Berita

Daftar Produk Bisnis IKM Binaan Direktorat IKM Kategori Mesin

Kali Ini Tim News Indotrading akan mengulas mengenai IKM dan Daftar Produk IKM kategori Mesin yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Industri kecil dan menengah dan menjadi Supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga : 26 Bisnis IKM Binaan Direktorat IKM yang Gabung Member Indotrading

Anda dapat menemukan berbagai produk dari perusahaan-perusahaan tersebut dengan harga dan kualitas terbaik di Indotrading!

Tentang Industri Kecil dan Menengah Kategori Mesin

Menurut UU No 9 Tahun 1995, mengenai Industri kecil menjelaskan bahwa Industri kecil merupakan kegiatan industri yang dijalankan oleh perorangan atau badan usaha mandiri yang tidak dimiliki, dikuasai atau terikat dan terkait oleh badan usaha menengah dan besar yang memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Memiliki 5 sampai 19 tenaga kerja
  2. Menggunakan alat teknologi tradisional
  3. Memiliki aset perusahaan bersih maksimal Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah ) dan belum termasuk tanah atau bangunan usaha

Sedang Industri Menengah yang dijelaskan dalam UU No 5 Tahun 1987 merupakan industri yang dijalankan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan milik, atau dikuasai badan usaha lain namun menjadi bagian dari industri kecil ataupun besar.

Adapun kriteria yang dimiliki industri menengah lebih meningkat dibandingkan industri kecil yaitu sebagai berikut :

  1. Memiliki aset bersih minimal Rp. 500.000.000,- (Lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan
  2. Menggunakan alat teknologi modern dalam proses produksi
  3. Memiliki jumlah tenaga kerja lebih dari 20 orang

Berdasarkan struktur organisasi Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, terdapat empat kelompok besar direktorat IKM salah satu yang umum adalah direktorat industri kecil dan menengah kategori logam, mesin, elektronik, dan alat angkut.

Dari keempat kategori tersebut, kategori mesin menjadi jenis industri kecil dan menengah kedua terbanyak dan mudah ditemukan setelah kategori logam di antara para pelaku industri kecil dan menengah di Indonesia.

Menjadi jenis kegiatan IKM yang tidak asing dan banyak ditemukan, Industri kecil dan menengah kategori mesin merupakan kegiatan IKM yang berfolus pada produksi dan pengembangan produk kategori mesin yang berkualitas tinggi.

Tidak kalah dengan produk mesin buatan industri-industri besar, kualitas mesin IKM yang umumnya dibuat atau diproduksi langsung oleh manusia ini mampu juga bersaing di pasaran untuk menjadi mesin tepat guna.

Ditambah lagi, mesin-mesin buatan industri kecil dan menengah kategori mesin ini umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan buatan Industri besar sehingga keberadaannya penting dan banyak dicari serta digunakan masyarakat sebagai alat bantu pendorong aktivitas harian.

Layaknya unit kegiatan Industri kecil dan menengah pada umumnya, sebagai salah satu unit kegiatan penggerak ekonomi, Industri kecil dan menengah kategori mesin memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. Peran tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Penggerak ekonomi  masyarakat di tengah krisis

Kegiatan industri kecil dan menengah dipercaya mampu bertahan keadaan ekonomi yang sedang tidak stabil ataupun krisis. Hal tersebut karena kegiatan industri ini dijalankan oleh perorang dan skala kecil dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan ekonomi rumahan per orang.

2. Mengurangi pengangguran

Sebagai unit kegiatan perekonomian di tengah masyarakat dengan tingkat ekonomi lemah dan daya keterampilan rendah, Industri kecil dan menengah dapat menyerap kelompok atau perorangan dengan kriteria tersebut yang tidak mencapai kriteria tenaga kerja industri besar, sehingga hal tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di wilayah atau daerah tersebut.

Hanya saja, pembeda antara Industri kecil dan menengah ini terletak pada fokus bidang produksi dan pengembangan produk nya. Industri kecil dan menengah kategori mesin menjalankan tugas nya sebagai penggerak ekonomi di tengah masyarakat yang kurang berdaya dengan fokus kegiatan produksi di bidang mesin.

Baca Juga : Begini Cara Perawatan Mesin Industri Agar Tetap Awet

Daftar Perusahaan IKM Binaan Direktorat IKM Kategori Mesin Supplier Indotrading

Sebagai badan naungan perusahaan kecil dan menengah di Indonesia, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah kategori mesin memproduksi berbagai produk mesin dari berbagai perusahaan IKM kategori mesin.

Berikut produk-produk unggulan yang diproduksi perusahaan IKM kategori mesin, diantaranya :

1. Mesin Industri

Mesin industri merupakan salah satu jenis mesin yang jumlah produksinya banyak di antara para pelaku industri kecil dan menengah kategori mesin. Biasanya diproduksi dengan tujuan untuk membantu dan mendorong unit kegiatan Industri lainnya.

Produk-produk yang banyak diproduksi atau dibuat pada jenis kategori mesin ini diantaranya mesin Spinner, mesin pengering, Hand Sealer, mesin continuous sealer, mesin penutup botol, mesin sangrai kopi, mesin pengolah sampah organik, mesin pengayak sampah organik , mesin pencetak bata merah, filter press besar, mesin pirolisis.

