Insight

4 Fungsi Mikrometer Sekrup dan Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Fungsi Mikrometer Sekrup yang Harus Anda Ketahui.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis mikrometer sekrup dengan kualitas dan harga terbaik dari supplier terpercaya di Indonesia.

Pengertian Mikrometer sekrup

Sudah ada dan dikenal sejak lama, mikrometer sekrup masuk kedalam jenis alat ukur yang banyak digunakan dalam keseharian.

Awal pertama kali diciptakan dan dikenalkan oleh seorang ilmuwan bernama William Gascoigne, Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur benda semu di luar angkasa dalam bentuk teleskop dan mengukur sudut antar bintang.

Semakin banyak yang menggunakan kini penggunaan mikrometer sekrup juga semakin meluas dan banyak.

Lebih jelasnya, mikrometer sekrup merupakan salah satu jenis alat ukur ketebalan serta panjang pada benda yang memiliki tingkat presisi ketelitian sangat tinggi. Mikrometer sekrup dapat mengukur ketebalan ataupun panjang benda dengan presisi ketelitian hingga 0,01.

Baca Juga : Apa Itu Gloss Meter? Ketahui Manfaatnya Untuk Menunjang Kebutuhan Industri

Jenis Mikrometer Sekrup

Terdapat beragam jenis mikrometer sekrup yang bisa Anda temukan dalam keseharian. Jenis-jenis mikrometer sekrup dikelompokan berdasarkan skala ukur dan fungsi penggunaan.

1. Jenis Mikrometer sekrup berdasarkan skala ukur

Jenis-jenis mikrometer sekrup berdasarkan skala ukur dapat dibedakan menjadi dua yakin, sekurp manual dan sekrup digital. Klasifikasi ini didasarkan pada proses pembacaan skala ukur pada benda.

Mikrometer sekrup manual didasarkan pada pembacaan skala ukurnya yang dilakukan manual atau sendiri berdasarkan titik henti yang ditujukan mikrometer saat mengukur benda.

Sedangkan mikrometer sekrup digital merupakan jenis mikrometer sekrup yang  hasil pengukurannya ditampilkan langsung oleh alat ukur. Dengan kata lain, mikrometer sekrup digital menggunakan sistem otomatis dalam menampilkan hasil ukur benda.

2. Jenis Mikrometer sekrup berdasarkan Fungsi Penggunaan

Jenis mikrometer sekrup lainnya adalah jenis yang diklasifikasikan berdasarkan fungsi penggunaannya. Jenis-jenis tersebut diantaranya adalah mikrometer sekrup luar, mikrometer sekrup dalam, dan mikrometer sekrup kedalaman.

Jenis mikrometer sekrup ini didasarkan pada lokasi penggunaan mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup luar digunakan saat hendak mengukur kedalaman bagian luar benda, mikrometer sekrup dalam digunakan untuk mengukur ketebalan, panjang atau diameter dalam benda, sedang mikrometer sekrup kedalamanan digunakan untuk mengukur kedalaman benda.

Bagian-bagian mikrometer sekrup

Sama hal nya seperti jenis alat ukur lainnya, mikrometer sekrup memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsi tersendiri.

Bagian-bagian dari mikrometer sekrup adalah sebagai berikut :

1. Anvil (Poros tetap)

Anvil merupakan poros tetap pada mikrometer sekrup yang berfungsi sebagai penjepit objek yang hendak diukur. Objek yang akan diukur akan ditempelkan pada Anvil dan kemudian dijepit.

2. Spindle (Pengunci dasar)

Spindle atau pengunci dasar merupakan bagian mikrometer sekrup yang berbentuk lebih panjang dibandingkan Anvil dan letaknya ada pada ujung frame lainnya.

Sama seperti anvil, spindle pada mikrometer sekrup berfungsi sebagai penjepit benda yang akan diukur dengan mikrometer sekrup. Benda tersebut akan dimasukan atau ditempelkan pada mikrometer kemudian secara bersamaan akan dijepit dengan Anvil dan spindle.

3. Lock Nut (Pengunci)

Lock Nut merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengunci thimble yang juga menampilkan hasil yang bisa dibaca dari pengukuran benda pada mikrometer sekrup.

4. Sleeve

Sleeve merupakan bagian dari mikrometer sekrup yang berbentuk seperti tabung dan terletak pada ujung luar rangka atau frame mikrometer. Bagian Mikrometer sekrup ini berfungsi sebagai lintasan thimble mikrometer.

