Insight

Inilah 10 Jenis jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui

jenis-jenis termometer

Selama situasi pandemi saat ini, termometer tembak atau termometer digital sangat laris manis di pasaran. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak jenis jenis termometer (alat ukur suhu) beserta kegunaannya yang bisa Anda beli di pasaran.

Perlu diketahui termometer biasanya dipakai untuk mengukur suhu atau mengetahui derajat dingin/panas dari suatu benda. Akan tetapi, ada juga termometer yang dipakai untuk mendeteksi suhu ruangan, bahan bakar, hingga difungsikan untuk mesin pabrik.

Nah, penasaran apa saja jenis jenis termometer berdasarkan kegunaan dan fungsinya? Ini dia informasi selengkapnya untuk Anda!

1. Termometer Bimetal 

jenis-jenis thermometer

Termometer bimetal memiliki cara kerja dengan memanfaatkan perbedaan pemuaian antar dua jenis logam. Termometer bimetal terdiri dari dua keping logam yang memiliki koefisien muai berbeda. Saat mengalami perubahan suhu, maka bimetal akan melengkung ke arah tertentu. Termometer bimetal dapat digunakan untuk mengukur suhu oven kompor, thermostat, pemanggang, circuit breakers, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan termometer bimetal, Anda bisa klik website indotrading.com. Sebab, di Indotrading tersedia jenis jenis termometer beserta kegunaannya sesuai kebutuhan Anda. Di antaranya seperti merek SK SATO Cat Pocket Bimetal Thermometer,  ASHCROFT EI Bimetal Termometer, Bimetal Thermometer for Asphalt, dan masih banyak lagi.

2. Termometer Digital

jenis-jenis thermometer

Termometer digital menggunakan prinsip kerja sensor digital dan layar LCD untuk menunjukkan tingkat suhu. Sensor umum digunakan adalah termokopel. Termometer digital memiliki akurasi dan sensitivitas tinggi, sehingga biasa digunakan secara luas untuk mengukur suhu badan, sebagai alat bantu memasak, dan keperluan alat laboratorium.

Untuk pilihan termometer digital terbaik, Anda bisa juga bisa mendapatkannya di situs Indotrading.com dengan berbagai tipe. Seperti: PCE-675 incl. Type K, Amprobe TMD-56 Multi-logging, HT-306, dan masih banyak lagi.

3. Termometer Cairan Alkohol

jenis-jenis thermometer

Termometer Cairan Alkohol bisa jadi alternatif jika Anda tidak memiliki termometer air raksa. Namun tidak seperti termometer air raksa, termometer cairan alkohol lebih aman dan lebih lambat dalam proses penguapan. 

Alkohol yang digunakan biasanya berjenis etanol karena lebih murah dan lebih aman jika tiba-tiba termometer pecah. Termometer cairan alkohol dari etanol hanya bisa untuk mengukur suhu sampai 78°C saja sehingga sering digunakan untuk mengukur suhu badan dan suhu ruangan.

Saat ini, ada berbagai merek termometer cairan alkohol yang bisa Anda dapatkan dari supplier termomter yang terverifikasi di situs Indotrading.com. Contohnya Alla France Thermometer Alkohol -20 – 150 C.

4. Termometer Probe

jenis-jenis thermometer

Termometer probe memiliki desain pada ujung sensor yang runcing dan terhubung kabel yang cukup panjang. Termometer ini paling banyak digunakan dalam bidang kesehatan, ritel, dan makanan. Untuk mengetahui kegunaan termometer probe secara lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi supplier termometer yang ada di Indotrading.com. Beberapa contoh termometer probe antara lain Fluke 51 II, SMART SENSOR AR 847 Thermometer Hygrometer, dan TERMOMETER 20 T.

