Insight

Begini Cara Perawatan Mesin Industri Agar Tetap Awet

Merawat mesin industri merupakan satu bentuk pemakaian yang baik. Perawatan mesin industri yang teratur akan berpengaruh pada daya guna dan usia pemakaian mesin itu sendiri. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara perawatan mesin industri agar tetap awet.

Anda juga bisa temukan berbagai jenis mesin industri dengan kualitas dan harga terbaik dari supplier terpercaya di sini

Mesin industri merupakan mesin yang digunakan untuk satu produksi dalam lingkup industri. Ukuran mesin ini biasanya jauh lebih besar dibandingkan mesin-mesin lainnya. Hal tersebut menyesuaikan kapasitas dan daya penggunaannya.

Mesin industri juga perlu dirawat layaknya mesin dan barang lainnya guna mempertahankan daya dan usia pemakaiannya. Ruang lingkup perawatannya pun bergantung pada seberapa banyak jenis mesin yang ada di dalamnya.

Baca Juga : Begini Cara Memperbaiki Mesin Las Inverter yang Kalian Ketahui

Cara Perawatan Mesin Industri agar Tetap Awet

Perawatan mesin industri terbilang cukup memerlukan usaha dan tenaga. Berbeda ukuran dan jenis, berbeda pula cara perawatannya.  Meskipun tidak sesederhana merawat mesin jenis lain yang ukurannya lebih kecil dan sedikit, merawat mesin industri tidak sulit dilakukan. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat mesin industri milik Anda.

1. Jadwalkan Perawatan

Perawatan rutin merupakan tahapan paling penting agar daya pemakaian mesin industri tahan lama. Menjadwalkan waktu untuk melakukan perawatan rutin merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan.

Jadwalkan lah perawatan mesin industri anda secara konsisten agar segala bentuk kerusakan dan perbaikan bisa tercatat dan ditangani dengan segera.

Banyaknya jadwal perawatan mesin industri bergantung pada seberapa sering dan banyaknya mesin digunakan dalam satu produksi tertentu. Pastinya, akan lebih banyak perawatan yang harus dilakukan untuk mesin yang sering digunakan.

2. Sediakan Stock Spare Parts

Pada proses pengecekan dan perawatan mesin industri, baiknya Anda juga menyiapkan dan menyediakan stock spare parts sesuai dengan mesin industri yang Anda miliki. Tujuannya adalah agar bisa langsung digunakan ketika dibutuhkan dan memudahkan Anda dalam proses perbaikan.

3. Proses Perawatan dan Perbaikan

Setelah melakukan perencanaan jadwal dan menyediakan stock spare parts yang mungkin diperlukan, tahap selanjutnya adalah memulai proses perawatan dan perbaikan. Proses perawatan dan perbaikan mesin industri dilalui oleh beberapa tahapan.

Tahapan pertama adalah pengecekan. Di tahap ini Anda dan tim melakukan pengecekan kondisi mesin mulai dari tampak luar hingga tampak dalam. Pada tahap ini juga Anda diharuskan mencatat segala bentuk kondisi dan kerusakan yang perlu diperbaiki.

Tahap selanjutnya adalah tahap pemeriksaan dan perbaikan. Pada tahap ini semua mesin mulai diperiksa dan ditangani. Anda juga perlu memeriksa semua komponen mesin tanpa terkecuali dan memperbaikin, mengganti ataupun mengupgrade komponen yang perlu demi mencegah terjadinya downtime system, atau kerusakan parah yang mengakibatkan mesin mati mendadak saat sedang dioperasikan dan tidak bisa digunakan kembali.

Selanjutnya adalah proses kalibrasi dan pelumasan. Proses kalibrasi masuk kedalam bagian tahapan perawatan dan perbaikan yang perlu anda lakukan pada peralatan mesin industri Anda. Catatan penting pada tahap kalibrasi ini Anda perlu menyesuaikan peralatan Anda dengan Alat kalibrasi.

