Economy and Business

10 Bisnis Kuliner dengan Target Pasar Kaum Millenial

bisnis kuliner

Kaum millennial seringkali disebut sebagai generasi dengan gaya hidup konsumtif. Budaya ‘makan di luar’ dan ‘nongkrong’ memang sudah melekat pada karakteristik millenial. Menurut penelitian yang dilansir oleh foodandwine.com, kaum millennial rata-rata menghabiskan 5% penghasilannya untuk makan dan 30% untuk membeli kopi. Tentu, bagi Anda yang berbisnis di bidang kuliner, millenial merupakan pangsa pasar yang potensial. Apalagi, kehadiran media sosial juga menjadi benefit tersendiri untuk kegiatan promosi bisnis kuliner Anda. Nah, kuliner apa saja yang tengah digemari oleh para millenial dan bisa menjadi peluang usaha bagi Anda? Yuk, cek ulasan selengkapnya, di bawah ini!

1. Smoothies Bowl

smoothies bowl

Seiring dengan populernya gaya hidup sehat yang banyak dianut oleh masyarakat saat ini, termasuk kaum millenial, smoothies bowl merupakan kudapan yang bisa dengan mudah Anda jumpai di berbagai cafe dan restoran. Smoothies bowl sendiri merupakan semangkuk smoothie yang berisi potongan buah-buahan, taburan granola, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang disiram yoghurt atau susu. Tak perlu diragukan lagi, semangkuk smoothies bowl dapat memenuhi kebutuhan gizi Anda setiap hari. Eits, semangkuk smoothies bowl juga memiliki daya tarik lain, lho! Kudapan yang satu ini digemari millenial juga lantaran karena tampilannya yang sangat instagrammable untuk disematkan dalam feed instagram.

2. Makanan Bercita Rasa Telor Asin (salted-egg)

salted-egg

Makanan yang mengandung rasa telur asin memang tengah populer saat ini. Awalnya, rasa telur asin berasal dari ketenaran makanan ringan merek Irvins asal Singapura, dari situ, semakin banyak yang suka dengan cita rasa telur asin yang gurih. Melihat potensi pasar tersebut, saat ini telah banyak restoran dan warung makan yang menawarkan menu makanan yang mengandung telur asin di Jakarta maupun di kota-kota lain di Indonesia.

3. Martabak Mixed-Topping

martabak

Martabak sejak dulu memang menjadi kuliner yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk memuaskan lidah kaum millenial, kini martabak hadir dalam topping yang lebih beragam. Berangkat dari tren fushion food atau tren mencampur-campurkan makanan, sekarang bisa Anda temukan martabak yang diberi topping red velvet, martabak marshmallow, martabak Nutella, Ovomaltine atau Toblerone, dan bahkan martabak pizza.

4. Berbagai Kudapan yang Berasal dari Korea Selatan

korean food

Korean wave di Indonesia rupanya tidak hanya ada di industri musik dan film saja, namun juga merambah ke sektor kuliner. Penggemar makanan bercita rasa Korea Selatan tentu  sudah tidak asing dengan beberapa sajian makanan khas Korea seperti bibimbap (nasi campur Korea), varian jjigae (sup Korea) dan tteokbokki (kue beras Korea), atau ramyeon, mie instan Korea. Nah, untuk Anda yang ingin memulai bisnis kuliner, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka restoran atau kedai yang menjual makanan dan minuman Korea karena pasarnya sangat potensial di Indonesia.

5. Minuman Boba

boba

Kaum milenial pasti nggak asing lagi dengan minuman bubble. Minuman yang juga dikenal dengan nama boba ini memang punya rasa yang unik karena Anda akan merasakan sensasi menyeruput minuman dengan topping bubble atau jelly warna hitam dengan tekstur yang agak lengket dan cita rasa yang manis dan legit di tenggorokan. Kelezatan bubble tea ternyata tidak hanya tersohor di negeri asalnya saja, melainkan di negara-negara lain, termasuk di Indonesia. 

6. Kopi

kopi

Tren minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan generasi milenial. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya coffee shop yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kopi merupakan minuman yang cocok dengan gaya hidup millenial yang super sibuk, sehingga tren minum kopi semakin populer di kalangan millenial.

7. All You can Eat

all you can eat

Tren restoran all you can eat sepertinya semakin meroket di tahun 2020. Seperti namanya, restoran all you can eat memberikan kebebasan bagi para pengunjung untuk memasak sendiri santapan mereka. Umumnya, restoran all you can eat menyediakan berbagai macam jenis penganan seperti daging sapi, ayam, ikan, hingga sayuran. Untuk menarik pelanggan, jenis restoran all you can eat juga menyesuaikan dengan gaya beberapa negara misalnya seperti Korea dan Jepang.

8. Nasi Telur

Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar telor ceplok atau telor dadar? Santapan yang sangat sederhana, namun saat ini justru digemari oleh masyarakat, terutama kalangan millenial. Rasa gurih yang tak tertahankan dari telur dipadukan dengan rempah-rempah rahasia memang menjadi mampu menjadi magnet para penggemarnya. Tidak membutuhkan modal yang besar, tren bisnis kuliner ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. Berniat mencoba bisnis ini?

9. Katering Sehat

katering sehat

Banyaknya kaum millenial yang sedang menjalani masa perununan berat badan (diet) menyebabkan katering makanan sehat kembali menjadi potensi pasar yang menggiurkan. Ada beragam varian jenis katering diet yang menjadi tren bisnis kuliner yang booming di tahun 2020 seperti diet OCD, diet Paleo, diet Ketofastosis, diet rendah lemak, dan lain sebagainya. Katering makanan sehat lebih dipilih oleh kaum mllenial sebab mereka bisa menyesuaikan menu diet mereka sendiri, konsumsi makanannya setiap hari sesuai dengan kebutuhan tubuh dan atas saran dokter gizi. Harga yang ditawarkan juga beragam, berkisar dari Rp60 ribu per porsi sampai Rp150 ribu. Terlihat menjanjikan, bukan?

10. Ayam geprek

ayam geprek

Makanan pedas masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tak terkecuali untuk kaum millenial. Kegemaran memakan makanan pedas membuat bisnis kuliner makanan pedas semakin menjamur di Indonesia. Salah satu menu makanan yang banyak penggemarnya adalah ayam geprek. Ayam goreng tepung yang kemudian digeprek atau dihancurkan berbarengan dengan sambal bawang yang tingkat kepedasannya disesuaikan dengan pelanggan ini memang menyuguhkan cita rasa nikmat tiada duanya bagi lidah para penggemar makanan pedas.

Baca juga: Tips Kelola Utang Agar Tak Jadi Petaka Bagi Kelangsungan Perusahaan

Dari ke 10 kuliner di atas, masih banyak menu makanan dan minuman yang populer di kalangan millenial. Apakah Anda tertarik memulai usaha kuliner di atas? Jika iya, yuk mulai persiapkan sekarang juga!

 

To Top