat terhadap kelebihan arus listrik pada tegangan hingga 1600A ataupun arus pendek listrik pada tegangan 150 kA melalui bimetal dan solenoid.

Miniature Circuit Breaker (MCB)

Selanjutnya ada MCB atau Miniature Circuit Breaker yang masuk kedalam kelompok jenis circuit breaker bertegangan rendah. Jenis MCB ini merupakan jenis circuit breaker yang digunakan pada tegangan listrik yang sangat rendah dibandingkan jenis lainnya. Miniature circuit breaker umumnya digunakan pada besar tegangan listrik sekitar 125A dan rentang tegangan pada kelompok MCCB.

Mirip dengan MCCB, Miniature Circuit Breaker juga memiliki keunggulan perlindungan pemutusan cepat arus listrik berlebih ataupun arus pendek listrik dengan resiko kehilangan energi sangat rendah.

Air Circuit Breaker (ACB)

Sesuai namanya air circuit breaker (ACB) merupakan jenis pemutus sirkuit yang menggunakan udara sebagai media pendinginan busur. Dalam kelompok circuit breaker bertegangan rendah, ACB merupakan jenis circuit breaker yang dapat digunakan untuk memutus kelebihan arus listrik ataupun arus pendek listrik pada tegangan yang paling tinggi yakni 6300A .

Motor Protection Circuit Breaker (MPCB)

MPCB merupakan jenis circuit breaker pada tegangan rendah yang digunakan khusus untuk memutus kelebihan arus listrik ataupun arus pendek listrik yang terjadi pada motor. MPCB mampu memberikan perlindungan tidak hanya pada kelebihan arus listrik ataupun arus pendek listrik saja, namun jenis ini juga dapat langsung memberikan perlindungan atau memutus arus pada perpindahan arus listrik sepihak yang biasanya dapat menimbulkan korsleting listrik khusu pada motor.

Residual Current Circuit Breaker (RCCB)

Jenis circuit breaker yang satu ini juga salah satu circuit breaker yang menawarkan perlindungan listrik pada rumah, kantor ataupun area industri sesuai dengan tingkat sensitivitas tegangan listrik masing-masing.

Berfokus pada jenis kebocoran yang terjadi pada area tertentu tersebut, tujuan residual current circuit breaker ini adalah melindungi dan menyelamatkan manusia dan bumi dari dampak hebat kebocoran arus listrik yang sangat berbahaya dari jenis tegangan ini.

Baca Juga : Panduan Lengkap Instalasi Listrik Rumah yang Aman

2. Circuit Breaker Bertegangan Menengah

Selanjutnya, ada juga jenis pemutus sirkuit yang memiliki spesialisasi khusus pada jenis tegangan listrik menengah. Dalam kelompok ini, terdapat satu jenis pemutus sirkuit yang banyak dikenal dengan sebutan SF6/ Vacuum Circuit Breaker.

SF/ Vacuum Circuit Breaker

SF6 / Vacuum circuit breaker merupakan jenis pemutus listrik yang khusus digunakan pada tegangan menengah dengan memanfaatkan ataupun menggunakan teknik operasi kontak dan juga pendingin quenching.

3. Circuit Breaker Bertegangan Tinggi

Terakhir adalah jenis kelompok circuit breaker bertegangan tinggi. Jenis ini banyak digunakan pada area kegiatan industri bertegangan listrik tinggi dan banyak. Diantara jenis CB yang masuk kedalam kelompok CB bertegangan tinggi adalah sebagai berikut :

Vacuum Circuit Breaker / SF6

Jenis ini merupakan jenis pemutus listrik yang digunakan untuk arus listrik bertegangan menengah dengan menggunakan operasi kontan dan pendingin quenching. Namun masih banyak yang enggan menggunakan pemutus sirkuit jenis ini sebab efek samping yang dihasilkan nya yakni gas beracun yang juga dapat membahayakan.

Oil Circuit Breaker (OCB)

Jenis pemutus sirkuit bertegangan tinggi lainnya yang banyak digunakan adalah OCB or Oil Circuit Breaker. Sesuai namanya, jenis ini memanfaatkan media minyak sebagai media pendingin busur circuit dalam memutuskan arus yang berlebihan ataupun arus pendek listrik. Dibandingkan VCB dan SF6 Oil Circuit Breaker lebih banyak digunakan sebagai solusi pemutus arus listrik dengan tegangan tinggi.

Fungsi Circuit Breaker untuk Panel Listrik

Sebagai salah satu alat pengaman listrik yang juga banyak digunakan dalam bidang kelistrikan, circuit breaker memiliki fungsi penting terlebih untuk keamanan panel listrik Anda. Diantara fungsi penting circuit breaker tersebut adalah :

1. Memberikan Perlindungan Terhadap Tegangan Arus Listrik

Fungsi utama dari alat keamanan listrik yang satu ini tidaklah lain sebagai pelindung panel listrik anda terhadap tegangan listrik baik yang berlebih maupun tegangan arus pendek listrik yang kapan saja bisa terjadi. Terlebih pada area yang banyak menggunakan arus listrik pada kegiatannya.

2. Memberikan Perlindungan Terhadap Arus Listrik Pada Area Lembab

Area lembab merupakan salah satu area rentan yang terhadap arus listrik. Sebab, kelembaban tersebut dapat mempengaruhi arus listrik yang menyala ataupun yang aktif. Circuit breaker ini akan langsung memutus koneksi arus listrik saat terdeteksi konsleting listrik yang biasanya pada area ini terjadi pada permukaan lantai ataupun tanah.

3. Mengurangi Terjadinya Busur Api

Tidak jarang pada konsleting listrik akan terjadi percikan api yang timbul. Pada saat tersebut, circuit breaker juga memainkan peran pentingnya. Circuit breaker kemudian akan memutus langsung dan melindungi bagian listrik lainnya dari koneksi busur api tersebut. Dengan begitu kemungkinan ataupun potensi kebakaran yang bisa terjadi.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi penting circuit breaker untuk panel listrik Anda sehingga dapat banyak menambah informasi mengenai circuit breaker sebelum Anda membelinya.

Anda bisa temukan berbagai jenis circuit breaker dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier ciruit breaker terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : 10 Produk Power Supply Terbaik untuk Bantu Tunjang Cadangan Listrik Industri

banner seller
To Top