Insight

Sering disamakan dengan MCB, Berikut Pembahasan Mendalam ACB

acb adalah

Agar aliran listrik kapasitas besar untuk industri atau gedung aman dari bahaya konsleting listrik atau sambaran listrik yang dapat memicu kebakaran, maka bangunan perlu memiliki air circuit breaker (ACB).

Air Circuit Breaker sendiri memiliki kapasitas serta fungsi yang cukup berbeda dengan MCB, dan MCCB. Untuk itu pada kesempatan kali ini Tim News Indotrading akan membahas lebih jauh perihan ACB serta perbedaannya dengan jenis Circuit Breaker lainnya.

Namu sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai pilihan Air Circuit Breaker dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Air Circuit Breaker (ACB)

ACB

Air Circuit Breaker atau lebih umum disebut dengan ACB merupakan komponen listrik yang berguna untuk memproteksi arus listrik dari masalah umum seperti panas berlebih, voltage yang naik turun, ataupun besaran arus listrik yang berbeda-beda tiap jenis peralatannya.

Air Circuit breaker sendiri merupakan jenis circuit breaker yang memiliki sarana pemadam busur api berupa udara. Air Circuit Breaker dapat digunakan pada tegangan rendah dan tegangan menengah. Udara pada tekanan ruang atmosfer ACB digunakan sebagai peredam busur api yang timbul akibat proses switching maupun gangguan.

Air Circuit Breaker sendiri cukup berbeda dengan MCB dan MCCB, baik dari besaran arus serta kegunaannya. Hal tersebut karena MCCB lebih digunakan untuk pemutus aliran listrik untuk bangunan kecil seperti rumah, MCB digunakan untuk pemutus aliran listrik sektor menengah seperti gedung sekolah ataupun industri rumahan, dan ACB lebih digunakan untuk pemutus aliran listrik untuk bangunan kantor hingga industri menengah.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini Fungsi Penting Circuit Breaker untuk Panel Listrik

Pengaplikasian ACB

ACB

Air Circuit Breaker memiliki besaran arus yang berbeda dengan MCB ataupun MCCB. Umumnya ACB digunakan untuk beberapa jenis bangunan, seperti:

  1. Untuk perlindungan pabrik industri dan mesin listrik seperti kapasitor, generator, hingga transformator.
  2. Pabrik yang memiliki risiko kebakaran atau ledakan.
  3. Digunakan pada NGD dan Sistem berbagi listrik.
  4.  Alat bantu pembangkit listrik.
  5. Digunakan dalam mempertahankan swirchgear dan tegangan menengah dalam bangunan.

Aksesoris ACB

Air Circuit Breaker memiliki aksesoris penunjang agar pemutus aliran listrik ini bekerja secara sempurna dalam memproteksi aliran listrik. Berikut beberapa aksesoris penunjang yang perlu Anda ketahui:

1. Undervoltage Release

Undervoltage Release (UVT) merupakan aksesoris Air Circuit Breaker yang memiliki peran kerja yang cukup penting. Hal tersebut karena Tegangan pada UVT dapat memunculkan tarikan pada toggle. Sehingga ketika toggle terlepas, maka sistem mekanik pada Air Circuit Breaker tidak bisa dioperasikan ON/OFF baik secara Auto maupun Manual bila UVT terpasang.

2. Closing Release

Cara kerja Air Circuit Breaker ditinjau dari closing releasenya adalah sebagai berikut. Ketika tegangan masuk, maka toggle akan menekan atau menarik toggle mekanik Air Circuit Breaker, sehingga alat ini akan ada pada mode On atau Off. Sementara itu jika dilepas tegangannya maka ia akan tertutup kembali. Selain itu untuk dapat memastikan closing releasenya terputus dan benar-benar tidak bekerja lagi, biasanya digunakan cara mengunci (interlock) salah satu komponen yang disebut cable control. Sehingga Saat ACB sudah Close/ON, sistim ke Coil terputus dan XF tidak bekerja lagi.

3. Shunt Trip

Shunt trip atau yang sering disebut MX merupakan aksesoris pada Air Circuit Breaker yang memiliki fungsi untuk membuka circuit breaker dengan cara mendorong toggle mekanik sehingga sistem menjadi OFF sementara circuit breaker ON. Sistem ini bekerja dengan melewatkan kabel wiring melalui Auxiliary Contact terlebih dahulu.

4. Auxiliary Contact

Auxiliary Contact merupakan aksesoris Air Circuit Breaker yang merupakan tombol Switch ON/OFF dengan beberapa kondisi: (1) Normally Open, dimana kondisi normal terbuka atau sering pula disebut lepas, (2) Normally Close yang artinya kondisi normal berhubungan sedang tersambung, dan (3) C artinya kondisi dasar yang dapat terhubung dengan keadaan normal open maupun normal close. Auxiliary Contact ini memiliki fungsi sebagai perlindungan tambahan jika terjadi kegagalan dalam komponen listrik.

5. Motor Mechanism

Motor mechanism (MCH) merupakan gear motor pada ACB yang berupa sistem mekanik dan motor yang berfungsi untuk menyiapkan spring mekanik dalam keadaan siap untuk dioperasikan ON (Close) atau OFF (Open). Biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas pemutus tegangan bila kondisi motor sudah selesai tugasnya, maka motor tidak akan bekerja lagi. Fasilitas lain yang tersedia adalah biasanya Motor MCCB/ACB setelah melakukan reset/ Energize, maka motor akan berhenti sendiri, tetapi kadang-kadang dilengkapi dengan fasilitas tambahan NO, sehingga apabila Motor selesai Energize maka akan keluar tegangan pula (Aux NO) yang bisa dimanfaatkan lagi untuk Closing/Open ACB/MCCB melalui XF/MX.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Keuntungan, Jenis-Jenis, dan Prinsip Kerja Dari MCCB Listrik

Jenis Jenis ACB

ACB

Meskipun berfungsi untuk memproteksi arus listrik saat terjadi permasalahan pada arus listrik. ACB terdiri dari beberapa jenis, berikut pembahasannya:

1. ACB Plain Break

ACB Plain Break merupakan ACB bentuk paling sederhana dari pemutus sirkuit udara. Titik kontak mereka adalah dalam bentuk 2 tanduk. Dalam tipe sirkuit ini, busur pemutus memanjang dari satu ujung ke ujung lainnya.

2. ACB Tipe Magnetic Blowout

ACB Magnetic Breakout merupanan pemutus yang digunakan dimana kapasitas tegangan mencapai 11KV. Busur pada jenis sirkuit ini akan diperpanjang oleh arus dalam kumparan ledakan yang menghasilkan medan magnet untuk menghasilkan ekstensi dalam busur.

3. Air Chute ACB

Pada ACB jenis ini, kontak utamanya terbuat dari tembaga. Arus dilakukan dalam posisi tertutup dari kontak. Resistensi kontak mereka sangat rendah. Kontak mereka berlapis perak. Mereka solid dan tahan panas.

Itulah pembahasan mendalam mengenai ACB beserta aksesoris penunjangnnya beserta jenis jenisnya. Jika Anda membutuhkan ACB untuk kebutuhan arus listrik pada bangunan Anda, pilihlah produk  yang berkualitas. Anda dapat menemukan berbagai jenis Air Circuit Breaker berkualitas dari supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga: Ketahui Lebih Lanjut Fungsi, Jenis, dan Prinsip Kerja MCB untuk Hunian Anda

banner seller
To Top