Insight

Begini Cara Mengatasi KWH Meter Listrik yang Error

Fungsi KWH meter dalam rumah ataupun hunian lainnya sangatlah penting. Namun bagaimana jika fungsi KWH meter tersebut mengalami gangguan atau error? Jangan panik! Simak tips Tim News Indotradin berikut mengenai cara mengatasi KWH meter listrik yang error berikut.

Di Indotrading, Anda bisa menemukan jenis KWH meter dengan harga dan kualitas terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : 10 Produk Power Supply Terbaik untuk Bantu Tunjang Cadangan Listrik Industri

Apa Itu KWH Meter ?

Kilo Watt Hour atau KWH meter merupakan jenis alat ukur yang digunakan untuk mengukur banyaknya jumlah listrik yang dipakai dalam keseharian. Biasanya, KWH meter juga disebut sebagai meteran listrik dan banyak ditemukan pada dinding depan maupun belakang rumah dengan bentuk yang hampir mirip seperti box panel listrik.

Layaknya jenis alat ukur yang lain, alat ukur yang ditemukan seiring dengan penemuan listrik oleh Benjamin Franklin ini juga meter juga memiliki angka-angka pengukur yang menunjukan besarnya daya listrik terpakai. Angka-angka tersebut yang kemudian menjadi sumber informasi berapa daya serta tagihan listrik pada waktu tersebut.

Umumnya, KWH meter akan menunjukan pemakaian daya listrik satu rumah tangga atau industri dalam rentang waktu satu bulan pemakaian listrik di tempat itu. Namun ada juga yang menunjukan listrik dalam situasi tertentu ataupun kurang atau lebih rentang waktu umum tersebut.

Jenis – Jenis KWH Meter

 

Tidak hanya memiliki satu jenis, KWH meter berkembang seiring pesatnya perkembangan teknologi termasuk teknologi elektrik atau listrik. Saat ini ada tiga jenis KWH meter yang banyak dan mudah ditemukan di pasaran sebab paling banyak diminta dan digunakan masyarakat.

Jenis-jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan cara atau sistem kerja yang berbeda. Ketiga jenis KWH meter tersebut adalah sebagai berikut :

1. KWH Meter Analog

Paling pertama ditemukan, KWH Analog merupakan seri pertama jenis KWH meter. KWH jenis ini memiliki sistem kerja secara manual sesuai dengan namanya yakni analog yang berarti manual. KWH analog memiliki kelebihan tampilannya yang sederhana yang juga mudah ditemukan dengan harga terjangkau di pasaran. Namun sayangnya pemakaian listrik konsumen pada jenis KWH meter ini kurang terkendali dibandingkan KWH meter jenis lainnya.

2. KWH Meter Digital

Selanjutnya ada KWH meter digital. KWH meter digital merupakan bentuk pengembangan dari kwh meter analog yang tampilannya lebih canggih. Akurasi yang dihasilkan dari kwh meter jenis ini juga tinggi dan masuk ke kelas 1 akurasi dibandingkan jenis kwh analog. Namun sayangnya jenis kwh ini dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis kwh sebelum nya.

3. KWH Meter Pulsa Listrik

KWH meter pulsa listrik umumnya berbentuk digital. Hanya saja jenis KWH meter ini menggunakan token listrik pulsa dalam sistem penjalanannya. Kelebihan dari jenis KWH meter pulsa listrik ini diantaranya dapat mengkalkulasikan biaya listrik bulanan serta membatasi pemakaian listrik. Sekarang ini, KWH meter pulsa listrik merupakan jenis yang paling banyak digunakan di sektor rumah tangga.

Fungsi KWH Meter

KWH meter umumnya berfungsi sebagai alat ukur pemakaian listrik dalam rumah tangga ataupun sektor industri. Lebih detail lagi, berikut fungsi-fungsi KWH meter diantaranya adalah :

  1. Menghitung daya konsumsi atau pemakaian listrik sehari-hari 
  2. Menjadi pusat aliran listrik yakni menjadi saklar listrik kebutuhan rumah tangga dan industri
  3. Menjadi pembatas daya listrik yang digunakan sesuai dengan kontrak perjanjian

Baca Juga : 10 Rekomendasi Ampere Meter Terbaik ini Tawarkan Tingkat Akurasi Tinggi!

