Insight

Cara Memakai Mesin Cetak Batako yang Mudah dan Aman

cara memakai mesin cetak batako

Batako merupakan salah satu unsur paling vital dalam sebuah konstruksi bangunan. Oleh sebab itu, batako harus dibuat dengan cara yang tepat agar berfungsi dengan baik. Salah satu cara pembuatannya yaitu dengan menggunakan mesin cetak. Berikut cara memakai mesin cetak batako agar hasilnya sesuai.

Cara Memakai Mesin Cetak Batako

cara memakai mesin cetak batako 1

Bagi Anda yang masih pemula, mungkin akan bingung ketika hendak mengoperasikan mesin cetak batako ini. Meski sebenarnya cara pengoperasiannya cukup mudah, asalkan Anda mengikuti panduan secara baik dan benar. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat menggunakan mesin batako.

  1. Siapkan Adonan Semen

Sebelum mulai mengoperasikan mesin batako, hal yang pertama adalah jelas Anda siapkan dulu adonan semennya. Adonan ini terdiri dari pasir dan semen dengan perbandingan 10:1. Misalnya, Anda bisa gunakan pasir sebanyak 10 ember, kemudian ditambah semen 1 ember.

Takaran ini sudah menjadi ukuran paling ideal untuk bisa menghasilkan batako yang padat dan kuat. Jika ingin lebih padat dan kuat lagi, Anda bisa merubah perbandingannya menjadi 8:1. Meski hasilnya lebih kuat, namun tentu saja berpengaruh pada harga jual batako nantinya.

  1. Masukan Adonan ke Mesin Cetak

Setelah adonan siap, kemudian Anda bisa masukkan ke dalam mesin cetaknya. Masukan tepat ke dalam corong penampung adonan. Pastikan bahwa adonan sesuai dengan penampungnya, jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak hingga melebihi kapasitas. Lalu tutup cetakan dengan rapat.

  1. Gunakan Vibrator

Setelah adonan siap dicetak, lalu Anda bisa mulai menginjak penggetar atau vibrator yang letaknya ada di samping mesin. Letak vibrator ini ada di bagian bawah, tujuannya memang untuk memudahkan pengoperasian dengan cara diinjak dengan kaki.

  1. Gunakan Tuas Pipa

Kemudian dorong tuas pipa yang ada di badan mesin. Tuas pipa ini akan mendorong matras pencetak sehingga akan menekan adonan di dalamnya menjadi semakin padat. Tuas pipa ini harus didorong atau cetakan dengan kuat.

  1. Tarik Tuas

Setelah beberapa saat, tarik kembali tuas pipanya, kemudian buka penutup cetakan. Tarik tuas ke bawah untuk mengeluarkan hasil cetakan batako. Setelah hasil cetakan muncul keluar, segera ambil dengan perlahan. Kemudian ulangi cara yang sama untuk hasil cetak berikutnya.

Baca Juga: Perhatikan Cara Kerja Mesin Pemeras Santan Kelapa

Beberapa Rekomendasi Jenis Mesin Cetak Batako

cara memakai mesin cetak batako 2

Secara umum, cara memakai mesin cetak batako hampir sama. Hanya saja untuk beberapa merk mesin memiliki komposisi atau letak tools yang berbeda-beda. Seperti beberapa rekomendasi mesin cetak berikut ini, masing-masing memiliki spesifikasi dan cara yang berbeda.

  1. Mesin Press Paving Block Hidrolik

Rekomendasi yang pertama yaitu mesin cetak batako jenis Press Paving Block dengan Hidrolik dari Changdong Indonesia. Mesin ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  1. Tipe mesin CD 600 PB.
  2. Panjang mesin 1200 mm.
  3. Lebar mesin 950 mm.
  4. Tinggi mesin 2500 mm.
  5. Mampu menghasilkan 600-800 palet per hari.
  6. Output dalam sekali cetak sebanyak 12 paving.
  7. Menggunakan vibrator jenis E-Motor 3 hp x 2 unit.
  8. Menggunakan hidrolik jenis powerpack 7,5 hp x 1 unit.
  9. Konstruksi yang digunakan yaitu UNP 150.

Harga Mesin Press Paving Block Hidrolik dari Changdong Indonesia ini sekitar 68 juta.

  1. Mesin Cetak Batako Berkapasitas 2000

Selanjutnya ada mesin cetak batako yang mampu menghasilkan 2000 batako. Mesin cetak ini diproduksi oleh SAM dengan detail spesifikasi seperti berikut:

  1. Panjang mesin 1350 mm
  2. Lebar mesin 600 mm.
  3. Tinggi mesin 2000 mm.
  4. Kapasitas maksimal mencapai 2000 batako per hari.
  5. Mesin penggerak menggunakan dinamo 3 Hp.
  6. Output sekali cetak sebanyak 2 balok batako.
  1. Mesin Cetak Batako 750 Watt

Berikutnya yaitu mesin cetak batako dengan daya sebesar 750 watt. Secara lengkap mesin ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  1. Panjang mesin 120 cm.
  2. Lebar mesin 90 cm.
  3. Tinggi mesin 195 cm.
  4. Material menggunakan besi baru.
  5. Mesin penggerak menggunakan elektro Motor 3 Phase 2 Pk.
  6. Daya 3 x 750 watt.
  7. Bisa menghasilkan 2000 balok batako setiap harinya.
  8. Warna mesin bisa disesuaikan dengan request pemesan.
  9. Terdapat garansi selama 6 bulan setelah pembelian.

Kelebihan Menggunakan Mesin Cetak Batako

cara memakai mesin cetak batako 4

Kehadiran mesin cetak batako tentu menjadi sebuah angin segar bagi para pengusaha batako. Mesin ini diklaim memiliki banyak kelebihan sehingga banyak direkomendasikan oleh mereka yang sudah menggunakannya. Beberapa kelebihan mesin cetak batako diantaranya:

  1. Lebih Efektif

Dibandingkan dengan cara manual, mencetak batako dengan mesin dinilai lebih efektif. Hal ini karena mesin cetak ini sudah memiliki takaran khusus untuk adonan semen dan pasirnya. Setiap cetakan memiliki kepadatan dan kekuatan yang sama karena bersumber dari tekanan yang sama.

  1. Lebih Efisien

Selain efektif, penggunaan mesin ini juga dinilai lebih efisien. Anda bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, sehingga menghasilkan jumlah batako yang lebih banyak dibanding dengan cara manual.

  1. Hemat Tenaga

Mencetak batako secara manual pasti akan mengeluarkan banyak tenaga, tapi hasilnya belum tentu bisa sebanyak menggunakan mesin. Dengan menggunakan mesin, Anda cukup mengeluarkan sedikit tenaga, tapi bisa menghasilkan banyak cetakan sekaligus.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Mesin Cetak Banner yang Tepat

Mesin cetak batako sangat penting untuk Anda yang tengah menjalani bisnis cetak batako. Selain lebih efektif, efisien, dan hemat tenaga, mesin ini bisa membuat usaha Anda semakin dipercaya oleh konsumen. Anda bisa memesan mesin cetak batako melalui indotrading untuk kesuksesan bisnis Anda. Percayakan kebutuhan bisnis Anda dengan indotrading yang merupakan B2B marketplace no 1 di Indonesia.

To Top