Tips Bisnis

11 Cara Memulai Bisnis Konveksi Dari Rumah dan Strateginya

bisnis konveksi

Jika dibandingkan dengan bisnis kuliner, bisnis konveksi memang seringkali dipandang sebelah mata. Padahal bisnis ini merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Meskipun begitu, bisnis ini tetap dicari oleh pabrik-pabrik besar yang mengelola produk pakaian jadi.

Usaha konveksi tidak harus dijalankan di pabrik besar. Anda juga bisa menjalankan bisnis ini dengan hanya di rumah saja. Meskipun dijalankan dari rumah, promosi harus tetap menjangkau khalayak luas. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik.

Beberapa Strategi Memulai Bisnis Konveksi Rumahan

Berdasarkan apa yang sudah dipaparkan di atas, bisnis konveksi membutuhkan cara tepat agar cepat berkembang menjadi usaha konveksi ternama. Bagi Anda yang masih pemula dalam memulai usaha konveksi, maka berikut di bawah ini ada beberapa strategi atau caranya yang sudah dibuat oleh tim News Indotrading :

  1. Memanfaatkan Ruang Di Rumah

Saat memutuskan untuk membuka konveksi di rumah, sudah pasti Anda harus meluangkan ruang sebagai tempat bekerja konveksi itu sendiri. Ruang konveksi kecil tidak masalah, asalkan sesuai dengan target Anda.

Namun jika nantinya konveksi Anda menjadi besar, usahakan Anda memanfaatkan lahan yang masih ada di rumah untuk dibangun ruang yang lebih besar lagi.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Rumahan yang Laris Selama Pandemi

  1. Mencari Mitra Kerja

Membangun konveksi sendiri di rumah, memang bisa saja Anda lakukan. Namun hasilnya tidak akan berkembang dengan baik. Karenanya, lebih baik carilah pabrik besar yang mau diajak kerjasama dengan konveksi Anda. Dengan begitu pesanan konveksi akan mengembang.

Penghasilan yang didapat juga lebih banyak. Anda tidak perlu khawatir, saat ini banyak sekali pabrik yang membutuhkan usaha konveksi tambahan untuk menyelesaikan pesanan. Dari situ Anda bisa menawarkan diri sesuai kemampuan.

  1. Membangun Pabrik Kecil

Dengan membuka jasa konveksi di rumah, hal itu sudah memperlihatkan bahwa Anda punta usaha konveksi kecil. Namun usaha Anda belum bisa disebut sebagai pabrik konveksi jika hanya Anda kerjakan sendiri.

Anda bisa membangun pabrik kecil-kecilan di rumah. Langkah awalnya tentu saja menyiapkan segala kebutuhan yang umumnya dimiliki oleh jasa konveksi. Kemudian pastikan Anda juga merekrut beberapa karyawan berpengalaman dalam bidang konveksi.

  1. Tentukan Harga Jual

Dalam perusahaan konveksi, sudah pasti harga menjadi permasalahan yang harus dipikirkan dengan matang. Jangan mematok harga terlalu tinggi untuk sebuah produk konveksi. Namun pastikan jangan terlalu murah juga.

Sesuaikan dengan standar normalnya. Jika ada pemesan yang meminta harga teman, Anda mungkin bisa berikan penawaran lain. Misalnya melebihkan 1 atau 2 produk dari jumlah pesanan awal.

Namun jangan lakukan tiap saat. Hal tersebut akan membuat pabrik kecil Anda mudah gulung tikar karena kerugian di awal.

  1. Menyiapkan Alat – alat

Semua bisnis pasti sedikit banyaknya membutuhkan modal, tidak terkecuali untuk usaha konveksi. Anda perlu menyiapkan modal bahan kain dan juga alat-alat yang akan digunakan untuk membuat pakaian.

Jangan khawatir, Anda bisa langsung membeli semua peralatan jahit hanya di Indotrading. Semua produk yang dijual berasal dari supplier terpercaya dan dijamin berkualitas.

