Insight

Lebih Akurat, Anda Bisa Maksimalkan 5 Jenis Alat Ukur Tanah Berikut!

macam-macam alat ukur tanah

Banyak orang yang membutuhkan alat ukur tanah khususnya dalam bidang ilmu geografi. Karena alat ukur tersebut digunakan untuk mengukur karakteristik dan jarak dari tanah tersebut. Selain dalam bidang geografi, alat yang satu ini juga bisa digunakan oleh para pekerja jalanan. Dengan tujuan agar jalan tersebut tidak terjadi kesalahan saat dibangun. Lalu, jika alat ukur tanah adalah solusi, apa saja macam-macam alat ukur tanah yang biasa digunakan? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Macam-macam Alat Ukur Tanah

Alat ukur tanah adalah berbagai alat yang digunakan untuk mengukur resistensi tanah dan untuk tujuan dan aplikasi yang beragam. Berbagai macam jenis dari alat ukur ini mulai dari yang sederhana, optik, maupun eletronik. Harga dari alat ini pun bervariasi berdasarkan dari jenis alat ukurnya. Berikut ini pembahasan mengenai jenis alat ukur tanah dan cara kerjanya:

1. Earth Tester

macam-macam alat ukur tanah

Earth tester adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur tahanan pentahanan (grounding) baik untuk instalasi penangkal petir maupun instalasi listrik. Jadi, untuk mengukur besar tahanan tanah pada suatu area tersebut, digunakan alat bernama earth tester atau yang biasa juga ground tester. Nah, saat ini sudah banyak produk earth tester yang hadir dalam bentuk analog maupun digital.

Earth Tester Kyoritsu merupakan alat ukur tanah yang paling populer yang bisa Anda dapatkan. Alat yang berasal dari produk Jepang ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Alat ukur untuk tanah ini juga sudah sangat dikenal oleh para profesional di berbagai bidang khususnya Test and Measurement. Adapun bentuk dari alat ini yaitu berukuran kecil dan memiliki berat yang juga sangat ringan sehingga sangat mudah untuk dibawa kemanapun.

Selain itu, alat ukur untuk tanah ini juga sudah dilengkapi terlebih dahulu dengan material yang dinamakan Chasing. Di mana material tersebut bertujuan agar alat ini bisa tahan dari berbagai guncangan. Karena memang pada umumnya alat ini digunakan sebagai alat pengukuran tegangan bumi. Biasanya alat ini dipakai oleh para surveyor PLN, Telkom, dan lain sebagainya.

2. Alat Ukur Kadar Air Biji Kacang Tanah

Alat ukur kadar air biji kacang tanah ini memiliki fungsi untuk mengukur tingkat kadar air dalam kacang. Biasanya, alat ini digunakan untuk mengukur kadar air dari kopi, jagung, sorgum, padi, dan lain sebagainya. Sehingga alat ini banyak ditemukan di setiap bidang pertanian karena memang memerlukan alat ukur tanah ini demi kualitas produknya.

Adapun cara yang bisa digunakan untuk melakukan pengukuran ini adalah memutar tombol adjuster yang berfungsi untuk mengukur kalibrasi sampel. Namun, alat ini harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dipakai agar nantinya tidak merusak kualitas dari suatu produksi barang.

3. Soil Compaction

macam-macam alat ukur tanah

Untuk mengukur kepadatan tanah diperlukan sebuah alat yang dinamakan soil compaction tester. Di mana bentuknya ini seperti kepala senter namun berukuran kecil. Alat ukur untuk tanah ini juga digunakan dengan tujuan untuk memaksimalkan hasil panen dan mengurangi biaya pembelian bahan dickey-john.

Pada dasarnya penggunaan alat ini memang cukup mudah. Caranya, Anda cukup mendorong penguji tanah di berbagai lokasi dengan tujuan mengetahui kualitas tanah, peningkatan dan penurunan tekanan tanah, dan lain sebagainya.

4. PH Meter

macam-macam alat ukur tanah

PH Meter dapat diartikan sebagai alat yang berbasis elektronik yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman dan kebasaan. Keasaman atau alkalinitas yang dimaksud adalah berasal dari cairan. Alat pH meter ini memiliki sebuah elektrade atau probe pengukur yang nantinya akan tersambung ke sebuah alat elektronik. Di mana alat elektronik ini nantinya yang akan mengukur dan juga menampilkan nilai pH nya. Alat ukur ini biasanya digunakan di dalam industri air minum, laboratorium, serta pengukuran pH akuarium.

6. Alat Ukur Kekuatan Geser Tanah

Alat ukur kekuatan geser tanah ini bertujuan untuk menghitung tekanan tanah yang bekerja pada dinding petahanan. Bukan hanya bekerja pada dinding petahanan saja, alat ini juga bekerja pada kestabilan lereng. Ya, kestabilan lereng yang diakibatkan oleh keruntuhan geser dari dalam tanah bisa diukur dengan alat yang satu ini.

 

Pentingnya Menggunakan Alat Ukur Tanah

Pada umumnya ilmu ukur tanah dapat diartikan sebagai cabang ilmu yang berasal dari ilmu geodesi. Di mana ilmu ini memberikan pelajaran mengenai sebagian kecil dari bentuk permukaan bumi di dunia. Adapun tujuan menggunakan dari alat ukur tanah yaitu bisa mendapatkan data dari hasil pengukuran yang dilakukan. Kemudian nantinya akan dikembangkan dalam pembuatan peta, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sering Dijumpai di Lahan Parkir, Apa Fungsi dari Wheel Stopper?

Sudah memahami berbagai informasi alat ukur untuk tanah di atas ? Jika Anda meyakini bahwa macam-macam alat ukur tanah di atas adalah solusi mutakhir untuk membantu pekerjaan Anda, tunggu apalagi, segera miliki alat ukur untuk tanah tersebut dari berbagai supplier alat uji ukur tanah berkualitas dan terpercaya yang ada di platform Indotrading! Berbagai manfaat yang bisa diperoleh jika memilikinya, konsultasikan daja kepada kami maka kami akan memberikan penawaran terbaik. Yuk segera hubungi admin Kami untuk lakukan konsultasi dan pemesanan.

Lihat videonya disini!

[wonderplugin_video iframe=”https://youtu.be/GVI_fZHZals” lightbox=0 lightboxsize=1 lightboxwidth=960 lightboxheight=540 autoopen=0 autoopendelay=0 autoclose=0 lightboxtitle=”” lightboxgroup=”” lightboxshownavigation=0 showimage=”” lightboxoptions=”” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 autoplay=0 loop=0 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://news.indotrading.com/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

 

To Top