Insight

Sebelum Beli! Simak Fungsi Hygrometer dan Tips Memilihnya

Hygrometer menjadi salah satu alat ukur yang banyak digunakan dalam keseharian di berbagai kegiatan sektor industri. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai fungsi dan Tips memilih hygrometer.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis hygrometer dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Apa Itu Gloss Meter? Ketahui Manfaatnya Untuk Menunjang Kebutuhan Industri Berikut ini!

Apa itu Hygrometer?

Hygrometer merupakan alat khusus yang digunakan untuk mengukur kelembapan udara selain menggunakan moisture analyzer. Biasanya alat ini digunakan pada tempat-tempat penyimpanan seperti box penyimpanan ataupun kontainer penyimpanan dengan tujuan untuk menghindari jamur pada barang-barang yang disimpan. 

Hygrometer banyak digunakan dengan alat pengukur suhu ruangan lainnya untuk mendapatkan hasil lebih efektif. Biasanya alat pendukung lainnya tersebut seperti pengukur suhu, ataupun pengukur tekanan udara dalam ruang tersebut. Alat pengukur suhu ruang ini banyak digunakan pada industri budidaya jamur instan, sauna, inkubator, museum, serta tempat penetasan telur.

Hygrometer bekerja dengan menggunakan dua skala yaitu Mengetahui tingkat kelembaban udara  Biasanya Hygrometer dapat bekerja maksimal dengan mempertimbangkan faktor pengatur suhu lainnya seperti tekanan udara, dan suhu ruangan.

Selain itu, dalam menjalankan tugasnya, hygrometer juga menggunakan dua jenis alat ukur pertama nya yaitu alat ukur biasa dengan cara menggunakan air raksa yang dibiarkan mengering guna mengetahui tingkat kelembapan suhu aslinya. Sedangkan alat ukur kedua menggunakan proses kondensasi uap dengan cara membiarkan ruangan tersebut basah hingga mengering. 

Fungsi Hygrometer

Utamanya, fungsi hygrometer dijadikan sebagai alat ukur kelembapan pada ruangan. Kelembapan yang diukur merupakan kelembaban udara relatif yang merupakan jumlah kandungan air yang terdapat dalam satu ruangan tersebut. 

Adapun fungsi lebih lengkap dari Hygrometer diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pengontrol Kelembaban Laboratorium

Fungsi Hygrometer yang pertama adalah sebagai pengontrol kelembaban laboratorium.  Tidak hanya digunakan sebagai pengukur kelembaban udara, hygrometer juga difungsikan sebagai pengatur udara pada laboratorium.

Pasalnya laboratorium merupakan satu tempat yang sangat memperhatikan suhu dan tingkat kelembapannya karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasil reaksi atau benda yang disimpan di dalamnya. Dengan menggunakan hygrometer pada ruangan ini, maka dapat diketahui suhu kelembaban ruangan sehingga bisa dengan mudah mengontrol dan menempatkan barang yang hendak disimpan di dalamnya. 

2. Budidaya Tanaman

Hygrometer juga dapat digunakan dalam industri ataupun kegiatan budidaya tanaman. Biasanya kegiatan budidaya tanaman yang menggunakan alat pengukur ini adalah budidaya tanaman jamur. Namun alat ini juga dapat digunakan untuk budidaya tanaman lainnya.

Sebab, Hygrometer juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat kelembaban tanah. Dengan tujuan dapat lebih mempertimbangkan jenis tanaman serta mempersiapkan cara perawatan dan pengontrolan tanaman tersebut agar dapat lebih efektif tumbuh dari mengetahui tingkat kelembaban tanah dan suhu ruangan menggunakan hygrometer tersebut. 

3. Keperluan Penelitian

Selanjutnya, hygrometer juga dapat digunakan sebagai alat penelitian. Dalam penelitian, kelembapan udara menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi banyak hasil penelitian yang dijalankan. Para peneliti banyak memerlukan alat pengukur kelembaban ruangan ini.Biasanya hygrometer digunakan pada penelitian biologi yang memerlukan tingkat kelembapan udara untuk hasil penelitiannya. 