Produk tersebut merupakan produk unggulan dari CV. Phonna Raya Machinery dan PT Cans Agrinusa, yang merupakan member Indotrading terpercaya yang juga menjadi dua perusahaan yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Industri kecil dan menengah pada kategori mesin.

2. Mesin Alat Kesehatan

Mesin alat kesehatan menjadi mesin yang banyak dicari terlebih pada masa pandemic seperti sekarang ini. Kebutuhan produksi mesin kesehatan meningkat drastis dan berubah menjadi kebutuhan pokok yang ketersediaanya harus dipastikan dan disiapkan dengan baik.

Produk mesin alat kesehatan yang banyak diproduksi oleh perusahaan industri kecil dan menengah kategori mesin diantaranya dry mist maker, hand sanitizer, desinfektan, high purity tubing, serta kain pel mopping system.

Produk-produk mesin alat kesehatan tersebut dapat Anda temukan di PT Galih Cipta Wisesa yang juga merupakan member Indotrading yang menjadi supplier terpercaya untuk produk mesin alat kesehatan di Indonesia. Tidak hanya itu, PT. Galih Cipta Wisesa juga merupakan perusahaan IKM terdaftar pada kategori mesin di Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah.

3. Mesin Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan

Jenis mesin selanjutnya yang banyak diproduksi adalah mesin bantu kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Sebab, kegiatan tersebut menjadi kegiatan yang umumnya dilakukan sebagai mata pencaharian masyarakat Indonesia terlebih di pedesaan atau daerah di Indonesia. Sejalan dengan kondisi tersebut, tidak heran bahwa produksi jenis mesin pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan menjadi salah satu jenis mesin yang jumlahnya tidak sedikit.

Produk unggulan yang hampir diproduksi setiap perusahaan IKM jenis ini adalah Mesin pencacah organik, mesin mixer kompos dan pakan, mesin penggiling multiguna, mesin pengering otomatis, mesin pencacah rumput, mesin alat tanam benih, mesin pengemas, mesin pemanen padi, mesin perontok padi, mesin pengayak padi, mesin hand traktor, alat pengungkit ubi kayu, mesin roll karet manual, mesin pencetak pakan ikan, mesin pelet apung, pot sabut, coco fiber, coco peat, mesin boiler uap, dan  mesin peternakan, .

Cukup banyak perusahaan IKM yang memproduksi mesin pada jenis ini. CV Budi Mukti, PT Bahagia Jaya Sejahtera, PT Rekadaya Kreasi, PT Cans Agrinusa, dan PT Maxzer Solusi Steril merupakan diantara perusahaan IKM yang memiliki produk-produk unggulan jenis mesin ini. Perusahaan IKM tersebut juga telah terdaftar sebagai member terpercaya Indotrading yang juga telah terdaftar di Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah.

4. Mesin Pencuci

Jenis mesin pencuci juga menjadi kategori mesin utama yang banyak diproduksi. Mesin pencuci biasanya digunakan untuk mendorong unit kegiatan usaha rumahan seperti usaha laundry, dan sejenisnya.

Produk dari mesin pencuci yang dapat dengan mudah Anda temukan diantaranya Ultrasonic cleaning, Dry Ice Blasting, Shot blasting Machine, Ultrasonic table top, dan mesin oven pengering. Mesin-mesin tersebut merupakan jenis mesin pencuci yang telah dilengkapi berbagai kecanggihan teknologi di dalamnya.

Produk mesin pencuci tersebut merupakan produk unggulan dari PT Senalapan Perkasa Indonesia, dan PT Maxzer Solusi Steril yang merupakan perusahaan industri kecil dan menengah terdaftar di Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, dan telah menjadi member terpercaya Indotrading.

5. Mesin Pengolah Makanan

Mesin pengolah makanan merupakan jenis mesin yang tidak dapat dilewatkan dari daftar produk kategori mesin. Jenis mesin ini sangat banyak ditemukan keberadaannya baik untuk mendorong usaha ataupun untuk digunakan dalam keseharian.

Produk-produk jenis mesin pengolah makanan yang bisa Anda temukan diantaranya mesin pencetak bakso, mesin pemotong buah dan sayur, mesin pencetak mie, mesin pencabut bulu ayam, mesin pengupas kopi basah, mesin cup sealer, mesin penggiling bumbu, mesin parutan kelapa, mesin penepung (Disk Mill), mesin pengolah minyak kelapa, mesin gula semut, mesin briket, mesin vacuum frying, mesin grinder dan mesin pasteurisasi susu listrik.

Semua jenis produk mesin pengolah makanan diatas dapat Anda temukan dengan mudah di CV. Phonna Raya Machinery, CV Rumah Mesin, dan PT Maxzer Solusi Steril. Perusahaan IKM tersebut telah menjadi member supplier Indotrading yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah.

Demikianlah pembahasan mengenai industri kecil dan menengah dan Daftar Perusahaan IKM kategori Mesin yang juga telah menjadi supplier terpercaya di Indotrading.

Baca Juga : 10 Produk Power Supply Terbaik untuk Bantu Tunjang Cadangan Listrik Industri

Anda dapat menemukan produk unggulan dari perusahaan-perusahaan tersebut dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

banner seller
To Top