Insight

Mengenal Bahan dan Ukuran Box Panel Listrik yang Awet

Kali ini Tim News Indotrading akan mengaja Anda untuk mengenal lebih lengkap bahan dan ukuran box panel listrik yang Awet dan terjangkau.

Anda dapat menemukan berbagai macam box panel listrik berbagai bahan serta ukuran dengan harga dan kualitas terbaik dari supplier terpercaya di sini.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Panel Listrik Terbaik yang Bisa Diketahui

Apa itu Box Panel Listrik?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan box kecil yang biasanya berwarna abu yang terpasang di luar ataupun di belakang rumah Anda. Box kecil berwarna abu yang biasanya diisi dengan banyak panel kabel itu disebut box panel listrik.

Box panel listrik digunakan sebagai tempat pelindung dan kontrol kabel aliran listrik. Tujuannya adalah agar komponen-komponen serta kabel-kabel listrik tersusun rapih dan aman dari jangkauan manusia ataupun hewan.

Bahan Box Panel Listrik

Keberadaan dan kegunaan nya yang penting, bahan box panel listrik merupakan salah satu yang harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, ketidaksesuaian bahan pembuat box panel listrik akan mempengaruhi keamanan tempat sekitar box panel listrik tersebut dipasang.

Ada beragam bahan box panel listrik yang terjamin keamanannya sebagai box penlindung diantaranya :

1. Box panel listrik logam

Terbuat dari logam, box panel jenis ini dipercaya memiliki keamanan yang baik dalam menjaga dan mengontrol komponen juga kabel-kabel listrik dari jangkauan manusia ataupun hewan.

Umumnya, terdapat 3 jenis logam yang sering dijadikan sebagai bahan pembuatan box panel listrik. Alumunium, stainless steel, juga baja ringan merupakan bahan-bahan tersebut.

Meskipun dapat menjamin keamanan koponen panel listrik dengan baik, namun box panel yang terbuat dari bahan logam akan lebih cepat mengeluarkan efek panas, dan lebih rentan terhadap korosi.

Keunggulan dari pemilihan box panel listrik berbahan logam adalah sifat nya yang mudah dimodifikasi dibandingkan bahan box panel listrik lainnya

2. Box panel listrik termoplastik

Selain logam yang bisa menjadi bahan box panel, bahan termoplastik juga dapat dijadikan sebagai material pembuat box panel listrik

Termoplastik merupakan bahan menyerupai plastic yang memiliki kemampuan untuk menahan panas. Berbeda dengan plastik yang biasanya akan meleleh jika terkena panas atau tegangan tinggi.

Box panel termoplastik lebih unggul dalam ketahanannya terhadap korosi dibandingkan dengan box panel yang terbuat dari logam.

Sama seperti logam, box panel plastic juga memiliki beberapa tipe bahan, dianataranya polikabronat, polister, ABS, PVC dan sejenisnya.

Box panel listrik yang terbuat dari termoplastik juga berbanding terbalik dari box panel logam. Jika box panel logam mudah untuk dimodifikasi ukuran dan bentuknya, box panel listrik tidak. Cukup sulit dan terbatas untuk memodifikasi bentuk dan ukuran box jenis ini, sehingga penggunaannya hanya sebatas mengikuti ukuran dan bentuk yang telah tersedia.

3. Box panel listrik fiberglass

Memiliki kemiripan dengan box panel listrik yang terbuat dari termoplastik, jenis box panel ini juga memiliki ketahanan dan keamanan yang lebih dibandingkan box panel listri logam.

Bahan fiberglass lebih dikenal tahan terhadap korosi dibandingkan bahan logam, jenis ini juga memiliki kekuatan pada ujung-ujungnya.

Namun, box panel yang terbuat dari fiberglass juga memiliki kekurangan yang sama seperti box panel termoplastik, yakni memiliki tutup yang keras sehingga sulit untuk diubah ataupun dimodifikasi bentuknya.

Ukuran Box Panel Listrik

Pada dasarnya, ukuran box panel listrik menyesuaikan lokasi pemasangan, serta banyaknya kapasitas komponen panel listrik yang akan dipasang di dalamnya.

Baiknya, box panel listrik memiliki ukuran standar tinggi lebar dan panjang, atau bervolume. Adapun ukuran-ukuran box panel listrik yang banyak ditemukan di pasaran antara lain

1. Box panel listrik standing

Jenis ini memiliki ukuran standar setinggi manusia dewasa, dan memiliki ukuran daya tamping atau kapasitas yang besar, Sesuai namanya, box panel listrik ini dipasang berdiri.

Dengan kapasitas besar, biasanya, box panel listrik tipe standing ini digunakan untuk kebutuhan industri atau kebutuhan listrik yang lumayan besar seperti perusahaan, pabrik atau tempat sejenisnya.

Baca Juga : 10 Produk Power Supply Terbaik untuk Bantu Tunjang Cadangan Listrik Industri

2. Box panel tempel

Diletakan menempel di tembok ataupun tempat sejenisnya, box panel listrik tipe tempel ini memiliki kapasitas yang lebih kecil dibanding tipe standing.

Jenis box panel listrik ini biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga ataupun kebutuhan di tempat acara atau project yang tidak membutuhkan daya listrik tinggi.

Lebih detailnya ukuruan box panel listrik dapat dirincikan dan dibedakan sebagai berikut :

Tinggi (cm)Lebar(cm)Volume/ Kedalaman (cm)
303020
604025
404020
1008030
403020
504020
706025
806030

Harga box panel listrik

Box panel listrik memiliki variasi harga yang berbeda beda. Harga masing-masing box panel listrik menyesuaikan dengan jenis bahan dan tipe box panel listrik itu sendiri.

Biasanya harga box panel listrik yang terbuat dari logam akan jauh lebih murah dibanding box panel jenis lainnya. Khususnya untuk jenis logam baja ringan. Harga box panel logam baja ringan lebih murah dari semua jenis box panel yang ada.

Berdasarkan tipenya, box panel tipe standing dengan ukuran kapasitas lebih besar harganya jauh lebih mahal dibandingkan box panel tipe menempel. Hal tersebut sesuai dengan fungsinya yang digunakan sebagai tempat pelindung dan pengontorl komponen panel listrik yang lebih besar dan kompleks.

Namun secara umum, harga box panel listrik di pasaran berkisar anatar Rp. 210.000,- sampai dengan 500.000,- an.

Demikianlah pembahasan mengenai box panel listrik. Berbeda jenis dan bahan box panel listrik akan mempengaruhi harga serta nilai gunannya.

Baca Juga : Panduan Lengkap Instalasi Listrik Rumah yang Aman

Anda bisa menemukan box panel listrik dengan kualitas serta harga terbaik sesuai dengan kebuthan Anda di Indotrading!

banner seller
To Top