Namun bukan hanya itu, hygrometer juga banyak digunakan untuk meneliti perkiraan cuaca atau dapat meramal cuaca dengan cara melihat tingkat kelembapan suhu yang ditampilkannya. Jika kelembaban udara tinggi cenderung lebih dekat dengan prediksi akan hujan, begitupun sebaliknya jika kelembapan udara rendah artinya terdapat jumlah sinar matahari yang cukup, maka akan diprediksi cuaca akan cerah.

Baca Juga : Inilah 10 Jenis jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui

Tips Memilih Hygrometer

Melihat dari pentingnya kegunaan hygrometer, atau alat pengukur suhu ruangan ini dalam berbagai sektor kegiatan dan keseharian, pemilihan hygrometer yang tepat menjadi satu hal penting yang patut dipertimbangkan. 

Sebelum memutuskan dan membeli alat ukur kelembaban ruangan ini dibagi berikut tips yang perlu Anda simak dalam memilih hygrometer yang tepat, diantaranya adalah :

1. Tentukan Jenis Hygrometer

Langkah pertama memilih hygrometer adalah tentukan jenis hygrometer. Terdapat berbagai jenis hygrometer dengan spesifikasi dan keunggulan berbeda menyesuaikan fungsi utama masing – masing jenisnya. Umumnya, jenis hygrometer terbagi menjadi dua yaitu hygrometer dengan sistem analog dan digital. 

Hygrometer analog digunakan dengan sistem manual atau tidak menggunakan baterai. Jenis ini lebih unggul pada hasil pengukurannya yang dapat dilihat dari jarak jauh. Sedangkan hygrometer digital lebih canggih tampilannya serta lebih efektif hasil pengukurannya dibandingkan analog, sebab hygrometer jenis ini dapat menunjukan hasil dengan angka lebih detail.

Sesuaikan jenis hygrometer yang diinginkan dengan instalasi kebutuhan Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hygrometer yang lebih tepat dan efektif.

2. Cek Fungsinya

Tips lain untuk mengetahui fungsi dan tips memilih hygrometer adald menentukan jenis. Mepertimbangkan fungsi dari hygrometer juga penting dipertimbangkan. Meskipun fungsi utama penggunaan hygrometer adalah mengukur kelembaban suhu ruangan, namun perhatikan juga fungsi hygrometer lainnya sepeti kemampuannya mengingatkan tingkat kekeringan ruangan melalui alarm tingkat kekeringan, tingkat influenza serta kehangatan dalam ruang tersebut.

Menimbang fungsi lain dari hygrometer sebelum memilih dan membeli alat pengukur kelembaban suhu ruangan ini juga dapat membantu Anda mendapatkan hygrometer yang memiliki nilai guna tinggi.

3. Pastikan pemilihan produk dengan tingkat kesalahan minim

Terakhir poin penting yang dapat anda pertimbangkan adalah memastikan pemilihan produk dengan tingkat kesalahan minim. Meskipun hygrometer dengan tingkat kesalahan minim dibandrol dengan harga yang lebih tinggi, namun jenis ini akan lebih menghasilkan hasil ukur yang lebih akurat.

Biasanya tingkat akurasi dari hygrometer diberitahukan oleh produsen yang mengeluarkan alat ukur ini. Tingkat keefektifan ini berbeda sesuai dengan produsen hygrometer tersebut.

Pilih dan beli lah hygrometer dengan tingkat keefektifan alat mencapai kurang lebih 1%, sebab dengan tingkat keefektifan tersebut hygrometer dapat memberikan hasil ukur yang lebih akurat.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi dan tips memilih hygrometer. Menjadi alat ukur yang tinggi intensitas penggunaannya dalam keseharian membuat banyak yang harus diperhatikan sebelum membeli alat ukur ini.

Baca Juga : Cara Menggunakan PH Meter Digital yang Benar dan Jenisnya

Anda dapat menemukan hygrometer dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading.

To Top