Selanjutnya adalah tahap pelumasan. Pada tahapan ini mesin diberikan sentuhan terakhir dari proses perawatan dan perbaikan, yaitu pelumasan. Pelumas diberikan dengan tujuan untuk melancarkan komponen-komponen saat digunakan nantinya.

Baca Juga : 10 Pilihan Mesin Jahit Yang Bisa Obras Kualitas Terbaik

4. Pelatihan Operator

Selain melakukan perencanaan, serta proses perawatan dan perbaikan, usia pemakaian suatu mesin juga sangat bergantung pada si pemakainya.

Akan berbeda ketahanan usia pemakaiannya jika mesin tersebut digunakan oleh operator yang handal dan mengerti mesin tersebut, dengan orang awam ataupun orang baru. Minimnya keahlian yang dimiliki operator dapat menyebabkan kerusakan pada mesin Anda.

Maka dari itu, mengadakan pelatihan penggunaan mesin untuk para operator juga merupakan cara yang tepat merawat mesin industri yang Anda punya. Tujuannya adalah agar mesin dapat digunakan sesuai prosedurnya dengan baik dan memperpanjang usia serta daya tahan pemakaiannya.

5. Melakukan Pemantauan Berkala

Perawatan mesin Industri Anda tidak hanya dilakukan dalam skala besar. Anda juga harus melakukan pengecekan atau pemantauan berkala secara rutin. Tahap ini dilakukan demi mengetahui kondisi mesin serta komponennya dan menghindari kerusakan tidak terduga yang dapat berpengaruh pada sistem pengoperasian mesin secara keseluruhan.

6. Membuat Logbook harian

Selain melakukan pemantauan berkala secara manual, Anda juga dapat melakukan pengawasan harian menggunakan logbook. Dengan menggunakan logbook, Anda dapat melakukan pengawasan tersistem dan juga terlacak oleh GPS.

Perangkat logbook akan melacak gerakan dan mencatatnya dalam digital ketika mesin sedang dioperasikan tanpa menunggu mesin selesai digunakan. Hal ini juga dapat membantu menganalisis kerusakan dengan cepat sehingga dapat dengan segera ditangani dan diperbaiki ketika terjadi kerusakan yang terdeteksi.

7. Update Firmware

Beberapa tipe mesin industri sudah yang banyak digunakan pada pabrik-pabrik atau tempat produksi sudah menggunakan sistem komputer dalam pengoperasiannya, atau dalam kata lain sudah terkomputerisasi.

Jika mesin Industri yang Anda miliki sudah menggunakan sistem computer dalam pengoperasiannya, maka Anda juga harus melakukan update firmware secara berkala.

Tahapan yang Anda harus lakukan diantaranya adalah memantau situs web support untuk mengupdate firmware pada program komputer.

Firmware merupakan sendiri adalah jenis perangkat lunak komputer dengan sistem terpadu dan terintegerasi yang mengacu pada rutin-rutin aktivitas perangkat lunak yang tersimpan dan hanya bisa dibaca di memori hanya baca.

Baca Juga : Begini Cara Merawat Mesin Cetak Banner yang Tepat

8. Menjaga Kebersihan Mesin

Langkah ini juga penting untuk dilakukan, terlebih pada mesin industri manufaktur makanan. Percikan sisa produksi yang menumpuk jika tidak dibersihkan lama kelamaan akan menyubat dan mengganggu kefektivan mesin saat melakukan produksi selanjutnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara perawatan mesin Industri Anda. Perlu diingat, perawatan mesin industri harus rutin dilakukan dalam skala kecil ataupun besar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kerusakan fatal ataupun kerusakan tak terduga pada mesin Industri Anda.

Anda juga bisa temukan jenis-jenis mesin industri dengan harga serta kualitas terbaik dari supplier terpercaya di Indotrading

banner seller
To Top