Insight

10 Ide Bisnis Rumahan yang Laris Selama Pandemi

ide bisnis rumahan

Kondisi pandemi saat ini mendorong Anda untuk berbisnis dengan alternatif yang berbeda dibandingkan biasanya. Hal ini mendorong Anda supaya mencari tahu dan mengulik kembali berbagai ide bisnis rumahan yang laris dan bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ide Bisnis Rumahan yang Laris Selama Pandemi

Mulailah mencari peluang yang tepat untuk Anda. Berbagai bisnis rumahan mampu memberikan keuntungan berupa cara kerja yang lebih fleksibel. Apa saja ide bisnis yang bisa segera dieksekusi dan membuahkan penjualan laris manis?

1. Reseller dan Dropshipper

ide bisnis rumahan 1

Di masa pandemi atau bukan, rasa-rasanya berbisnis online di ranah reselling dan dropshipping masih banyak digandrungi siapa saja.

Untuk reseller sendiri, Anda harus bisa menentukan produk apa yang berpotensi diborong oleh konsumen. Lakukan pembelian secara ecer atau grosir kemudian jual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk dropshipping, Anda hanya perlu berbekal handphone atau laptop dan paket internet. Pasarkan produk yang ingin dijual melalui berbagai media. Apabila ada yang memesan, berikan harga yang sudah dinaikkan dan konfirmasi supplier Anda untuk segera mengirimkannya kepada pelanggan.

2. Produksi Masker Kain

ide bisnis rumahan 2

Salah satu anjuran untuk menaati protokol kesehatan adalah dengan menggunakan masker setiap beraktivitas. Melalui kondisi ini, Anda bisa membuka peluang bisnis yang menguntungkan sekaligus bermanfaat bagi banyak orang.

Masker kain dengan motif menarik mulai disukai masyarakat. Siapkan berbagai pilihan corak yang bagus untuk dicetak pada masker kain.

Selain itu, disarankan untuk memakai bahan masker yang tebal, seperti masker 3 lapis. Hal ini bertujuan untuk memberikan nilai guna yang maksimal dan meningkatkan proteksi selama beraktivitas.

3. Bisnis Frozen Food atau Makanan Beku

ide bisnis rumahan 3

Bisnis rumahan frozen food juga tetap laris manis dan masih banyak peminatnya. Bagaimana tidak? Sebagian besar rumah tangga membutuhkan simpanan makanan yang bisa dipenuhi dengan stok frozen food.

Apalagi di masa pandemi ini banyak yang lebih suka memasak sendiri ketimbang membeli makanan dari luar. Tujuannya untuk meminimalisir kontak langsung dan menerapkan physical distancing.

Bisnis frozen food membutuhkan skill administrasi serta mesin freezer khusus sebagai tempat menyimpan makanan beku tersebut. Pertimbangkan juga penggunaan daya listrik sebagai salah satu aspek modal yang harus disiapkan.

4. Catering

ide bisnis rumahan 4

Selain makanan beku, jasa catering juga dibutuhkan keluarga untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Bisnis ini menuntut Anda untuk terus berinovasi dengan berbagai macam menu masakan rumahan yang lezat dan bergizi.

Anda bisa melakukan produksinya dari rumah secara mandiri maupun menggunakan karyawan dalam jumlah tertentu. Pastikan pengolahannya mengutamakan kebersihan dan hasil masakan yang higienis.

Untuk distribusinya, gunakan jasa antar jika ada anggaran lebih supaya lebih efektif dan menghemat waktu. Pasarkan jasa catering Anda melalui media sosial atau bagikan informasinya kepada teman, kerabat, dan saudara.

Baca Juga: 9 Tips Bisnis Frozen Food Bagi Pemula dan Strateginya

5. Freelance Content Writer

ide bisnis rumahan 5

Apakah Anda hobi menulis? Ide bisnis yang satu ini bersifat fleksibel dan bisa Anda lakukan di rumah saja. Umumnya, pekerjaan content writing selama pandemi dilakukan secara remote tanpa tatap muka.

Hal ini akan menguntungkan Anda karena tidak perlu kerepotan dengan biaya transportasi atau upaya lebih dalam menjaga jarak. Anda akan menerima list pekerjaan secara online untuk dikerjakan.

