Berita

Daftar Produk Bisnis IKM Binaan Direktorat IKM Kategori Alat Angkut

Kali Ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai IKM dan Daftar Produk IKM kategori Alat Angkut yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Industri kecil dan menengah dan menjadi Supplier terpercaya di Indotrading.

Anda dapat menemukan produk unggulan dari perusahaan – perusahaan tersebut dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading.

Kegiatan Industri Kecil dan Menengah Kategori Alat Angkut

Kegiatan Industri merupakan bentuk kegiatan memproduksi bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi yang kemudian dijadikan sebagai produk yang memiliki nilai guna dan jual.

Kegiatan Industri memiliki berbagai jenis yang dibedakan dan dikelompokan berdasarkan skalanya. Salah satu unit dari kegiatan industri berdasarkan skalanya adalah Industri kecil dan menengah.

Secara umum industri kecil dan menengah diartikan sebagai unit kegiatan industri berskala kecil dan menengah yang banyak dilakukan di daerah pedesaan maupun daerah – daerah dengan ekonomi terbilang rendah dan masyarakat yang kurang berdaya.

Kebijakan IKM datang berawal dari keresahan kebijakan kabinet terdahulu yang cenderung lebih memfokuskan unit kegiatan industri dengan skala besar dan target capaian tinggi. Juga, kebijakan Industri kecil menengah hadir mengisi kekosongan terhadap unit kegiatan ekonomi skala rumahan atau perorangan.

Baca Juga : 26 Bisnis IKM Binaan Direktorat IKM yang Gabung Member Indotrading

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian yang juga merupakan badan hukum yang bertanggung jawab menaungi serta mengontrol kebijakan dari kegiatan perusahaan-perusahaan industri kecil dan menengah di Indonesia.

Dengan dasar rencana strategis jangka menengah tahun 2015-2019, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan menengah membawa misi mewujudkan perusahaan-perusahan industri kecil dan menengah yang berdaya global.

Hadir sebagai bentuk dari jawaban atas keresahan terhadap perhatian untuk setiap kegiatan ekonomi dengan skala kecil dan menengah, IKM membawa tujuan untuk ikut mengabil peran sebagai penggerak yang baik dan konsisten dalam roda perekonomian Indonesia.

Lebih spesifik, Industri kecil dan menengah banyak dijalankan pada wilayah atau daerah pedesaan dengan tingkat kemakmuran ekonomi lemah dan daya keterampilan masyarakat rendah dengan tujuan membantu meningkatkan kemakmuran ekonomi masyarakat setempat, dimulai dari tingkatan skala terkecil yaitu rumahan.

Dalam struktur organisasinya, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian membagi unit kegiatan IKM ke dalam beberapa bidang kategori, diantaranya adalah :

  1. Industri kecil dan menengah kategori bidang pangan, barang dari kayu, dan furniture.
  2. Industri kecil dan menengah kategori bidang kimia, sandang, aneka dan kerajinan
  3. Industri kecil dan menengah kategori bidang logam, mesin, elektronik, dan alat angkut

Jumlah produk IKM dari ketiga kategori bidang industri kecil dan menengah tersebut sangat beragam, tidak terkecuali kategori alat angkut.

Meskipun terbilang tidak sebanyak kategori lainnya, Industri kecil dan menengah kategori alat angkut juga menjadi perhatian besar dari Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah selaku payung kegiatan IKM.

Industri Kecil dan Menengah kategori alat angkut berfokus pada produksi dan pengembangan produk berupa alat angkut ataupun aksesoris alat angkut yang juga menjadi kebutuhan harian masyarakat.

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, tepatnya selama masa pandemi, industri kecil dan menengah alat angkut mampu mengambil peran sebagai rantai pemasok industri alat angkut dalam spesifikasi alat angkut sepeda.

Pencapaian tersebut mampu membuktikan bahwa produk alat angkut yang diproduksi industri kecil dan menengah memiliki kualitas yang tidak dapat diragukan dan menjadi gambaran bahwa perkembangan industri kecil dan menengah pada kategori alat angkut terus berinovasi dan tumbuh.

Baca Juga : Begini Cara Memulai Bisnis Alat Berat Saat Pandemi

Daftar Produk Industri Kecil dan menengah Kategori Alat Angkut

Secara umum, produk-produk unggulan dari perusahaan industri kecil dan menengah kategori alat angkut dapat diklasifikasikan kedalam dua jenis besar produk. Dua jenis besar produk alat angkut ini dilihat dari banyaknya jumlah perusahaan IKM kategori alat angkut memproduksi produk tersebut.

Dua jenis besar produk alat angkut tersebut adalah sebagai berikut :

1. Alat Angkut Industri

Alat angkut industri merupakan jenis produk yang paling banyak diproduksi perusahaan IKM dengan kategori alat angkut. Hampir semua perusahaan IKM dengan kategori alat angkut memiliki produk unggulan dengan jenis alat angkut industri. Biasanya produk-produk unggulan dari jenis produk ini digunakan untuk memudahkan aktivitas industri baik di skala kecil, menengah maupun besar.

Produk-produk yang biasanya ada dalam jenis produk alat angkut industri ini diantaranya adalah pallet, troli, rak troli, pallet mesh, keranjang besi, conveyor, conveyor belt, meja produksi, part machiningan, torlly packing, trolly spare part.

Produk-produk alat angkut industri tersebut bisa Anda temukan di PT. Ardon Inti Presisi, dan PT. Umerson Wamatetsu. Kedua perusahaan tersebut merupakan perusahaan IKM yang telah terdaftar menjadi member indotrading sebagai supplier terpercaya, juga telah resmi terdaftar di Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian pada bidang Industri kecil dan menengah kategori alat angkut.

2. Aksesoris Alat Angkut

Jenis produk alat angkut selanjutnya adalah berupa aksesoris. Permintaan pasar terhadap produk aksesoris alat angkut ini juga banyak sama banyaknya dengan produk-produk alat angkut utama. Meskipun belum banyak perusahaan IKM yang memproduksi jenis produk alat angkut yang satu ini, namun sirkulasi produksi aksesoris alat angkut jarang sekali mengalami kemacetan ataupun kendala yang berarti.

Adapun produk-produk yang umumnya banyak diproduksi untuk jenis produk ini diantaranya adalah sarung jok mobil, sarung mobil, sarung stir mobil, karpet dasar mobil, karpet bihun (karpet PVC), dan terpal mobil.

Produk – produk tersebut merupakan produk unggulan dari PT Sun Auto Accessories. PT. Sun Auto Accessories merupakan perusahaan Industri Kecil dan Menengah dengan kategori alat angkut yang telah terdaftar dalam database Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian. Selain itu, PT Sun Auto Accessories juga telah menjadi member Indotrading dan menjadi supplier terpercaya untuk kategori alat angkut.

 Itulah produk-produk unggulan IKM dalam kategori alat Angkut. Meskipun tidak sebanyak kategori lainnya, namun keberadaan produk dengan kategori alat angkut cukup mudah ditemukan di pasaran.

Baca Juga : Simak 5 Tips Memilih Troli Barang Terbaik

Anda dapat temukan produk-produk tersebut dengan harga dan kualitas terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading.

banner seller
To Top