Insight

Apa Itu Gloss Meter? Ketahui Manfaatnya Untuk Menunjang Kebutuhan Industri Berikut ini!

apa itu gloss meter

Pesatnya perkembangan industri saat ini memang sudah tidak diragukan lagi. Kebutuhan akan produksi barang kian meningkat seiring dengan melejitnya permintaan pasar. Nah, kebutuhan barang yang akan diproduksi tentu saja disokong oleh berbagai alat untuk mampu menghasilkan produk yang lolos uji dan kualitas. Salah satunya adalah dengan menggunakan gloss meter. Apa itu gloss meter? Pernahkah Anda mendengar alat ukur yang satu ini? Jika belum, yuk sama-sama kita ulas mengenai detailnya melalui uraian di bawah ini!

Apa Itu Gloss Meter?

apa itu gloss meter

Bagi orang yang bergelut dalam industri manufaktur mungkin sudah tidak asing dengan benda satu ini. Ya, gloss meter ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur refleksi specular gloss dari permukaan benda seperti misalnya kaca, keramik, plastik, dan lain-lain. Barang produksi akan melalui finishing di mana permukaannya kan dicek, apakah ada sudah baik ataukah belum. Dalam menciptakan produk yang berkualitas, penampilan produk memang menjadi alasan kuat selain ketahanan yang perlu diperhatikan.

Misalnya pada produksi barang untuk mobil. Para pembuatnya akan melakukan finishing dengan mengecek apakah reflektivitas permukaan produksi mobil tersebut. Contoh lain adalah pada produksi majalah misalnya. Gloss meter diperlukan untuk mengetahui kualitas mengkilapnya sampul majalah. Jika tidak diukur, maka konsumen akan menyebut permukaan yang mengkilap sebagai produk cacat. 

Apa Saja Manfaat Glossmeter?

apa itu gloss meter

Ada alasan dibalik terciptanya gloss meter ini baik dalam dunia industri maupun bidang pekerjaan lain yang membutuhkan alat pengukur ini sebagai pendukung. Berbicara tentang apa saja manfaat yang dimiliki dari gloss meter ini tentu jawabannya adalah sangat banyak. Sebab, hampir semua industri manufaktur membutuhkanya. Ulasan lebih lanjut mengenai manfaat gloss meter bisa disimak di bawah ini, ya!

1. Sebagai Alat Pengukur Kualitas Kilap Suatu Permukaan

Dilihat dari nama saja yang terdiri dari dua kata, yakni gloss dan meter pastinya Anda sudah mendapatkan kesimpulan bahwa benda ini memang diciptakan untuk mengukur sesuatu. Dunia industri, bukan hanya kualitas ketahanan suatu barang saja yang patut menjadi pertimbangan, melainkan ada aspek lain yang juga wajib diperhatikan. Salah satunya adalah permukaan atau kualitas kilap suatu permukaan.

Tak banyak orang yang tahu, permukaan saja bisa menjadi acuan kualitas keseluruhan benda. Maka dari itu, pengukuran terhadap kilapan suatu permukaan adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh para pelaku industri manufaktur. Pasalnya, kualitas kilap permukaan bisa saja turun karena beberapa faktor, diantaranya adalah penggunaan obat yang tidak tepat, ataupun terjadinya adhesi pada permukaan benda tersebut.

2. Atribut Agar Benda Mengkilap Sempurna

Menciptakan hasil produksi yang sempurna tidak hanya membutuhkan bahan yang berkualitas baik. Namun, dibutuhkan juga alat yang pendukung lain seperti glossmeter. Setiap benda itu memiliki tingkat gloss konsisten yang berbeda. Itulah mengapa, setiap permukaan benda produksi tidak bisa disamakan tingkat specular glossnya.

Agar permukaan bisa mengkilap sempurna dan tidak terlihat cacat, ada atribut yang harus digunakan. Atribut untuk membuat permukaan mengkilap dan penampilan produk tersebut bisa berkilau sempurna haruslah melalui pengukuran dengan standar yang sudah ditentukan untuk barang itu sendiri dengan menggunakan gloss meter.

3. Meningkatkan Mutu Barang

Peningkatan mutu barang dalam kegiatan roduksi memang patut dilakukan agar barang bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Tidak ingin bukan jika barang sudah didesain sedemikian rupa dengan bahan yang juga berkualitas namun dari segi penampilan malah sebaliknya? Semua perusahaan yang memproduksi akan sangat membutuhkan alat ini.

Setiap industri yang ingin memantau tingkat gloss pada produk yang diciptakannya dan untuk proses pemantauan iu, gloss meter mengambil peran yang sangat penting. Tanpa adanya alat ini akan sangat sulit rasanya untuk mengukur tingkat adhesi ataupun kualitas dari obat yang digunakan. Cara kerjanya sebenarnya sangat sederhana, yaitu gloss permukaan benda diukur dengan memproyeksikan cahaya pada intensitas yang tetap  dan mengukur jumlah cahaya yang terpantul melalui sudut berlawanan.

4. Standarisasi Kegiatan Produksi

Glossmeter ini juga sudah menjadi standarisasi dari sebuah kegiatan produksi. Memperhatikan faktor-faktor seperti ketahanan, keindahan permukaan barang, dan standar lain yang harus dipenuhi dalam sebuah produksi. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagus apapun material yang digunakan, jika permukaan benda tersebut tidak bagus maka akan dianggap cacat dan berpotensi tidak dilirik konsumen.

Benda yang nampak cacat dari permukaan tentunya akan menurunkan kualitas barang itu sendiri. Bisa jadi itu akan membuat barang tidak dilirik konsumen karena dari segi visual saja sudah tidak menarik. Standarisasi kegiatan produksi memang seharusnya sudah disiapkan sebelum produksi dimulai. Mempersiapkan material dan alat pengukurnya menjadi standar produksi yang harus diperhatikan.

Insdutri Apa Saja Yang Harus Menggunakan Gloss Meter?

Nah, jika berbicara mengenai industri apa saja yang menggunakan alat ukur ini, jawabannya tentu sangat banyak. Bahkan, hampir semua industri menggunakan alat ini sebagai standar produksinya. Namun, yang paling banyak menggunakan alat ini adalah adalah industri otomotif . Alasan industry otomotif menjadi industry yang paling banyak mengggunakan alat ini adalah karena industry ini setiap harinya memproduksi barang seperti mobil, motor dan sebagainya. Ya, industri ini menggunakan gloss meter dari mulai pabrik hingga bengkel-bengkelnya. Permukaannya dari barang produksi tentu harus terus diperhatikan. Tak hanya itu saja, industri furniture, percetakan hingga makanan pun turut membutuhkan alat ini sebagai standarisasi untuk mengukur hasil produksinya.

Baca juga: Wajib Tahu, Inilah Jenis-jenis Kabel UTP yang Paling Populer di Dunia IT

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham mengenai apa itu gloss meter? Begitu banyak bukan manfaat dari benda test-manufaktur satu ini? Itulah alasannya mengapa alat ini menjadi alat yang sangat banyak dicari oleh perusahaan manufaktur di berbagai bidang. Bagi yang membutuhkan alat berupa gloss meter untuk keperuan industri, Anda bisa langsung menghubungi perusahaan kami sebagai perusahaan penyedia yang sudah terpercaya. Jangan tunda lagi untuk mendapatkan penawaran terbaik dari banyak suplier gloss meter yang kami miliki. Pilih segera suplier yang paling cocok dengan anda dan dapatkan penawaran harga terbaiknya.

 

banner seller
To Top