Yang terpenting, sediakan laptop dan koneksi internet yang memadai supaya Anda bisa bekerja dengan lancar. Manfaatkan keahlian teknis yang Anda miliki, seperti penerapan SEO maupun anti plagiarisme.

6. Thrift Shop

ide bisnis rumahan 6

Hobi thrifting barang-barang bekas rupanya menjadi tren yang tidak pernah surut di masa pandemi. Jika hobi mengoleksi barang, tentu tidak ada salahnya untuk memilah kembali dan menjualnya dengan harga yang lebih murah.

Anda bisa memulainya dari koleksi pakaian maupun barang-barang unik yang mungkin masih dicari oleh seseorang.

Tidak hanya itu, biasanya thrift shop pakaian menyediakan paket usaha dalam memberikan peluang penjualan dan mendapatkan penghasilan untuk Anda.

Anda juga bisa belajar mengenai tips berbisnis pakaian bekas supaya tidak terlalu bingung bagaimana menjual dan mempromosikan pakaian bekas.

7. Jual Buah dan Sayur secara Online

ide bisnis rumahan 7

Daripada harus berdesakan di pasar, aktivitas belanja di sana memang harus diminimalisir terlebih dahulu. Maka, tidak jarang banyak ibu rumah tangga memilih toko online yang menjual buah dan sayur.

Ide usaha ini biasanya selalu laris diserbu pembeli. Apalagi, asupan yang lebih sehat dan segar akan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Pastikan Anda mendapatkan supplier sayur dan buah yang berkualitas supaya banyak pelanggan melakukan repeat order. Selain itu, bisnis Anda sudah pasti semakin banyak direkomendasikan kepada orang lain.

8. Berjualan Kopi

ide bisnis rumahan 8

Ide bisnis rumahan yang laris satu ini memberikan peluang yang tinggi untuk Anda. Bagaimana tidak? Banyak orang harus menahan keinginannya nongkrong di coffee shop untuk sementara waktu.

Bisnis ini juga lebih cocok dijalankan jika Anda adalah seorang pecinta kopi. Terasa lebih mudah untuk melakukan inovasi pada aspek varian rasa maupun biji kopi asli yang ingin digunakan.

Jangan lupakan packaging yang menarik dan pengaturan akun media sosial yang meningkatkan minat masyarakat, terutama kaum muda. Manfaatkan jasa antar untuk mengirimkan pesanan pada hari itu juga.

9. Penyedia Alat dan Bahan Bercocok Tanam

ide bisnis rumahan 9

Adanya pandemi ternyata mendorong banyak orang untuk memulai hobi berkebun dan bercocok tanam. Selain menyenangkan, nyatanya bercocok tanam dapat menghasilkan lingkungan yang lebih sehat.

Sediakan alat-alat dan bibit tanaman berkualitas yang bisa dijual kepada pelanggan. Selain itu, menyediakan banyak pilihan varietas akan memudahkan konsumen mencari tanaman yang dinginkan.

Anda juga bisa langsung membeli alat pertanian di Indotrading. Tersedia berbagai alat pertanian yang lengkap dan harga murah.

10. Jual Ikan Hias

ide bisnis rumahan 10

Mengoleksi ikan hias nyatanya juga menjadi hobi baru bagi banyak orang. Bahkan, Anda akan menemukan bahwa ikan hias saat ini bisa dijual dengan harga yang relatif mahal.

Salah satu contohnya adalah ikan cupang. Dengan warna-warna yang langka dan cantik, Anda bisa menjualnya kepada para penggemarnya melalui media sosial maupun komunitas khusus.

Tidak hanya itu, manfaatkan penjualan akuarium bersama aquascape sebagai sampingan yang juga menguntungkan.

Baca Juga: Begini Cara Membuka Bisnis Retail dan Strateginya

Rekomendasi ide bisnis rumahan yang laris di atas bisa Anda realisasikan melalui perencanaan dan persiapan alat-alat yang dibutuhkan. Pastikan Anda mendapatkannya hanya di indotrading.com sebagai penyedia kebutuhan bisnis yang berkualitas dan terpercaya.

To Top