Tips Bisnis

10 Tips Membuka Bisnis Toko Bangunan Saat Pandemi

bisnis toko bangunan

Membuka toko bangunan ternyata cukup menjanjikan. Kebutuhan akan bahan dasar pembuatan berbagai berbagai properti banyak bergantung pada bisnis toko bangunan ini. Anda tentunya bisa ikut larut dalam manisnya mendulang untung.

Anda pasti pernah melihat bagaimana majunya bisnis penjualan material bangunan. Beberapa nama toko terkenal kini banyak datang tidak hanya dari luar negeri bahkan dalam luar negri. Itulah kenapa peluang bisnis ini tidak pernah sepi. Berminat membangun toko sendiri?

Tips Membuka Bisnis Toko Bangunan

Bahan bangungan memang terkesan berat bila dibayangkan, namun jauh dari itu ada kenikmatan dalam menimbun income dari bisnis ini. Tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis toko bangunan ini? Tentu saja Anda harus mencobanya Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan agar lancar dalam awal berbisnis menurut tim news indotrading.

1. Pahami Lingkungan Bisnis

bisnis toko bangunan 1

Tips pertama yang perlu dilakukan yakni pahami lingkungan bisnis yang Anda geluti. Pahamai dulu saja ruang lingkup bisnis material banguna. Terkait bagaimana pasokan datang hingga perputaran pembelian barang yang paling potensial.

Pahami juga jenis-jenis pesaingnya akan dihadapi dalam lingkungan ini. Berbagai kemungkinan bisa dihadapi. Mulai dari jenis pesaing online dengan sistem penjualan tunggal hingga pesaing toko langsung dengan jangkauan pasar sempit namun pembeli lebih masif.

2. Lakukan Survey Kebutuhan Konsumen

bisnis toko bangunan 2

Selanjutnya Anda bisa melakukan survey terkait kebutuhan konsumen. Untuk awal bisnis Anda bisa memilih untuk menjual barang yang paling dibutuhkan atau paling banyak dicari oleh konsumen di sekitar anda.

Penyesuaian ini bisa segera dilakukan dengan membandingkan kebutuhan konsumen sekitaran toko. Tidak kalah penting, akali barang material agar tetap awet meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Kreatif yang Mendatangkan Banyak Omzet

3. Siapkan Modal Utama dan Modal Cadangan

bisnis toko bangunan 3

Disebut-sebut sebagai hal yang paling krusial, modal haruslah disiapkan bahkan sebelum Anda memulai bisnis. Termasuk dalam bisnis toko bangunan yang mengharuskan pelakunya untuk memiliki modal yang cukup besar.

Alih-alih menggunakan modal yang cukup besar, ada baiknya Anda bertanya pada pakar yang berpengalaman untuk mencari dan menyediakan modal cadangan. Ini juga bisa membantu Anda dalam memprediksi pencapaian apa yang ada di depan nanti.

4. Pilih Lokasi Toko yang Strategis

bisnis toko bangunan 4

Rasanya tidak valid bila bisnis ini dilakukan tanpa membuka toko. Toko sebesar dan selengkap apapun bila didirikan di tempat yang kurang strategis maka hasilnya akan nihil. Maka dari itu tips yang bisa dilakukan yakni pemilihan lokasi yang strategis.

Lokasi yang strategis meliputi daerah yang banyak dilalui orang, pusat pertokoan atau tempat dengan penduduk lingkungan sekitar yang cukup ramai. Cara ini ampuh bisa membuat konsumen datang dengan sendirinya mengingat toko yang dibuka cukup strategis.

5. Buat Sistem Keuangan

bisnis toko bangunan 5

Selanjutnya Anda bisa membuat sistem keuangan atau sistem perencanaan keuangan sendiri. Sistem keuangan bisa dibuat berdasarkan referensi terpercaya atau mengandalkan jasa orang yang kompeten di bidang keuangan bisnis.

6. Jangan Terlalu Banyak dulu Mempekerjakan Orang

bisnis toko bangunan 6

Untuk permulaan Anda bisa menahan untuk mempekerjakan banyak orang. Bila diperlukan Anda bisa mempekerjakan hanya satu hingga dua orang saja, itupun bila memang diperlukan. Ini bisa menekan pengeluaran bisnis dalam bagian awal.

Selanjutnya bila memang Anda tidak bisa menjaga toko sendiri, pekerjakanlah orang yang jujur juga kompeten di bidangnya. Untuk kisaran gaji jangan lupa untuk menyesuaikan dengan pendapatan rata-rata perbulannya.

7. Survey Bahan

bisnis toko bangunan 7

Bahan material bangunan juga perlu disurvei terlebih dulu. Anda bisa menyurvei bahan berdasarkan kelompok. Maksudnya bahan pretelan kecil dan bahan besar ada baiknya dipisahkan. Survey bahan bisa dilakukan langsung ke pusat atau pengecer material bangungan.

Untuk bahan kalengan atau besi pilihlah bahan dengan ketahanan yang optimal. Selain memberikan efek puas pada pelanggan, cara ini juga bisa memungkinkan Anda sebagai penjual untuk melakukan stok barang dengan jangka waktu yang lama.

8. Banding Harga

bisnis toko bangunan 8

Banding harga juga diperlukan dalam bisnis ini. Harga yang dibandingkan bukan hanya harga barang yang akan dijual tapi juga harga jual kembali bila dibandingkan dengan brand atau toko lain yang sejenis. Cara ini bisa dilakukan sebelum dan sesudah Anda memulai bisnis.

Banding harga tentunya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk meraup keuntungan. Cara ini sebenarnya diadaptasi dari perilaku konsumen. Seperti yang sudah banyak diketahui konsumen seringkali membandingkan harga sebelum menempatkan pilihan pada barang yang akan dibeli.

9. Tentukan Harga

bisnis toko bangunan 9

Bisnis toko bangunan memerlukan kecermatan dalam penentuan harga. Harga tentu akan menentukan intensi dari para pembeli. Tidak sedikit yang lebih memilih untuk membeli barang yang murah walaupun kualitasnya tidak baik namun ada juga sebaliknya.

Penentuan harga bisa dilakukan berdasarkan jenis material bangunan, merk material atau banyaknya jumlah beli material. Banyak metode yang bisa dilakukan untuk menentukan harga. Ada baiknya juga untuk menentukan harga berdasarkan nilai beli yang Anda keluarkan.

10. Adakan Promo Kecil-Kecilan

bisnis toko bangunan 10

Tips terakhir yang bisa dilakukan saat grand opening atau saat tertentu yakni memberikan promo pembelian bagi para konsumen. Anda bisa memberikan promo seperti beli dua gratis satu atau potongan harga untuk pembelian item tertentu.

Anda juga bisa memanfaatkan intensi konsumen terhadap promo dengan mengajukan iklan secara tidak langsung. Cara lain yang bisa dilakukan yakni sebar brosur atau masukan selembar kertas kecil berisi kalimat promosi bagi bisnis anda.

Baca Juga: Peluang Bisnis Properti dan Ketahui Tips Memulainya

Untuk mendapatkan barang bangunan dengan harga terbaik Anda bisa mengunjungi indotrading.com. tempat dimana Anda bisa membeli dan menjual kembali barang bangunan dengan kisaran harga miring. Tak kalah menarik stok barang selalu tersedia dengan penawaran spesial.

To Top