Berita

Daftar Produk Bisnis IKM Binaan Direktorat IKM Kategori Logam

Kali Ini Tim News Indotrading akan mengulas mengenai IKM dan Daftar Produk IKM kategori logam yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Industri kecil dan menengah dan menjadi Supplier terpercaya di Indotrading.

Anda dapat menemukan berbagai produk dari perusahaan-perusahaan tersebut dengan harga dan kualitas terbaik di Indotrading!

Apa itu IKM?

 

Industri kecil dan menengah atau lebih dikenal dengan nama singkatnya IKM, merupakan salah satu kegiatan ekonomi dalam bidang industri dengan skala kecil dan menengah yang menjadi salah satu penggerak dari roda perekonomian, khususnya di wilayah dengan tingkat kemakmuran dan daya ekonomi lemah.

Di Indonesia, kegiatan industri kecil dan menengah ini masuk kedalam program dan kebijakan yang dijalankan dibawah tanggung jawab dan pengontrolan dari Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian dengan membawa misi mewujudkan industri skala kecil dan menengah di Indonesia  yang berdaya global.

Skala kecil dari unit Industri ini setidaknya membutuhkan kepemilikan aset bersih 200 juta atau omset 1 milyar, dan dijalankan dengan sumber tenaga kerja serta alat dukung teknologi sederhana.

Sedang skala menengah dari unit industri yang banyak dilakukan di daerah dengan masyarakat ekonomi dan keterampilan cenderung lemah ini setidaknya memiliki lebih besar aset, omset, tenaga kerja serta alat dukung kerja berteknologi lebih tinggi dibandingkan dengan skala kecil.

Kegiatan industri kecil menengah sendiri memiliki peran penting sebagai penggerak perekonomian diantaranya sebagai wadah penyerap tenaga kerja, serta penggerak perekonomian di tengah krisis.

Baca Juga : 26 Bisnis IKM Binaan Direktorat IKM yang Gabung Member Indotrading

Daftar Produk IKM Kategori Logam

Sebagai badan industri kecil dan menengah, Ditjen IKM memiliki banyak perusahaan industri yang dinaunginya dengan berbagai kategori. Salah satu kategori tersebut adalah logam.

Berikut daftar berbagai produk berdasarkan jenis material logam sebagai bahan produksinya :

1. Logam Kuningan dan Tembaga

Sudah tidak diragukan lagi, logam kuningan dan tembaga merupakan jenis logam yang sangat cocok untuk dijadikan bahan material perhiasan, pajangan, ataupun aksesoris lainnya.

Karakteristiknya yang rendah terhadap gesekan dan memiliki tampilan yang menarik menjadikan kedua material logam tersebut sebagai pilihan utama untuk menghasilkan produk sejenis perhiasan ataupun aksesoris.

Produk – produk yang dapat dihasilkan dari olahan bahan kuningan antara lain adalah Aksesoris atau pajangan seperti vas bunga, lampu pajang, bingkai foto / lukisan, dan yang lainnya. alat makan seperti piring, sendok, garpu, gelas, mangkok, pisau dan lainnya, alat mandi seperti bathtub, aksesoris kunci ataupun bangunan seperti baut dan kawat.

Alat-alat tersebut dapat Anda temukan dari perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar di perusahaan industri kecil dan menengah Direktorat Jenderal Industri kecil dan menengah Kementerian Perindustrian yang juga merupakan Supplier terpercaya Indotrading seperti CV. Fancy Copper dan PT. Bimuda Karya Teknik. Dua perusahaan yang unggul dalam produksi produk dari bahan logam kuningan dan Tembaga.

2. Besi

Besi merupakan jenis material logam lainnya yang juga kerap dijadikan sebagai bahan dasar material suatu produk. Terlebih saat digunakan sebagai bahan material untuk mesin, material logam besi dapat menahan panas yang ditimbulkan dari penggunaan mesin tersebut, sehingga tidak berbahaya dan mempengaruhi bagian lainnya.

Penggunaannya yang sudah tidak diragukan lagi, besi banyak dijadikan bahan dasar produk baik di bidang alat pertanian seperti cangkul, pacul, dodos sawit, mesin pengolah makanan seperti mesin pulper kopi, tempat penyimpanan seperti lemari ataupun rak siku besi dan sebagainya, juga manufaktur otomotif seperti Gasket dan cakram rem motor.

Produk-produk olahan logam besi diatas dapat Anda temukan di perusahaan Industri kecil dan menengah yang telah terdaftar dan menjadi Supplier terpercaya Indotrading yang memiliki produk – produk unggulan dari olahan logam seperti PT. Indobaja Primamurni, PT. Bimuda Karya Teknik, PD Karya Mitra Usaha, dan juga PT Fuboru Indonesia.

3. Aluminium

Banyak produk yang telah diolah dan dihasilkan dari bahan logam yang satu ini, Aluminium. Mulai dari peralatan rumah tangga, manufaktur otomotif, bahan bangunan, dan masih banyak lagi.