5. Termometer Air Raksa

jenis-jenis thermometer

Termometer air raksa adalah termometer yang menggunakan cairan berupa air raksa. Bisa dibilang, termometer jenis ini paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Alasannya, termometer jenis ini dianggap cukup efektif untuk mengukur suhu yang sangat tinggi, mudah dilihat, perubahan suhu cukup cepat, dan dinding termometer tidak basah. Namun, termometer air raksa sangat berbahaya jika pecah. Selain itu, termometer ini tidak dapat mengukur suhu rendah dan harganya relatif lebih mahal. 

Jika Anda menginginkan termometer air raksa untuk mengukur suhu badan, dalam laboratorium, atau industri, Anda bisa melakukan pemesanan langsung melalui supplier termometer air raksa di platform Indotrading.com. Anda bisa memilih tipe termometer raksa safety atau termometer raksa Gea.

6. Termometer Dinding

jenis-jenis thermometer

Disebut dinding karena termometer ini dipasang tergantung di dinding untuk mengukur suhu ruang. Jadi fungsi utama dari termometer dinding adalah untuk mengetahui dan mengukur suhu suatu ruangan. 

Bahan pengisinya berupa air raksa dan satuan suhu dinyatakan dalam derajat celcius dan Fahrenheit. Platform Indotrading.com memberikan beberapa rekomendasi supplier termometer dinding terbaik dan berkualitas, yang dapat Anda pilih untuk mendeteksi suhu ruangan Anda.

7. Termometer Resistensi

jenis-jenis thermometer

Termometer resistensi memiliki cara kerja dengan mencatat perubahan resistensi cairan yang mengalir melalui kawat platina yang dililitkan pada material kaca. Namun, termometer ini bisa menggunakan tembaga dan nikel sebagai alternatif jika tidak ada platina. 

Termometer ini digunakan secara luas dalam bidang otomatisasi dan proses kontrol. Sebab, mampu mengukur suhu antara minus 250 derajat Celcius hingga 700 derajat Celcius. Rekomendasi termometer resistensi untuk Anda yaitu Termokopel – Calys60IS

8. Termometer maksimum-minimum

jenis-jenis thermometer

Termometer maksimum minimum (Thermometer Six-Bellani) merupakan termometer yang digunakan untuk mengetahui suhu maksimum dan suhu minimum pada suatu tempat dalam jangka waktu tertentu. 

Prinsip kerja termometer ini adalah ketika suhu naik, maka air raksa dalam bola mengembang dan mendesak bagian yang sempit, lalu masuk ke dalam tabung yang berskala. 

Ujung air raksa yang terdapat di sisi kanan merupakan suhu udara tertinggi. Jadi, jika suhu udara turun, maka kolom air raksa tetap di tempat karena tertahan oleh bagian yang sempit. Untuk mengembalikan ke seperti semula, Anda harus mengayunkan termometer ini sekuat-kuatnya.

9. Termometer Resistor

Termometer resistor merupakan termometer yang memanfaatkan perubahan hambatan (resistor) jenis suatu penghantar akibat adanya perubahan suhu. Termometer dibentuk dari komponen elektronik yang memiliki akurasi sangat tinggi. Di industri, Termometer Resistor biasanya dipakai untuk mengetahui suhu di dalam pipa bahan bakar gas.

10. Termometer Inframerah

Termometer inframerah merupakan termometer yang memiliki cara kerja dengan mendeteksi radiasi termal menggunakan laser/ inframerah. Ketika menggunakan termometer ini, Anda tidak perlu menyentuh objek sama sekali. Secara khusus, Termometer inframerah digunakan untuk mengukur suhu tubuh di bagian tertentu dan digunakan juga dalam kegiatan industri.

Baca juga: Utamakan Kualitas, Inilah Rekomendasi Supplier Genset Berkualitas di Indonesia

Itu dia jenis jenis termometer beserta kegunaannya yang perlu Anda ketahui, Yuk, dapatkan supplier termometer yang terpercaya hanya di platform Indotrading.com. 

To Top