5. Thimble

Thimble merupakan bagian dari mikrometer sekrup berbentuk tabung yang dapat berputar  dan terletak di luar ujung rangka atau frame. Fungsinya adalah untuk menentukan skala pada nonius.

6. Ratchet

Selain Thimble yang dapat bergerak, bagian mikrometer sekrup yang dapat bergerak lainnya adalah ratchet.

Ratchet merupakan bagian mikrometer sekrup yang berfungsi sebagai penggerak thimble. Selain itu, ratchet juga bertanggung jawab sebagai pembatas pergerakan spindle agar tidak melakukan pergerakan berlebih pada proses pengukuran.

Sebab, pergerakan berlebih tersebut dapat mempengaruhi hasil ukur akhir benda pada mikrometer sekrup.

7. Frame (Rangka)

Bagian utama mikrometer yang juga menjadi tempat penyusunan dan peletakan bagian mikrometer lainnya adalah Rangka.

Rangka mikrometer sekrup umumnya terbuat dari baja dengan ketahanan kuat terhadap korosi dan pemuaian. Sebab, pemuaian dan karat dapat mempengaruhi jarak ukur yang berakibat pada hasil akhir ukur benda pada mikrometer.

Baca Juga : Cara Menggunakan PH Meter Digital yang Benar dan Jenisnya

Fungsi Mikrometer Sekrup

Secara umum, mikrometer sekrup digunakan sebagai alat ukur untuk mengukur panjang dan ketebalan suatu benda dengan ketelitian tinggi. Namun lebih lengkap lagi, mikrometer sekrup juga diperuntukan untuk mengukur benda bervolume yang memiliki panjang, tinggi, lebar serta diameter kedalaman.

Mikrometer sekrup banyak digunakan di keseharian. Beragam objek benda dengan yang memiliki tinggi, panjang, lebar, serta diameter dapat diukur menggunakan mikrometer sekrup.

Benda – benda tersebut diantaranya adalah :

1. Fungsi mikrometer sekrup untuk mengukur Bingkai Foto

Salah satu contoh benda bervolume yang dapat diukur dengan alat ukur mikrometer sekrup adalah bingkai foto. Sebab, bingkai foto memiliki satuan ukur yang menjadi spesialisasi mikrometer sekrup.

Pada umumnya, tujuan penggunaan mikrometer sekrup pada bingkai foto adalah untuk mengetahui luas kedalaman bingkai foto tersebut.

2. Fungsi mikrometer sekrup untuk mengukur kertas

Fungsi mikrometer sekrup lainnya adalah untuk mengukur kertas. Salah satu keunggulan mikrometer sekrup dibandingkan alat ukur lainnya adalah kemampuannya untuk mengukur benda – benda tipis yang dengan ketelitian yang tinggi.

Dengan keunggulan tersebut membuat mikrometer sekrup menjadi alat ukur yang paling diandalkan untuk mengukur ketebalan kertas.

3. Fungsi Mikrometer sekrup untuk mengukur lempengan baja dan alumunium

Fungsi mikrometer sekrup dalam mengukur ketebalan dapat dilakukan pada media baja dan alumunium. Sama seperti media kertas, mengukur ketebalan lempengan baja dan alumunium menjadi salah satu spesialisasi dari mikrometer sekrup.

4. Fungsi Mikrometer sekrup untuk mengukur kabel dan kawat

Tidak hanya benda yang berbentuk pipih dan tipis yang menjadi objek spesialisasi ukur mikrometer sekrup. Benda kecil yang memiliki volume seperti kabel dan kawat juga diukur menggunakan mikrometer sekrup.

Umumnya, kabel dan kawat yang diukur menggunakan mikrometer sekrup untuk mengetahui besarnya volume juga panjangnya kabel atau kawat tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai mikrometer fungsi mikrometer sekrup yang harus Anda ketahui. Pada umumnya, fungsi mikrometer sekrup sama dengan penggunaan alat ukur lainnya, hanya saja mikrometer sekrup memiliki spesialisasi pada benda kecil dan tipis.

Baca Juga : Lebih Akurat, Anda Bisa Maksimalkan 5 Jenis Alat Ukur Tanah Berikut!

Anda dapat menemukan mikrometer sekrup dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

To Top