Cara Mengatasi KWH Meter Listrik yang Error

Menjadi salah satu alat ukur penting dalam kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga ataupun sektor industri, KWH meter listrik tetap harus dipastikan fungsi guna nya. KWH meter listrik yang error akan mempengaruhi tampilan informasi dan pemakaian daya listrik Anda. Jika KWH meter Anda sering menampilkan kode ERR-01, ERR-02, ataupun ERR-03 itu tandanya KWH meter error dan harus segera diperbaiki. 

Berikut cara mengatasi KWH meter listrik yang Error diantaranya adalah :

1.Ketahui Penyebab Error

Error yang terjadi pada KWH meter listrik biasanya tidak hanya satu jenis. Diantara yang paling umum terjadi adalah error yang disebabkan karena server listrik putus, meteran terblokir karena salah memasukan kode, instalasi listrik buruk yang banyak menyebabkan konsleting listrik, ataupun over limit pada KWH meter.

Adapun jenis-jenis error pada kwh listrik yang umum terjadi diantaranya adalah :

1. ERR-01

ERR-01 merupakan jenis error pada kwh listrik yang disebabkan karena token listrik pada kwh meter habis. Jika terjadi demikian, Anda hanya perlu mengisi kembali token listrik agar kwh meter fungsi kwh meter dapat kembali digunakan dengan baik.

2. ERR-02

Jenis error yang satu ini disebabkan oleh tegangan listrik yang tinggi yang tidak dapat dibendung oleh grounding listrik. Biasanya terjadi karena daya listrik habis namun dalam waktu bersamaan terjadi penggabungan grounding dan netral yang mengakibatkannya keluar instalasi listrik. Jika terjadi, Anda perlu menyetel ulang kembali meteran listrik, sehingga dapat difungsikan kembali seperti semula.

3. ERR-03

Error lainnya yang biasa terjadi adalah jenis ERR-03. Jenis ini biasanya disebabkan oleh jumper listrik yang bermasalah. Selain itu, jenis error ini juga bisa disebabkan karena grounding yang bercampur dengan netral listrik yang juga akhirnya menyebabkan tegangan listrik yang tinggi.

2. Reset Ulang Meteran Listrik

Langkah selanjutnya setelah mengetahui jenis error yang terjadi, Anda perlu melakukan reset ulang meteran listrik. Sebelum melakukan hal demikian, Anda perlu mematikan semua aliran listrik. Selanjutnya Anda bisa mengetikan angka 07 untuk melakukan reset ulang pada meteran listrik.

3. Lepaskan SM dan SR

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melepaskan SM dan SR pada meteran listrik. Tujuannya adalah agar mengkondisikan meteran listrik dalam situasi netral kembali. Dalam menggunakan cara ini, Anda perlu menunggu jeda selama kurang lebih 10 menit agar dapat difungsikan kembali.

4. Hubungi PLN 123

Jika cara – cara tersebut masih belum bisa mengatasi masalah error perlistrikan yang Anda alami, solusi akhir yang bisa dilakukan adalah hubungi PLN 123. Sebab error listrik Anda mengalami masalah yang cukup besar dan perlu ahli dalam bidangnya untuk menangani hal tersebut. Petugas PLN juga bersedia datang langsung untuk memperbaiki kwh listrik Anda yang bermasalah, sehingga penanganannya akan lebih cepat.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi KWH meter listrik yang error. Error pada KWH listrik merupakan hal yang harus segera ditangani. Anda bisa memperbaikinya sendiri, meskipun begitu jika masalah KWH listrik yang Anda alami cukup besar lebih baik untuk segera menghubungi pihak yang ahli yakni petugas PLN. Pemilihan jenis KWH meter listrik yang berkualitas juga banyak mempengaruhi performa KWH meter listrik.

Anda bisa temukan berbagai jenis KWH meter listrik dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Baca Juga : Omset PT. Power System Indonesia Naik selama Pandemi Bersama Indotrading

 

banner seller
To Top