Jika Anda tidak memiliki modal uang yang cukup banyak, Anda bisa memulai membeli alat dan bahan secukupnya dulu. Dengan alat dan bahan secukupnya tersebut, buatlah usaha konveksi Anda sebaik mungkin. Dari keuntungan yang didapat, Anda bisa membeli tambahan alat.

Baca juga :

10 Pilihan Mesin Jahit Obras Berkualitas

Rekomendasi Mesin Jahit yang Bagus Untuk Rumah Tangga

  1. Buat Produk Awal Berkualitas

Semua orang pasti akan tertarik dengan produk yang berkualitas tinggi. Apalagi produk fashion. Untuk memperkenalkan bisnis konveksi Anda, persiapkan fashion sebagus mungkin untuk menarik pelanggan baru.

  1. Buat Ide Fashion Sekreatif Mungkin

Strategi yang satu ini masih berhubungan erat dengan strategi sebelumnya. Anda butuh Ide yang kreatif untuk menciptakan produk konveksi sebagus mungkin. Jika tidak terlalu bagus, setidaknya jadikan produk Anda rapi dan enak dipandang.

Orang akan memandang hasil kerapian jahitan sebagai salah satu unsur ketertarikan pada konveksi Anda. Untuk menambah ide kreatif, Anda bisa mencari referensi dari berbagai sumber terpercaya.

  1. Terimalah Orderan Apapun

Sedikit atau banyak, susah atau mudah usahakan Anda tidak pernah menolak pesanan dari orang yang memakai konveksi Anda.

Bahkan meskipun itu hanya kaos polos saja. Setiap hasil pesanan akan memberikan Anda keuntungan yang bisa dikumpulkan untuk mengembangkan konveksi Anda.

Lantas, jika orderan terlalu banyak dan mesin Anda yang masih terbatas jangan khawatir. Anda masih bisa menggunakan solusi lainnya. Anda bisa menyerahkannya pada pihak ketiga untuk membantu menyelesaikannya.

Ketepatan waktu dalam menyelesaikan orderan juga akan dinilai oleh pelanggan. Anda bisa bagi hasil dengan pihak yang sudah membantu Anda.

Baca juga : Tips Bisnis Pakaian Bekas atau Preloved yang Menggiurkan

  1. Buat Produk Jadi Cadangan

Pakaian jadi adalah salah satu simbol untuk usaha konveksi. Meskipun tidak ada yang memesan pakaian tersebut, tetap buatlah pakaian sebagus mungkin. Kelak Anda bisa menawarkan produk tersebut pada khalayak. Dari situ Anda bisa sekaligus promosi.

  1. Buatlah Fitur Tambahan

Pakaian konveksi tidak hanya berupa pakaian polos. Anda bisa menarik pelanggan dengan menambahkan bordiran atau sablon pada pakaian jadi tersebut. Hal itu akan menambah kesan ketertarikan pelanggan pada jasa konveksi Anda.

Strategi yang satu ini memang membutuhkan modal lebih. Namun jika Anda belum punya modal untuk membeli alat bordir dan sablon, Anda bisa percayakan pihak ketiga dengan sistem bagi hasil.

  1. Lakukan Promosi

Strategi terakhir yang paling utama adalah promosi. Bisnis apapun itu, pasti membutuhkan promosi. Gencarkan promosi pada media online maupun offline. Semakin bagus Anda melakukan promosi, semakin banyak pula orang yang tertarik pada konveksi Anda.

Bila perlu, luangkan sedikit uang Anda untuk membuat iklan konveksi Anda. Buatlah pula katalog untuk memperkenalkan produk konveksi Anda.

Baca juga : 10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan saat Berbisnis

Alat dan bahan bisnis konveksi harus dipersiapkan sebaik mungkin. Bagi Anda yang bingung mencari alat dan bahan terbaik, Anda bisa mencari distributor alat-alat jahit berkualitas di indotrading.com. Berbagai jenis alat konveksi berkualitas bisa Anda dapatkan di indotrading.

To Top