Aluminium memiliki karakteristik unggul sebagai bahan dasar produk olahan logam karena sifatnya yang tidak mudah cepat berubah warna, penghantar listrik dan panas yang baik, serta tidak mudah bereaksi dengan bahan kimia baik pada makanan ataupun bahan kimia lainnya.

Produk yang telah banyak dihasilkan dari jenis logam satu ini diantaranya adalah produk-produk kebutuhan rumah tangga seperti alat makan, produk bahan bangunan seperti atap spandek, nok atap, nok crimping, dan masih banyak lagi, bahkan manufaktur seperti knalpot juga dibuat dan dilapisi bahan aluminium, serta tempat lilin, juga banyak yang terbuat dari material logam aluminium.

Perusahaan industri kecil dan menengah banyak yang menjadikan produk-produk tersebut sebagai produk utama dan produk unggulan mereka.

Juragan Atap Kalsel, PD Karya Mitra Usaha, UD. Cantenan Jogja merupakan tiga perusahaan berkategori logam dengan jenis produk unggulan yang terbuat dari Aluminium.

Baca Juga : Simak Keuntungan Usaha Pembuatan Plat Alumunium Terlengkap

Anda bisa temukan produk-produk unggulan dari material logam aluminium diatas dari perusahaan IKM yang telah terdaftar di dalam Dirjen IKM yang juga telah lama menjadi supplier terpercaya di Indotrading.

4. Baja

Kerap disandingkan dengan besi sebagai material unggulan untuk diolah menjadi berbagai produk, baja juga merupakan material logam utama yang telah banyak dikenal dan digunakan.

Baja memiliki karakteristik yang kuat untuk dijadikan bahan dasar olahan produk, terlebih produk produk seperti bangunan, mesin dan lain sebagainya.

Produk-produk yang banyak diolah dari material logam baja diantaranya produk manufaktur otomotif seperti dongkrak mobil manual dan onderdil otomotif, bahan bangunan dan perlengakapannya seperti wastafel cover plat baja, serta alat pengolah makanan seperti pencacah dan egrek kelapa.

Produk yang dihasilkan dari baja tersebut dapat Anda temukan di perusahaan industri kecil dan menengah yang telah terdaftar menjadi Supplier terpercaya Indotrading seperti PT. Indobaja Primamurni, PT Ganding Toolsindo, CV Kwobra Jaya Sentosa yang telah memproduksi produk unggulan dari baja yang sudah disebutkan diatas.

5. Stainless

Stainless merupakan jenis logam lainnya yang sering digunakan sebagai bahan dasar ataupun pelapis banyak produk. Sering kali dianggap sama dengan aluminium, stainless juga memiliki karakteristiknya sendiri seperti tahan karat, minim perawatan, lebih menarik, dan lebih tahan terhadap suhu rendah.

Produk mesin pengolah makanan banyak terbuat dari steinless seperti mesin kopi (Roaster, pencuci, pengupas, mixer kopi). Furniture laboratorium seperti lempari penyimpan alat laboratorium juga banyak terbuat dari stainless. Ada juga logam steinless yang dijadikan sebagai bahan dasar produk hydrant pillar.

Berbagai produk diatas merupakan produk unggulan dari perusahaan industri kecil dan menengah yang telah terdaftar di Dirjen IKM perindustrian dan telah lama bergabung menjadi Supplier terpercaya Indotrading.

Perusahaan –perusahaan dengan produk unggulan tersebut adalah PD Karya Mitra Usaha, PT Fuboru Indonesia, dan PT Karya Paduyasa.

6. Seng dan Baja Ringan

Jenis logam lainnya yang banyak dijadikan sebagai bahan olahan produk adalah seng dan baja ringan.

Sudah banyak dikenal dengan karakteristik yang awet, tidak mudah rusak dan karatan, serta lebih ringan dibandingkan material besi, seng dan baja ringan banyak dijadikan sebagai logam alternative dasar produk.

Produk-produk unggulan yang banyak menggunakan material seng dan baja ringan diantaranya adalah produk bahan bangunan seperti atap spandek dan sejenisnya. Seng dan baja ringan juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar prdouk plat seng.

Bimuda Karya Teknik dan PT. Juragan Atap Kalsel merupakan kedua perusahaan yang telah banyak menghasilkan produk unggulan dari baja ringan dan seng yang telah disebutkan diatas.

Kedua perusahaan tersebut juga merupakan Supplier terpercaya Indotrading yang telah terdaftar sebagai perusahaan industri kecil dan menengah Ditjen IKM kementerian perindustrian.

Baca Juga : 3 Logam Mulia Selain Emas Ini Layak Dijadikan Alternatif Investasi

Demikianlah pembahasan mengenai IKM dan Daftar Produk IKM kategori logam dari Perusahaan yang telah terdaftar di Direktorat Jendral Industri kecil dan menengah dan menjadi Supplier terpercaya di Indotrading.

Temukan berbagai produk – produk unggulan dari perusahaan tersebut dengan harga dan kualitas terbaik di Indotrading!

banner seller
To Top